1
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan
Penjelasan guru mengenai konsep perkalian bentuk aljabar dengan menggunakan alat peraga berbentuk penampang luas bangun persegi panjang sangat menarik dan tampak mudah dipahami oleh siswa.
Kelemahan
– Penjelasan yang dilakukan dominan hanya komunikasi satu arah artinya penjelasan yang dilakukan oleh guru hanya satu arah dengan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan umpan balik saat proses pembelajaran konsep perkalian bentuk aljabar sehingga guru tidak memperhatikan adanya miskonsepsi siswa dalam perkalian bentuk aljabar.
– Guru kurang dalam memberikan penjelasan awal mengenai istilah-istilah dasar dalam operasi bentuk aljabar sebagai contoh istilah suku satu, suku dua, variabel, koefisien.
– Guru kurang memberikan penjelasan sifat-sifat perkalian (dalam video menggunakan sifat distributif)
– Guru kurang menjelaskan operasi bentuk perkalian, misal bilangan negatif dikali bilang negatif menghasilkan bilangan positif.

2. Pengalaman
Pengalaman saya saat memberikan konsep perkalian bentuk aljabar pada awalnya siswa kebanyakan belum menguasai aturan perkalian dalam bilangan negatif dan positif sehingga terjadi miskonsepsi, sebagai contoh pada operasi perkalian aljabar suku 2 sebagai berikut:

(a-b).(c-d) = ac – ad – bc + bd

rata-rata siswa salah menggunakan tanda saat mengoperasikan (-b) x (-d) sehingga siswa menjawab ac – ad – bc – bd.

3. Langkah-langkah yang saya lakukan dalam memberikan konsep pembelajaran perkalian bentuk aljabar sebagai berikut:
– mengadakan komunikasi interaktif terlebih dahulu dengan memberikan beberapa pertanyaan dasar terkait operasi perkalian dalam bentuk aljabar.
– jika ditemukan siswa yang belum memahami, sebaiknya dilakukan refresh dalam rangka mengingatkan kembali konsep-konsep dasar perkalian dan memastikan kembali siswa tersebut telah memahami konsep-konsep dasar tersebut.
– tahap selanjutnya memberikan pengertian awal mengenai istilah-istilah yang berkenaan dalam operasi bentuk aljabar
– kemudian guru memberikan konsep aljabar dengan dibantu alat peraga seperti pada video yaitu gambar penampang luas persegi panjang
– selama proses pembelajaran, komunikasi berlangsung secara dua arah, artinya siswa diberikan kesempatan untuk menanggapi dan menanyakan konsep yang sedang diajarkan setiap tahapan.

EFRIYADI
NIM 030583041

“Perkalian Bentuk aljabar”

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan

 Guru sudah menyampaiakn sesuai urutan pembelajaran yang baik
 Penggunaan strategi pembelajaran sudah baik dan sesuai dengan materi pembelajaran.
 Guru menggunakan alat peraga dimana dapat membuat siswa senang dan tidak bosan.
 Siswa dapat banyak penjelasan dari guru

Kelemahan
 Guru saat penyampaian materi kurang aktif menanyakan kepada siswa tentang apa saja bentuk bangun yang ada disekitarnya
 Guru masih menggunakan metode ceramah dimana banyak kekurangan dialam metode ini mulai dari kurang aktif nya siswa dalam belajar dimana sekarang sudah berganti kurikulum k13 siswa adalah prioritas dalam pembelajaran

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.

