0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Guru membuka pembelajaran dengan menggunakan pertanyaan terbuka, dengan tujuan agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Guru Dalam hal ini siswa merasa senang, karena pembelajaran dilakukan dengan bermain, sehingga siswa lebih mudah menangkap pembelajaran
Siswa merasa senang, karena pembelajaran dilakukan dengan bermain sehingga siswa lebih mudah menangkap pembelajaran

Kelemahan
Guru sebaiknya memiliki lebih dari satu pertanyaan dalam permainan Talking Stik tersebut guna kesempatan yg lebih besar menjawab dari siswa.

Dalam vidio menayang pembelajaran dengan metode cooperatif learning tipe question student have yang dapat mengaktifkan siswa. Diberikan langkah-langkah pembelajaran Metode Cooperatif Learning Type Question Student Have sehingga siswa yang tadinya jenuh, bosan, menjadi lebih bersemangat
1. Guru menanyakan tentang kesiapan siswa
2. Guru telah menyampaikan tujuan pembelaran yang akan dicapai dengan baik
3. Guru telah menyampaikan cakupan materi dengan baik
4. Guru melakukan refleksi untuk perbaikan pembelajaran
5. Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperati Learning yang dapat menjadikan siswa tidak jenuh, bosan, dan lebih bersemangat.dan memiliki kemampuan bertanya.
6. Guru memberi motivasi kepada siswa dengan baik.
7. Guru untuk tidak pelit dalam memberi reward kepada siswa.
Saya akan mencoba dengan menggunakan pendekatan yang lain dalam pembelajaran dengan materi penyebaran ekonomi penduduk.yaitu dengan pendekatan Kontruktivisme model pembelajaran scramble.
Langkah-lankah ;
1. Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan memeriksa daftar hadir kehadiran siswa
b. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran.
c. Apersepsi (pengetahuan prasyarat)
Mengajukan pertanyaan berkaitan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi
a. Guru menampilkan power point mengenai berbagai sistem perekonomian yang diterapkan oleh berbagai negara beserta ciri-ciri kelebihan dan kelemahannya.
b. Guru beserta siswa memberi informasi yang luas dari berbagai sumber.
c. Siswa mengekplorasi materi berdasarkan pengamatan yang dilakukan.
d. Siswa diberi kesempatan bertanya, berkomentar, berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan rasa ingin tahu yang dimiliki siswa.
Elaborasi
Dalam kegiatan Elaborasi
a. Siswa dibagi dalam kelompok
b. Siswa menyiapkan diri bersama dengan teman kelompoknya untuk malakukan kegiatan diskusi.
c. Guru membagikan lembar kerja siswa kepada tiap kelompok.
d. Masing-masing kelompok mendiskusikan lembar kerja siswa yang telah diberikan guru.
e. Guru memandu siswa agar tetap tertib selama kegiatan diskusi.
f. Siswa didampingi guru selama malakukan diskusi.
g. Siswa mengumpulkan laporan hasil diskusi kelompok kepada guru.
Konfirmasi
Dalam krgiatan konfirmasi;
a. Siswa diminta oleh guru untuk menyebutkan hasil temannya dari kegiatan diskusi.
b. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
c. Guru melengkapi jawaban dan memberikan penguatan terhadap hasil jawaban siswa.
d. Siswa melakukan kegiatan tanya jawab yang dipandu oleh guru.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersam guru membuat kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran.
b. Siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran.
c. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotifasi.
d. Siswa diberikan informasi tentang materi yang akan datang.
e. Membaca doa.
KONTRUKTIVISME adalah teori tentang pengetahuan yang berakar pada filsafat, psikologi, dan sibernetika. Hal ini sejalan dengan batasan yang dikemukakan oleh Brooks dan Brooks.(1993)yang mengatakan bahwa contructivism is not a theory about teaching it is a theory about knowlege an earning. Kontruktivisme bukan teori tentang mengajar, tetapi teoi tentang pengetahuan an belajar.
Terkait dengan teori tentang pengetahuan an belajar, bagi kontruktivisme, pengetahuan atau knowlege tidak mempunyai nilai yang obyektif dan absolut atau mutlak., sebagaimana diungkapkan oleh Von Glasersfel (dalam Murphy, 1997),pengetahuan terbentuk dari jaringan berbagai hal serta berbagai hubungan yang merupakan ketergantungan kita dalam hidup.