Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/percobaan-fotosintesis-pada-tumbuhan-hijau
Sinopsis:
Video diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif. Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang guru terlihat sedang menyiapkan infokus, guru yang lain sedang mengecek alat dan bahan praktikum dan guru yang lainnya sedang menyiapkan materi serta membimbing praktikum. Pada awal kegiatan guru membagi kelas menjadi 9 kelompok. Sebelum kegiatan praktikum guru menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Kegiatan praktikum berlangsung selama 80 menit. Selesai melakukan praktikum guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.
Ditulis oleh: Dra. Tri Wahyuningsih, M.Pd.
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


berdasaekan tayangan vidio diatas, dapat disimlilkan bahwa dari vidio tersebut kelebihan dari pembelajaran yang diterapkan yaitu :
1. Guru sudah melakukan pendahuluan appersepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pada kegiatan awal.
2. Sebelum praktikum guru telah menampilkan tayangan berupa gambar daun lewat PPT didepan kelas.
3. Guru sudah menyiapkan Lembar kerja yang berisi petunjuk pelaksanaan pratikum.
4. Guru sudah mengecek ketersediaan alat, bahan dan mengatur kegiatan.
5. Guru sudah mengawasi kegiatan dan memberikan waktu untuk pelaksanaan pratikum
6. Guru sudah mengajak siswa untuk berdiskusi, dan merapikan peralatan setelah percobaan.
7. Guru sudah menyuruh kelompok untuk presentasi dan mengkomunikasikan hasil
Kelemahannya :
1. Pembagian kelompok harusnya dilakukan dikelas sehingga ketika masuk lab IPA siswa sudah kondusif.
2. Ketika merebus alkohol dilakukan oleh guru lain bukan siswa sehingga siswa tidak terlibat dalam proses perebusa alkohol tersebut. Seharusnya langkah kerja dari awal sampai akhir harus dilakukan sendiri oleh siswa supaya siswa dapat bereksperimen langsung. Guru hanya memfasilitasi jalannya praktikum tersebut.
3. Tidak semua sekolah 1 kelas ada 3 guru dengan pembagian tugas yang berbeda –beda. rata –rata hanya 1 guru mengajar 1 kelas. Sehingga ketika praktikum siswa dituntut untuk mandiri.
2. Pernah. Saya pernah mengalaminya pada percobaan Sachs.
3. Langkah-langkah metode pratikum:
1. Persiapan (menetapkan tujuan, mempersiapkan alat dan bahan, membuat kelompok kooperatif, mempersiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi petunjuk / prosedur langkah- langkah kegiatan), dan analisi /kesimpulan.
2. Pelaksanaan (menyampaikan tujuan praktikum, membagikan LKS, alat dan bahan, mengawasi dan membimbing pelaksanaan pratikum, membimbing kelompok membuat laporan, melaporkan hasil kegiatan dalam diskusi kelas), dan melakukan presentasi / mengkomunikasikan hasil didepan kelas.
3. Penutup (membimbing siswa menyempurnakan hasil diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan, memberikan tugas rumah untuk memperdalam pemahaman tentang materi.
4. Pendapat ahli yang berkaitan:
1. Julius Von Sashs, seorang ahli botani dari Jerman, melakukan percobaan pada tumbuhan (tahun 1860) yang dikenal dengan Percobaan Sachs
2. Jan Ingenhousz, seorang dokter dari kerajaan Australia, mengadakan percobaan tentang pengaruh matahari terhadap tumbuhan (1778) yang dikenal dengan percobaan Ingenhousz.

1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru berusaha memfasilitasi peserta didik dengan pembelajaran yang bermakna melalui kegiatan percobaan, guru juga menjalin kerjasama dengan guru lainnya. Sedanngkan untuk kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut saya tidak menemukannya
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dalam memperdalam konsep siswa, terutama usia sekolah dasar perlu dibantu dengan contoh konkrit, salah satunya melalui percobaan, namun dalam pelaksanaannya memerlukan berbagai alat yang kadang jika dipersiapkan sendirian akan menyita waktu dan pikiran
3. Menurut saya pembelajaran pada video tersebut sudah baik, tidak perlu ada perbaikan, hanya perlu lebih diintensifkan lagi dengan memperbanyak percobaan
4. Teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari kelebihan percobaan adalah menurut Anitah W. dkk. (2008:5) “Metode eksperimen merupakan metode mengajar dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses”. Sedangkan menurut Moedjiono dan Moh. Dimyati (1991:77) mengungkapkan bahwa “pembelajaran dengan metode eksperimen dimaksudkan bahwa guru atau siswa mencoba untuk mengerjakan sesuatu serta mengamati proses dan hasil percobaannya”.
