Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Ditulis oleh: Sri Tatminingsih 8n
Setelah melihat tayangan video, bagaimana tanggapan Anda sebagai guru atau pendidik AUD ? Kita sering/pernah menjumpai atau mengalami kasus seperti ini, mari kita diskusikan bersama atau shering pengalaman :
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dala proses pembelajaran tetsebut ?
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
Terimakasih atas Partisipasi Anda dalam diskusi ini. Selamat Belajar !


Bismillah baruencoba

Dalam permainan pesan berbisik tersebut sangat memicu motorik anak usia dini,itu juga mengurangi rasa kejenuhan dalam belajar

1.karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang,seperti anak kurang percaya diri ketika tampil di depan temannya.
Atau bisa jadi anak belum paham dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
2. Kelebihan: guru telah membuat permainan yang menarik yang mengembang berbagai aspek perkembangan seperti sosem,kognitif,motorik,bahasa.
Kelemahannya: guru kurang memotivasi anak dalam melakukan permainan tersebut.
3. Motorik halusnya: pada saat anak berbisik ke telinga kawan terjadi koordinasi antara mata dan tangan
Motorik kasar: gerakan melompat seperti katak yang menyebabkan seluruh anggota tubuh anak bergerak.
4.permainan menirukan gerakan buaya yang merayap di bawah meja kemudian ada anak yang kebentur meja karna posisi kepalanya mendangak keatas, solusinya guru memberikan penjelasan ualng agar anak berhati-hati dan anak tidak boleh mengangkat posisi kepala terlalu tinggi,,hanya pandangan saja yang melihat kedepan.

bismillah… kalau pesan berbisik belum diterapkan baru mau mencoba, melompat ia sudah dilakukan disini ada gerakan motorik kasar
- Karna ada anak yang belum mengerti cara permainan tersebut dikarnakan perkembangan sosial emosionalnya belum berkembang
- Kekuangannya guru harus lebih aktif lagi agar anak bisa ikut melakukan gerakan tersebut, kelebihannya adalah guru melakukan cara pembelajaran yang menarik.
- perkembangan motorik halus adalah pada saat anak menebak gambar yang guru berikan, motorik kasarnya anak melakukan gerakan pada gambar tersebut.
- Perkembangan yang saya lakukan disekolah adalah senam pagi yang biasa dilakukan setiap hari jumat. solusinya terus melatih,memotivasi dan memberi contoh yang baik agar anak bisa melakukannya.

1.Masih ada anak yang belum bisa melakukan gerakan sesuai dengan gambar ,karena tidak semua aspek yang diemiliki anak akan dapat berkembang dan di aktualisasikan oleh anak itu sendiri dengan baik menurut pendapat dari Keogh dalam Payne(1996),bahwa perkembangan motorik dapat didefenisikan sebagai perubahan kompetisi atau kemampuan gerak dari mulai masa bayi ( infacy) samapai masa dewasa( adulthood) melibatkan berbagai aspek prilaku yang ada pada manusia ini mempengaruhi perkembangan motorik dan perkembangan motorik itu akan mempengaruhi prilaku dan kemampuan manusia
2.kelebihan permainannya sangat menarik membuat ank jadi senang dan permainannya dapat menstimulasi perkembangan motorik anak dan kekurangannya adalah hanya pada cara mentertibkan anak untuk lebih beraturan
3.yang termasuk motorik halus adalh saat berbisik tangan anak memegang telinga dan mata anak fokus pada telinga artinya terjadi koordinasi antar mata dan jari tangan
4.Kasus pembelajaran yang pernah saya alami adalag ketika saya mengajak anak untuk bermain Air dan Api dimana dua orang anak saling memegang tangan melingkar dan di dalam lingkaran ada satu anak berdiri ,ketika guru memanggil Air maka si anak yang ada di dalam lingkaran keluar dan berlari untuk bertukar tempat dengan anak yang lain yang berada di lingkaran lain ,tapi saat itu si anak tidak mau keluar ,maka yang saya lakukan adalah memberi anah reward apabila si anak mau melanjutkan permainannya
Dari permainan pesan berbisik tadi selain mengenbangkan kemampuan berbahasa anak, juga dapat melatih motoriknya anak juga lebih percaya diri ketika benar menebak pesan yg disampaikan dan mampu menirukan gerak binatang yang dimkasud