Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Ditulis oleh: Sri Tatminingsih 8n
Setelah melihat tayangan video, bagaimana tanggapan Anda sebagai guru atau pendidik AUD ? Kita sering/pernah menjumpai atau mengalami kasus seperti ini, mari kita diskusikan bersama atau shering pengalaman :
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dala proses pembelajaran tetsebut ?
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
Terimakasih atas Partisipasi Anda dalam diskusi ini. Selamat Belajar !


Bismillah baruencoba

Dalam permainan pesan berbisik tersebut sangat memicu motorik anak usia dini,itu juga mengurangi rasa kejenuhan dalam belajar

1.karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang,seperti anak kurang percaya diri ketika tampil di depan temannya.
Atau bisa jadi anak belum paham dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
2. Kelebihan: guru telah membuat permainan yang menarik yang mengembang berbagai aspek perkembangan seperti sosem,kognitif,motorik,bahasa.
Kelemahannya: guru kurang memotivasi anak dalam melakukan permainan tersebut.
3. Motorik halusnya: pada saat anak berbisik ke telinga kawan terjadi koordinasi antara mata dan tangan
Motorik kasar: gerakan melompat seperti katak yang menyebabkan seluruh anggota tubuh anak bergerak.
4.permainan menirukan gerakan buaya yang merayap di bawah meja kemudian ada anak yang kebentur meja karna posisi kepalanya mendangak keatas, solusinya guru memberikan penjelasan ualng agar anak berhati-hati dan anak tidak boleh mengangkat posisi kepala terlalu tinggi,,hanya pandangan saja yang melihat kedepan.

bismillah… kalau pesan berbisik belum diterapkan baru mau mencoba, melompat ia sudah dilakukan disini ada gerakan motorik kasar
1. Setiap anak memili perkembangan sosial emosional yang berbeda-beda. Kemungkinan anak kurang bisa memahami perintah guru dan kurang percaya diri untuk melakukan pesan yang diberikan.
2. Kelebihan dari pembelajaran yang diberikan adalah anak merasa tertarik dan senang sehingga dapat mengembangkan aspek motorik anak.
Kekurangannya adalah anak masih belum memahami pesan moral dari kegiatan ini.
3.Motorik halus :u gerakan mata & tangan saat anak berbisik dengan teman.
Motorik kasar : saat anak melompat seperti katak & berlari zig-zag telah menggunakan gerakan semua badan, tangan, kaki.
4. Pembelajaran yang pernah saya lakukan adalah anak diminta berlari untuk mengambil dan mengelompokkan bendera sesuai dengar warna yang telah disiapkan oleh guru dengan jarak kurang lebih 5 meter.
Nama : Laely Qomariyah
NIM. : 858937317
1. Karena perkembangan sosio emosional anak berbeda-beda. Kemungkinan anak kurang bisa memahami perintah guru dan kurang percaya diri untuk melakukan pesan yang diberikan.
2. Kelebihan pembelajaran tersebut adalah anak merasa senang dan dapat mengembangkan aspek motorik anak.
Kekurangannya adalah anak masih belum paham sepenuhnya dengan pesan dalam permainan ini.
3.Motorik halus : anak berbisik kepada teman yaitu berkaitan dengan gerak mata & tangan
Motorik kasar : anak melompat seperti katak & berlari zig-zag yaitu berkaitan dengan gerakan semua badan, tangan, kaki.
4. Pembelajaran yang pernah saya lakukan adalah anak diminta untuk berlari menempati dan mengambil kertas lipat sesuai warna yang sudah ditentukan. Solusinya adalah anak diminta berbaris dan menjelaskan secara jelas pada tiap anak tentang warna apa yang harus diambil.

Setuju dengan pendapat anda
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut ?
karena guru kurang memberikan penjelasana dan demontrasi dan motivasi kepada anak
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran tersebut ?
kelebihan : guru sudah memberikan kegiatan yang tepat kepada anak-anak, kegiatannya bervariasi dan menarik bagi anak, anak mendapatkan pebendaharaan kata yang baru, anak dapat berinteraksi dengan guru dan teman,
kelemahan : tempat kurang luas karena permainan tersebut membutuhkan ruangan yang cukup luas, penataan ruang perlu diperbaiki, tidak ada kegiatan pembuka dan penutup, anak kurang faham karena guru kurang mendemonstrasikannya
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motork. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar ?
motorik halus : pada saat anak berbisik dengan temannya yaitu ada koordinasi antara mata dan tangan.
mptorik kasar : saat anak melompat menirukan gerakan katak, anak berjalan zig zag
4. Berikan contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya ?
kasus pembelajaran yang pernah saya alami adalah pada saat bercerita,anak-anak ramai sendiri dan mengobrol dengan temannya.ini karen aguru menggunakan media itu-itu saja yaitu buku cerita sehingga anak bosan, suara guru kurang bervariasi ,intonasi kurang bervariasi. solusi mengganti media dengan boneka tangan atau boneka jari dengan pangungnya, mengubah intonasi sesuai dengan tokohnya.
Terimakasih atas Partisipasi Anda dalam diskusi ini. Selamat Belajar !