5. Saya sependapat dengan Sdr. SITI UTAMI di mana tidak semua sekolah memiliki kelebihan guru, bahkan banyak yang kekurangan, jadi akan sulit mengimplementasikan yang ada pada video di sekolah yang memiliki guru pas-pasan, atau bahkan kurang. Saya juga sependapat dengan Sdr. MUHAMMAD RIBAHAN agar semua aktifitas dalam praktikum jika tidak beresiko tinggi sebaiknya dilakukan oleh peserta didik

tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena melalui tayangan ini siswa lebih memahami bahwa zat hijau jaun itu benar-benar ada dalam daun. tayangan ini juga memacu kerangka berpikir siswa menjadi lebih jauh lagi karena akan banyak muncul pertanyaan-pertanyaan baru dari siswa yang ingin mereka coba teliti pada saat pratikum. saya juga menyarankan kepada guru pembimbin agar membuat kesimpulan setelah pratikum selesai. hal ini juga berrtujuan untuk memudahkan siswa dalam pengisiaan LKS.

Dalam vidio pembelajaran menayangkan tentang kegiatan praktikium percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Di vidio pembelajaran menjelaskan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidk efektif, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan praktikum tidak tertib dan tidak efektif, diantaranya adalah :
a. Jumlah siswa terlalu banyak, sehingga dalam kelompok ada siswa yang tidak terlibat dalam praktikum.
b. Guru tidak mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada saat praktikum , sehingga pada saat pelaksanaan alat dan bahan tidak lengkap.
c. Guru tidak menyiapkan lembar kerja siswa yang berisi petunjuk cara melakukan percobaan, sehingga siswa melakukan praktikum tidak sesuai dengan yang seharusnya.
Dalam vidio pembelajaran menurut saya telah efektif , di mana
a. Guru telah membagi kelompok diskusi / telah mengatur kelompok praktikum.agar praktikum berjlan dengan efektif.
b. Guru telah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum.
c. Guru telah mempersiapkan lembar kerja siswa
Sehingga kegiatan praktikum bisa berjalan dengan tertib, lancar
d. Guru telah melakukan pembimbingan dan mengawasi tentang jalannya praktikum.
e. Guru telah memberikan pengantar awal berupa teori yang mengacu pada materi percobaan.
f. Guru telah melakukan pembimbingan dan mengawasi jalannya praktikum , sehingga siswa dapat mengeksplorasi pengetahuannya melalui percobaan.
g. Guru telah memberikan kesempatan kepada siswa dari hasil teori dan m
h. Untuk menganalisa dari hasil percobaan.
Guru dalam menentukan strategi pembelajaran telah tepat karena dapat mengaktifkan siswa.
Selain dengan menggunakan strategi pembelajaran yang terdapat pada tayangan vidio tersebut, ada strategi yang lain untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA khuusnya pada materi fotointesis dantaranya:
a. Dengan melalui pendekatan saintifik ( scientifik approach) melalui strategi kontekstual.
Diskripsi langkah-langkah pembelajaran ( disesuaikan dengan kurikulum 2013)
– Mengamati (observing)
– Menanya (questioning)
– Mengumpulkan informasi (experimenting)
– Menalar/mengasosiasi( associating)
– Mengkomunikasikan (communiating)
b. Pendekatan ketrampilan proses
Ketrampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajara. Melalui pengalaman langsung seseorang dapat lebih menghayati proses atau kegiatan yang bsedang dilakukan.
