Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Ditulis oleh: Sri Tatminingsih 8n
Setelah melihat tayangan video, bagaimana tanggapan Anda sebagai guru atau pendidik AUD ? Kita sering/pernah menjumpai atau mengalami kasus seperti ini, mari kita diskusikan bersama atau shering pengalaman :
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dala proses pembelajaran tetsebut ?
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
Terimakasih atas Partisipasi Anda dalam diskusi ini. Selamat Belajar !


Bismillah baruencoba

Dalam permainan pesan berbisik tersebut sangat memicu motorik anak usia dini,itu juga mengurangi rasa kejenuhan dalam belajar

1.karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang,seperti anak kurang percaya diri ketika tampil di depan temannya.
Atau bisa jadi anak belum paham dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
2. Kelebihan: guru telah membuat permainan yang menarik yang mengembang berbagai aspek perkembangan seperti sosem,kognitif,motorik,bahasa.
Kelemahannya: guru kurang memotivasi anak dalam melakukan permainan tersebut.
3. Motorik halusnya: pada saat anak berbisik ke telinga kawan terjadi koordinasi antara mata dan tangan
Motorik kasar: gerakan melompat seperti katak yang menyebabkan seluruh anggota tubuh anak bergerak.
4.permainan menirukan gerakan buaya yang merayap di bawah meja kemudian ada anak yang kebentur meja karna posisi kepalanya mendangak keatas, solusinya guru memberikan penjelasan ualng agar anak berhati-hati dan anak tidak boleh mengangkat posisi kepala terlalu tinggi,,hanya pandangan saja yang melihat kedepan.

bismillah… kalau pesan berbisik belum diterapkan baru mau mencoba, melompat ia sudah dilakukan disini ada gerakan motorik kasar
1. Ada beberapa kemungkinan anak tersebut belum dapat melakukan gerakan:
a. Anak kurang paham terhadap instruksi gurunya.
b. Anak kurang percaya diri tampil di depan umum/ temannya.
c. Kondisi fisik yang belum berkembang sesuai tahapan usianya.
2. Kelebihannya:
a. Guru melalukan pijakan awal dengan baik sebelum melakukan kegiatan inti seperti mengajak bermain, bercerita
b. Guru memberikan permainan yang kreatif, bervariasi dan menarik sehingga anak tidak bosan.
c. Permainan tersebut mencakup beberapa aspek perkembangan yaitu fisik motorik, kognitif, sosial emosional dan bahasa.
Kelemahannya:
a. Guru kurang memotivasi anak agar lebih semangat dalam bermain.
b. Guru tidak memberikan reward kepada anak setelah anak berhasil melakukannya.
3. Motorik halus: koordinasi mata dan tangan ketika anak membisikkan kata kepada temannya.
Motorik kasar: ketika anak berbalik melompat seperti katak, ketika berlari ke depan secara zig- zag
4. Ketika bermain estafet bendera. Anak pertama, kedua, ketiga sudah benar memberikan bendera tapi anak keempat setelah menerma bendera dia lari tidak melewati rintangan dan tidak memberikan bendera kepada anak terakhir. Ia langsung berlari menuju finish. Solusinya dengan menjelaskan kembali cara bermain yang benar dengan memberikan contoh secara langsung yaitu guru mempraktekkan cara mainnya.

1.karena anak kurang percaya diri saat tampil di depan temannya
2.permainan sangat imbervariasi untuk mengembangkan fisik motorik anak
3.MH : pada saat anak berbisik pada temannya
MK : gerakan melompat sehingga seluruh tubuh bergerak dan berkoordinasi
4.pada saat kegiatan berjalan pada papan titian