Saya setuju dengan anda
1.karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang, seperti anak kurang percaya diri saat tampil di depan temannya.
Atau bisa jadi anak belum paham dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
2. Kelebihan: guru telah membuat permainan yang menarik yang mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti sosem,kognitif,motorik,bahasa.
Kelemahannya: guru memotivasi kurang anak dalam melakukan permainan tersebut.
3. Motorik halusnya: pada saat bisikan ke telinga kawan terjadi koordinasi antara mata dan tangan
Motorik kasar: gerakan melompat seperti katak yang menyebabkan seluruh anggota tubuh anak bergerak.
4.permainan menirukan gerakan buaya yang melempar di bawah meja kemudian ada anak yang kebentur meja karna posisi kepalanya mendangak ke atas, solusinya guru memberikan penjelasan ualng agar anak berhati-hati dan anak tidak boleh mengangkat posisi kepala terlalu tinggi,hanya pandangan saja yang melihat kedepan .

1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut
Karena ada beberapa anak yang belum bisa mengungkapkan pendapatnya ataupun merasa belum mampu memahami apa yang dikatakan pendidik
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran tetsebut
Kelebihannya pendidik sangat kreatif dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena dapat mengembangkan beberapa aspek yang bisa dikembangkan dari anak tersebut
Kekurangannya beberapa anak belum mampu melakukan kegiatan tersebut
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar
Motorik halusx dapat kegiatan berbisik sedangkan motorik kasarnya anak dapat menggerakkan anggota tubuhnya
4. contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya
Yaitu kegiatan menirukan suara binatang ada beberapa anak yang keliru dalam membedakan suara binatang
1. Kenapa ada anak yang belum dapat melakukan gerakan sesuai dengan pesan dari kartu bergambar tersebut
Karena ada beberapa anak yang belum bisa mengungkapkan pendapatnya ataupun merasa belum mampu memahami apa yang dikatakan pendidik
2. Apa yang bisa Anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran tetsebut
Kelebihannya pendidik sangat kreatif dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena dapat mengembangkan beberapa aspek yang bisa dikembangkan dari anak tersebut
Kekurangannya beberapa anak belum mampu melakukan kegiatan tersebut
3. Dari permainan pesan berbisik tadi ada dua pengembangan fisik motori. Bagian-bagian mana yang mengembangkan motorik halus dan bagian mana yang mengembangkan motorik kasar
Motorik halusx dapat kegiatan berbisik sedangkan motorik kasarnya anak dapat menggerakkan anggota tubuhnya
4. contoh kasus pembelajaran yang pernah Anda alami, dan bagaimana solusinya
Yaitu kegiatan menirukan suara binatang ada beberapa anak yang keliru dalam membedakan suara binatang

Assalamualaikum wr wb
Ijin menjawab diskusi ….
1. Karena perkembangan sosial emosional anak belum berkembang ,seperti anak kurang percaya diri ketika tampil didepan temannya atau bisa jadi anak belum paham dengan instruksi yang diberikan oleh guru.
2. Kelebihan : guru telah membuat permainan yang menarik dan mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti sosem ,kognitif,motorik,bahasa.
Kelemahannya: guru kurang memotivasi anak dalam melakukan permainan tersebut.
3. Motorik halusnya : pada saat anak berbisik ketelinga kawan terjadi koordinasi antara mata dan tangan .
Motorik kasarnya: gerakan melompat seperti katak yang menyebabkan seluruh anggota tubuh anak bergerak.
4. Permainan menirukan gerakan buaya yang merayap dibawah meja kemudian ada anak yang kebentur meja,karena posisi kepalanya mendengak keatas , solusinya guru memberikan penjelasan ulang agar anak berhati-hati dan anak tidak boleh mengangkat posisi kepala terlalu tinggi ,hanya pandangan saja yang melihat kedepan.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr wb
Dari permainan pesan berbisik tadi selain mengenbangkan kemampuan berbahasa anak, juga dapat melatih motoriknya anak juga lebih percaya diri ketika benar menebak pesan yg disampaikan dan mampu menirukan gerak binatang yang dimkasud