10

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Ditulis oleh: Sri TatminingsihÂ

Perlombaan “Competition”

Setelah anda melihat tayangan video tentang “Perlombaan/Competition”

  1. Anda bisa jelaskan mengapa dalam melakukan permainan guru harus memberi peraturan yang harus diketahui anak?
  2. Apa perlunya guru menyusun peraturan dalam permainan dan harus diketahuai oleh siswa?
  3. Kenapa harus ada kesepatan antara guru dan siswa dalam permainan yang dilakukan?
  4. Dalam permainan, kenapa guru harus memberikan contoh kepada anak?
  5. Kenapa pemberian hadiah bagi yang menang dan yang melanggar aturan harus dibedakan?

 

LINK VIDEO

Answered question

1. Mengapa guru harus membuat peraturan didalam perlombaan karena agar anak mengerti arti disiplin agar pembelajaran berjalan secara kondusif walau memang susah untuk menerapkannya kepada anak TK.
2. Guru sangat perlu menyusun peraturan dalam permainan agar anak tau urtan atau tahapan saat bermain.
3. Karena perlu menanamkan kedisiplinan pada anak agar anak mengerti apa itu peraturan yang dibuat agar tidak mudah dilanggar.
4. Karena agar anak paham peraturan dan cara bermain supaya anak tau tahapan-tahapan saat bermain.
5. Karena agar anak yang melanggar bisa paham kenapa dia mendapatkan hadiah yang berdeda supaya dia bisa mengikuti aturan dengan baik saat ada perlombaan selanjunya.

Seri Menanamkan Ketaaatan Peraturan Judul : PERLOMBAAN “COMPETITION” (2011)
Nama : Brily Yantika Destiyana
Nim : 836070594
1. Memberi peraturan dalam permainan itu perlu, agar anak-anak memahami kedisiplinan dan aturan dalam permainan. Guru perlu menjelaskan aturan permainan supaya anak-anak mengetahui cara mainnya dan peraturan yang dibuat harus disepakati anak dan guru untuk tujuan melatih anak berdisiplin, mematuhi peraturan, bertoleransi, dan memahami bahwa keinginannya dibatasi oleh keinginan orang lain.
2. Perlu karena dengan adanya peraturan anak bisa dikondisikan dan diarahkan untuk melakukan permainan secara tertib tanpa harus adanya pertengkaran dengan anak lain.
3. Adanya kesepakatan peraturan permainan antara giru dan murid bertujuan melatih anak disiplin, mematuhi peraturan. Dengan adanya peraturan anak bisa dikondisikan dan diarahkan untuk melakukan permainan secara tertib.
4. Agar anak mengerti dan paham dengan apa yang kita kerjakan karena dengan memberi contoh anak itu sendiri akan antusias mengikuti permainan.
5. Karena untuk memotifasi anak-anak agar lebih giat untuk melakukan permainan tanpa paksaan oleh guru. Dan untuk anak yang melanggar peraturan agar bisa lebih menaati peraturan dan disiplin.

1. anda bisa jelaskan mengapa dalam melakukan permainan guru harus memberi peraturan yang harus diketahui anak ?
karena aga anak mengetahui peraturannya dan anak bisa disiplin dan aturan yang terdapat permainan agar tahu jalan cerita permainan dan dia tidak salah saat melakukan permainan.
2. apa perlunya guru menyusun peraturan dalam permainan dan harus diketahui oleh siswa ?
perlu, karena adanya peraturan anak bisa dikondisikan dan diarahkan, supaya anak bisa displin dan peraturan tidak mudah dilanggar.
3. kenapa harus ada kesepakatan antara guru dan siswa dalam permainan yang dilakukan ?
supaya anak jujur dan tanggung jawab.
4. dalam permainan kenapa guru harus memberikan contoh kepada anak ?
agar anak bisa melaksanakan permainan secara teratur sesuai tahap tahap yg di berikan guru.Anak punya acuan untuk bermain.
5. kenapa pemberian hadiah bagi yang menang dan yang melanggar aturan harus dibedakan ?
pemberian hadiah harus di bedakan antara yang menang dan yang kalah, karena hadiah bagi yang menang adalah apresiasi bagi anak dan motifasi bagi yang kalah,sehingga anak akan lebih semangat dalam bermain.

1.Dalam melakukan permainan guru harus memberi peraturan yang harus diketahui anak karena dengan adanya peraturan itu anak bisa menaati peraturan sehingga kegiatannya berjalan lancar sesuai yang diharapkan guru
2.Perlunya guru menyusun peraturan permainan supaya anak terlatih dari dini dengan penanaman sikap ketaatan dalam mematuhi peraturan bersama teman bermain
3.Peraturan harus ada kesepakatan antara guru dan siswa supaya peraturan bisa dilaksanakan dan diterapkan bersama-sama yaitu saling bertanggung jawab
4.Pemberian hadiah harus dibedakan karena dengan pemberian hadiah kepada anak yang melanggar bisa memahami kenapa anak itu mendapatkan hadiah berbeda,sehingga bila ada permainan lagi anak tersebut tidak mengulangi lagi

1. Dalam melakukan permainan guru harus menjelaskan permainan tersebut agar anak ikut serta mengetahui cara permainan teesebut
2. Perlu. Karena guru harus menyusun peraturan agar permainan anak terarah dan sesuai permainan
3. Permainan harus disepakati antara guru dan anak agar bertanggungjwb
4. Pemberian bintang yg banyak. Yang tidak mendapatkan bintang biar tahu apa kesalahanny.
5. Agar tercipta rasa toleransi antara guru dan teman sebayanya