Pembelajaran seperti ini pernah saya lakukan saat kekurangan bahan atau alat peraga misalkan dalam mengajari bentuk bangun ruang, sekolah belum memiliki model 3d bangun bangun ruang menjadikan metode ceramah adalah yang terbaik
3. Apabila anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang anda temukan pada video tersebut,silahkan tulis Langkah-langkahnya dengan jelas.
Kelemahan
 Guru saat penyampaian materi kurang aktif menanyakan kepada siswa tentang apa saja bentuk bangun yang ada disekitarnya
 Guru masih menggunakan metode ceramah dimana banyak kekurangan dialam metode ini mulai dari kurang aktif nya siswa dalam belajar dimana sekarang sudah berganti kurikulum k13 siswa adalah prioritas dalam pembelajaran
Dalam mengatasi kelemahan pada proses pembelajaran yang ada dalam video sehingga menjadi sempurna maka yang harus saya lakukan adalah :
 Menanyakan pertanyaan pertanyaan yang memancing siswa untuk aktif bertanya serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa
 Memberikan peluang siswa untuk menjawab dan mengumpulkan jawaban jawaban siswa lalu menyimpilkannya

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar ( minimal 2 ) yang mendasari Langkah Langkah perbaikan tersebut .

 Metode ceramah menurut Gilstrap dan Martin 1975 : ceramah berasal dari bahasa latin yaitu Lecturu, Legu ( Legree, lectus) yang berati membaca kemudian diartikan secara umum dengan mengajar sebagai akibat dari guru menyampaikan pelajaran dengan membaca dari buku dan mendiktekan pelajaran dengan penggunaan buku
 Sumantri M dkk (2000:136) mendefinisikan metode ceramah sebagai penyajian pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada peserta didik. Sedangkan Winarno Surakhmad (1980:98) mengartikan metode ceramah sebagai sebuah bentuk interaksi melalui penerangan dan penuturan secara lisan oleh seorang terhadap sekelompok pendengar. Alat utama perhubungan dengan kelompok pendengar adalah bahasa lisan

5. Berikan tanggapan ( minimal 2 ) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini
 Ilyas kala lembang : saya kurang setuju pada jawaban menggunakan penampang luas bangun persegi mudah difahami oleh siswa, menurut saya hanya beberapa siswa yang faham akan alat peraga ini

Saya kurang setuju dengan kelebihan. Karena sebaiknya urutan pengajaran dimulai dengan sapaan atau apersepsi.

Nama : Siti Rohmah
Nim : 030862417
Prodi : pendidikan matematika
Berdasarkan video diatas guru tersebut menggunakan metode Ekspositori. Metode Ekspositori adalah sebagai berikut, guru Menyampaikan atau menjelaskan dan memberi contoh soal selanjanjutnya sis was diberi soal Latihan. Guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individual atau klasikal dan siswa diberi Kesempatan jika ada materi yang belum dimengerti.
1.kelebihan guru
-guru melakukan Apersepsi
-guru telah memberikan pemahaman bagaimana mengalikan bentuk aljabar melalui konsep geometri. Yaitu penggunaan luas daerah persegi panjang
– dan guru juga menjelaskan bagaimana mengalikan secara langsung bentuk aljabar suku dua tanpa menggunakan luas daerah persegi panjang.
Kelemahannya
-proses Pembelajaran hanya terdiri satu arah
-Pembelajaran didominasi oleh guru tanpa melibatkan siswa.
2.pernah, pada saat saya menjelaskan mash banyak siswa yang kurang paham bagaimana mengalikan suku dua dalam aljabar dan masih sangat kesulitan dalam perkalian plus minusnya.
3.iya saya akan melakukan perbaikan berdasarkan kelemahannya diatas dengan cara memberikan pemahaman yang pertama dalam perkalian antara tanda plus minusnya. Yang kedua alangkah lebih baik pada perkalian aljabar langsung mengatakan suku pertama dalam perkalian aljabar pertama dan suku pertama pada bentuk aljabar kedua. Karena upaya ini akan memudahkan siswa saat mereka dihadaapkan pada perkalian yang jauh lebih kompleks.
4.menurut Ausubel (dalam bell, 1978) metode Ekspositori yang baik merupakan cara mengajar yang efektif dan efisien dalam menanamkan belajar bermakna. Jika metode Ekspositori dipergunakan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan situasi dan kondisi nya maka akan menjadi metode yang paling efektif.

saya setuju bahwa guru dalam video tersebut lebih dominan dalam menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan teori belajar dalam proses pembelajarannya