Indikator ketrampilan proses sains
– Mengamati
– Mengelompokkan/mengklasifikasikan
– Menafsirkan
– Meramalkan
– Mengajukan pertanyaan
– Merumuskan hipotesis
– Merencanakan percobaan
– Menggunakan alat/bahan
– Menerapkan konsep
– Berkomunikasi
Assalamualikum Wr Wb
Menurut pendapat Saya, video pembelajaran SMP tentang”Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan”
- Guru sudah meggunakan TIK yaitu menggunakan LCD
- Guru sudah menggunakan alat pembelajaran yang sudah dipersiapkan dengan baik
- LKS sudah ada
Namun ada beberapa saran:
- Sebaiknya praktik ini dilaksanakan di tempat yang agak longgar. Kelihatan sekali berdesak-desakan. ini membahayakan jika terjadi kesalahan, mungkin bisa terjadi kebakaran.
Kendala: alhamdulillah dapat teratasi
Terima kasih
Wassalamualikum Wr WB

Saya setuju tentang saran yang diberikan pak Muslih bahwa sebaiknya praktek dilaksanakan di tempat yang agak luas,karena jika melaksanakan praktek di dalam ruangan yang agak sempit dan berdesak-desakan akan membahayakan jika terjadi kesalahan percobaan.
Bismillahi Rahmani Rahim..Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Nama :ENNISISWATI (530052065) saya akan menanggapi video pembelajaran SMP yakni “ Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan hijauâ€.
- Tuliskan Kelebihan dan Kelemahan guru dalam video!
Jawab:
- Kelebihan
- Penerapan 5 S ( senyum, salam, sapa, sopan dan santun) telah dilakukan
- Alat dan bahan pratikum sudah disiapkan guru dengan baik
- Guru menggunakan TIK berupa LCD yang dapat menstimulus siswa untuk bertanya
- Adanya LKS yang dijadikan siswa sebagai panduan pratikum disamping bimbingan dari guru
- Kelemahan
- Guru tidak menerapkan pembiasaan berdoa sebelum belajar
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan apersepsi
- Siswa tidak diberi kesempatan untuk mempersentasikan hasil percobaannya secara berkelompok
- Guru tidak melakukan Refleksi dan menyimpulkan materi bersama siswa
- Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman anda!
Jawab:
Pernah, namun yang saya terapkan yakni menanam kacang tanah di 3 pot , satu disimpan di luar ruangan, satu didalam ruangan dan satunya lagi dalam lemari. Dan diteliti bagaimana perkembangannya dan hubungannya dengan fotosintesis.
- Apabila ingin memperbaiki pembelajaran sesuai kelemahan yang anda temukan pada video. Tuliskan langkah-langkahnya yang jelas!
Jawab
- Guru mengawali pembelajaran dengan menerapkan 5 S dan PPK ( berdoa sebelum belajar)
- Guru mengkondisikan kelas dan mengabsen siswa
- Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya ( apesepsi)
- Guru memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran
- Siswa mengamati tumbuhan hijau yang ada pada gambar dan di lingkungan sekitar.atau video yang ditampilkan guru yang dapat menstimulus.siswa.
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok mendiskusikan bagaimana alam menyediakan oksigen untuk bernapas dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup
- Siswa menggali informasi dengan mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menjelaskan bahwa tumbuhan dapat menghasilkan oksigen melalui fotosintesis, bahan apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis serta cara membuktikan proses fotosintesis menghasilkan oksigen
- Masing-masing kelompok menerima LKS mengenai fotosintesis
- siswa mengerjakan LKS sesuai dengan informasi yang telah diperoleh
- siswa mengambil dan menyiapkan alat dan bahan yang telah disiapkan oleh guru di meja guru.
- siswa melakukan praktikum menyelidiki gas yang dihasilkan tumbuhan yang dibuktikan melalui  percobaan Jan Ingenhouz yang menggunakan daun  Hydrilla.Namun pada praktikum ini masing-masing kelompok menggunakan jenis tanaman yang berbeda-beda.
- Guru mengelilingi kelas dengan mengawasi tiap kelompok dan memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan  percobaan .
- Hasil percobaan untuk setiap kelompok dengan jenis tanaman yang berbeda yaitu keberadaan gas yang tertampung di dalam tabung reaksi. diuji dengan memasukkan bara api ke kemudian membuat kesimpulan dari hasil uji tersebut.