1. Karena fisik motorik kasar pada anak tersebut belom berkembang dan kurang faham peraturan yang dijelaskan gurunya
2. memberikan penjelasan dan memberi conyoh terlebih dahulu pada anak dalam permainan tersebut.
3. Motorik halus ketika anak-anak yang terlibat dapat mengkoordinasi mata, pendengaran, dan tangan.motorik kasar ketika anak menirukan katak.
4. Permainan berjalan diatas Papan Titian sambil dikasih buku d atas kepala,kemudian ketika ada yang terjatuh guru mengulang penjelasan dan menyuruh anak untuk berjalan lagi.
nama : Dewi Kurnia Fatmawati
NIM: 837445097
- karena belum berkembangnya kemampuan bahasa ,kognitif ,fisik motorik ,serta sosial emosional anak sehingga merasa kesulitan saat diminta menirukan apa yang intruksikan
- dalam permainan kartu gambar berbisik kelebihanya yaitu permainan ini dapat meningkatkan banyak aspek kemampuan anak seperti motorik kasar,motorik halus ,kognitif ,bahasa serta sosial emosional anak dan kekuranganya yaitu masih ada anak yang belum bisa melakukan apa yang dicontohkan guru itu disebabkan kurangnya motivasi guru penjelasanya yang kurang dimengerti oleh anak.
- motorik halusnya :saat anak membisikkan ketelinga temanya terjadi koordinasi antara mata dan telinga ,motorik kasarnya :saat anak menirukan gerakan binatang yang membuat tanga ,badan dan kaki bergerak.
- saat kegiatan pembelajaran mengenal angka 1-5 masih ada sebagian anak yang belum kenal angka solusi yang saya lakukan dengan membilang menggunakan gerak dan lagu serta media yang menarik untuk anak sehingga kegiatan belajar jadi lebih bermakna serta angka mudah dikenali anak.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
menurut saya video tersebut sudah sangat baik dan sangat menginspirasi dan menambah wawasan bagi kita selaku pendidik agar bagaimana cara melatih motorik anak dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak ,hingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih seru dan anak -anak akn menjadi laebih bersemangat dalam menerima kegiatan pembelajaran.
Terima kasih.
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
Karena perkembangan anak berbeda-beda ada anak yang pemalu, ada anak yang ragu-ragu atau ada anak yang kesulitan dengan gangguan pendengaran
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dala proses pembelajaran tetsebut ?
Kelebihan dari video tersebut adalah selain melatih otorik permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa dan kognitif anak lebih meningkat kelemahannya dalam permainan tersebut lebih terlihat ke pengembangan bahasa dan kognitif yang menonjol untuk motoriknya kurang
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
Bagian-bagian yang mengembangkan motorik halus belum terlihat, motorik kasar hanya sedikit ketika membisikkan membalikan badan ke teman sebelahnya.
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
Contohnya ketika anak itu pemalu jadi ketika diberikan perintah untuk menggerakkan badannya diam saja tidak mau bergerak, solusinya diajak bergerak bersama-sama guru dan teman-teman yang lainnya, berikan gerakan yang mudah dilakukan, dan berikan reward anak jika sudah dapat melakukan gerakan dengan pujian dsb
Setelah melihat video kegiatan pengembangan motorik dengan kegiatan bermain berbisik ada beberapa kegiatan dan kesimpulan yang dapat saya ambil,dan tentunya menjadi masukan yang positif untuk pengembangan kemampuan fisik motrik anak.
dalam videoa tersebut terdapat 3 kegiatan mengembangan motorik,yaitu : berlari zig zag,melompat,menirukan gerakan binatang,selain itu dari kegiatan ini kita bisa melatih anak untuk berkompetisi dengan sehat, karena kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok,dan yang menang akan mendapatkan reward.sehingga anak terpacu untuk bisa menang dan bekerjasama dengan baik dengan teman kelompoknya.
sedikit kesimpulan yang baik yang dapat saya ambil dari kegiatan pengembangan motorik melalui kegiatan bermain berbisik.
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
Jawaban : Pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda ada anak yang mampu dengan cepat memahami perintah dalam bahasa sederhana namun ada pula anak yang lamban dalam memahami perintah dalam bahasa sederhana.
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran tersebut ?
Jawaban :
Menurut saya kelebihan dari proses pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :
1. Anak akan termotivasi untuk melakukan kegiatan permainan pesan berbisik karena permainan ini memiliki sifat kompetitif antar kelompok anak.
2. Permainan ini meningkatkan kepercayaan diri anak.
3. Permainan ini meningkatkan sosial emosional anak dalam bekerja sama dengan teman.
Menurut saya kekurangan dalam proses pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :
- Kelompok pesan berbisiknya terlalu besar akan lebih baik jika terdiri dari 3-5 anak saja sehingga lebih optimal.
- Guru tidak merespon secara baik terhadap anak yang tidak percaya diri atau malu.
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
Jawaban :
Bagian yang mengembangkan motorik halus : Anak memegang pundak temannya
Bagian yang mengembangkan motorik kasar : Berlari zig zag dan melompat seperti katak
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
Jawaban :
Saya pernah melakukan kegiatan pengembangan motorik kasar anak dengan mengamati gerakan pohon tertiup angin di halaman sekolah kemudian menirukannya, saya melakukan di kelompok A kecil.
Dari permainan pesan berbisik tadi selain mengenbangkan kemampuan berbahasa anak, juga dapat melatih motoriknya anak juga lebih percaya diri ketika benar menebak pesan yg disampaikan dan mampu menirukan gerak binatang yang dimkasud