- Setiap kelompok membuat karya hasil percobaan Jan Ingehousz dengan tanaman yang berbeda-beda dalam bentuk artikel dan dikumpulkan pada  pertemuan selanjutnya.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil percobaannya
- Siswa bersama guru menganalisis proses dan hasil percobaan serta mengevaluasi jenis tumbuhan yang mendukung percobaan Jan Ingehousz
- Siswa memecahkan permasalahan yang diberikan guru, yaitu oksigen yang digunakan untuk bernapas dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis
- Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah di pelajari
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, jika sudah tidak ada pertanyaan, guru memberikan pertanyaan pada siswa untuk menguji pemahaman siswa ( Refleksi)
- Siswa bersama guru menyimpulkan  pembelajaran hari ini.
- Siswa membaca doa sebelum pulang
- Tuliskan teori atau pendapat pakar minimal 2 yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
Jawab;
- Pada awal tahun 1600-an, seorang dokter dan ahli kimia, Jan van Helmont, seorang Flandria (sekarang bagian dari Belgia), melakukan percobaan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan massa tumbuhan bertambah dari waktu ke waktu.
- Pada tahun 1778, Jan Ingenhousz, dokter kerajaan Austria, mengulangi eksperimen Priestley. Ia memperlihatkan bahwa cahaya matahari berpengaruh pada tumbuhan sehingga dapat “memulihkan†udara yang “rusakâ€. Ia juga menemukan bahwa tumbuhan juga ‘mengotori udara’ pada keadaan gelap sehingga ia lalu menyarankan agar tumbuhan dikeluarkan dari rumah pada malam hari untuk mencegah kemungkinan meracuni penghuninya.
- Akhirnya di tahun 1782, Jean Senebier, seorang pastor Perancis, menunjukkan bahwa udara yang “dipulihkan†dan “merusak†itu adalah karbon dioksida yang diserap oleh tumbuhan dalam fotosintesis.
Demikianlah tanggapan saya, Terima kasih dan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
- Video SMP yang kedua saya memilih video pembelajaran yang berjudul: “Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijauâ€
Tanggapan: Pada video tersebut diberikan penjelasan hal-hal yang seringkali menjadi penyebab praktikum tidak efektif. Hal-hal itu diantaranya:
- Jumlah peserta didik yang terlalu banyak sehingga bisa berakibat ada siswa yang tidak aktif atau tidak ikut terlibat dalam praktikum.
- Guru tidak mengecek peralatan praktikum, ini akan menghambat pelaksanaan praktikum sebab bisa saja alat tidak lengkap, ada yang rusak, atau alat tidak mencukupi dengan jumlah siswa.
- Guru tidak menyiapkan Lembar Kerja Siswa yang berisi petunjuk pelaksanaan praktikum, sehingga bisa mengakibatkan siswa bingung dan praktikum tidak efektif.
Tips-tips agar praktikum dapat berjalan dengan efektif:
- Guru dapat mempersiapkan alat dan bahan, serta mengatur kelompok praktikum sebelum dimulai agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif.
- Guru dapat memberikan pengantar awal berupa teori yang mengacu pada materi percobaan.
- Guru dapat memberikan pembimbingan dan pengawasan jalannya praktikum dan siswa dapat engeksplorasi pengetahuannya melalui percobaan.
- Guru memberikan waktu pada siswa untuk membuktikan teori berdasarkan hasil percobaan dan menganalisanya.
Proses pembelajaran praktikum yang dicontohkan pada video sangat bagus. Sebagai guru kita dapat menerapkan cara ini pada peserta didik kita, sehingga pembelajaran kita menjadi efektif. Dalam tayangan video tersebut guru melakukan hal-hal sebagai berikut:
- Pembentukan kelompok, persiapan diri siswa dan alat belajarnya.
- Penjelasan teori pengantar menggunkan proyektor dengan gambar yang jelas.
- Pembagian LKS yang berisi petunjuk pelaksanaan dan penjelasan yang baik.
- Tanya jawab antara siswa dan guru, membimbing dan mengawasi selama proses praktikum.
- Penugasan untuk mengisi hasil pengamatan pada LKS dengan durasi waktu yang ditentukan.
- Arahan agar siswa merapikan kembali alat-alat yang telah selesai digunakan.
- Diskusi kelas untuk membahas hasil percobaan
- Guru menyimpulkan materi tentang fotosintesis pada tumbuhan hijau berdasarkan hasil percobaan.
Dengan langkah-langkah tersebut di atas maka praktikum dapat berjalan dengan tertib, efektif dan siswa mudah mengikuti pelajaran dan memahaminya dengan baik.
Apa pendapat anda tentang adanya portal guru pintar (guru pintar online) dikaitkan dengan isi modul 8 Perkembangan Teknologi Informasi dan Pemanfaatannya di SD?
Menurut saya adanya portal Guru Pintar Online (GPO) sangat membantu bagi kita yang seorang guru. Saya dapat memperoleh berbagai informasi dan dapat melihat banyak video-video pembelajaran tentang beberapa mata pelajaran dari tingkat PAUD, SD, dan SMP. Dengan melihat dan mempelajari video tersebut dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk lebih kraeatif lagi dalam menyusun strategi pembelajaran di kelas.
Tuliskan pula masukan dan saran anda tentang video pembelajaran dari portal guru pintar tersebut!
Dari video-video yang saya tonton, saran saya adalah agar video tersebut ditayangkan secara lengkap. Apabila itu pembelajaran yang tidak baik, kita bisa menghindarinya saat melakukan di lapangan, dan bila pembelajaran baik dengan penerapan metode dan pendekatan belajar yang sesuai, maka kita bisa ikut mempraktekkannya di sekolah.
Tuliskan kendala atau hambatan yang anda temui saat mengakses video pembelajaran dari portal guru pintar online UT!
Kendala dan hambatan yang saya rasakan adalah ketika jaringan internet sedang lemah (sinyal buruk), maka pemutaran video tidak lancar. Terlalu lama loadingnya.
Selamat pagi,
Dari tayangan vidio pembelajaran SMP yang berjudul “Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijauâ€
1.Kelebihan dan kekurangan guru dalam vidio tersebut yaitu:
a.Kelebihan guru dalam vidio yaitu:guru sudah menerapkan 5S,guru sudah menyiapkan alat dan bahan praktikum,guru menggunakan TIK yang berupa LCD,LKS sudah disiapkan guru untuk dijadikan siswa sebagai panduan praktikum dengan bimbingan dari guru.
b.Kelemahan guru dalam vidio tersebut yaitu:guru tidak menerapakan pembiasan (berdoa)sebelum memulai pelajaran,guru tidak melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran,siswa tidak di berikan kesempatan untuk mempresentasekan hasil percobaan,tidak menyimpulkan materi dan melakukan refleksi bersama siswa.
2.Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini?Tuliskan pengamatan anda!
Jawab:Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini yang saya lakukan yaitu melakukan percobaan menanam kacang hijau di dalm dua pot,satu saya simpan di luar ruangan dan yang satu di simpan di dalam ruangan.Kemudian diteliti bagaimana perkembangannya dengan fotosintesis.
3.Apabila ingin memperbaiki pembelajaran sesuai kelemahan yang anda temukan pada vidio.Tuliskan langkah-langkahnya yang jelas.
Langkah-langkah yang jelas untuk memperbaiki kelemahan dari vidio tersebut yaitu:
- Guru harus membuka kelas dengan baik
- Guru mengkondisikan kelas dengan berdoa dan mengabsensi siswa
- Guru harus mengadakan apersepsi,tanya jawab tentang materi yang lalu untuk dikaitkan dengan materi yang akan di ajarkan
- Guru memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran
- Siswa mengamati tumbuhan hijau yang ada pada gambar dan lingkungan sekitar atau vidio yang ditampilkan untuk dapat menstimulus siswa
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok,dan masing masing kelompok mnerima LKS mengenai fotosintesis
- Siswa melakukan praktikum menyelidiki gas yang dihasilkan tumbuhan yang dibuktikan melalui percobaan
- Guru berkeliling mengawasi tiap kelompok dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan percobaan
- Setiap kelompok mempresentasekan hasil percobaannya
- Siswa dan guru menyimpulkan materi dan mengadakan refleksi.
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar minimal 2 yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
1.Julius Von Sashs seorang ahli botani asal jerman pada tahun 1860 melakukan percobaan pada tumbuhan.
2.Pada tahun 1778,Jan Ingenhousz,dokter kerajaan Australia mengulangi eksperimen priestley,memperlihatkan bahwa cahaya matahari berpengaruh pada tumbuhan sehingga dapat memulihkan udara yang rusak .
Demikian tanggapan saya,
Terima kasih
Marlina Buritta
NIM 530051998

2) Tanggapan Video 2:
Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau
Pada video tersebut laboratorium siswa terlihat sangat banyak, sehingga di bagi menjadi 9 kelompok. Pada saat praktikum, siswa terlihat tidak begitu antusias dalam mengikuti praktikum. Pada video, guru kurang memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam praktikum. Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa lain untuk menanggapi pertanyaan, seharusnya siswa lain juga berpartisipasi dalam menyampaikan ide dan pendapatnya.
Kelebihan dalam video pembelajaran:
a. Sebagian kecil siswa sangat senang karena pelaksanaan praktikum dalam kelompok
b. Sebagian kecil siswa telah di berikan kesempatan dalam menjawab pertanyaan bu guru
Kekurangan dalam video pembelajaran:
a. Sebagian siswa terlihat tidak begitu terlibat dalam praktikum, karena alat praktiku hanya Satu
b. Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa lain dalam menanggapi pertanyaan dari guru
c. Siswa tidak aktif dan kreatif dalam praktikum
Pendapat saya terhadap pelaksanaan praktikum tersebut adalah mengkondisikan terlebih dahulu apakah siswa telah siap dalam mengikuti praktikum. Guru hendaknya memberikan kesempatan bertanya kepada siswa atau memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk mewakili kelompoknya dalam mempresentasikan hasil diskusi.
Bila dikaitkan dengan portal guru pintar dengan modul 8, maka guru atau mahasiswa dapat terbantu dalam menyampaikan ide serta pendapat, selain itu dalam forum diskusi ini satu dengan yang lain timbul rasa menghargai pendapat masing-masing mahasiswa.
terimakasih
Assalamualaikum Wr Wb
Nama              : MENIK ROHAYATI
Nim                : 530049415
VIDEO 2
Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
1.Kelebihan dan kelemhan guru yang terdapat dalam video tersebut?
Kelebihan :
- Guru dapat mempersiapkan alat dan bahan serta mengatur kelompok  praktikum sebelum praktikum berlangsung agar kegiatan berjalan efektif
- Guru dapat memberikan pengantar awal  berupa teori yang mengacu pada  materi percobaan
- Guru dapat melakukan pembimbingan dan mengawasi jalannya praktikum dan  siswa dapat mengekplorasi pengetahuannya melalui percobaan
- Berikan waktu kepada siswa untuk membuktikan teori berdasarkan hasil percobaan dan menganalisanya
 Kelemahan:
- Jumlah anggota kelompok yang terlalu banyak menyebabkan banyak siswa yang tidak aktif mengikuti pratikum
- Tidak melakukan pengecekan peralatan praktikum akan menyebabkan praktikum akan terhambat karena terdapat peralatan yang rusak
- Guru tidak membuat  lembar kerja siswa yang berisi petunjuk pelaksanaan praktikum dengan tahapan tahapannya yang menyebabkan siswa bingung dalam melakukan percobaan.
- Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini ? Tuliskan pengalaman anda
Saya pernah,melakukan percobaan menanam kacang hijau dalam dua pot yang satu didalam ruang dan pot yang satunya di luar ruangan kemudian diteliti bagaimana perkembangannya dalam fotosintesis. Â
Â
3.Apabila anda memperbaiki pembelajaran sesuai kelemahan yang anda temukan pada video Tuliskan langkah-langkah yang jelas.
Langkah PersiapanÂ
Persiapan untuk pelaksanaan metode praktikum antara lain:
- Menetapkan tujuan
- Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
- Mempertimbangkan jumlah siswa dengan jumlah alat yang ada dan kapasitas tempat
- Memperhatikan resiko keamanan
- Mempersiapkan tata tertib untuk menjaga peralatan dan bahan yang digunakan
- Membuat petunjuk tentang langkah-langkah yang harus ditempuh selam praktikum berlangsung secara sistematis, termasuk hal-hal yang dilarang atau yang membahayakan.
Langkah Pelaksanaan
- Sebelum siswa melaksanakan praktek, siswa mendiskusikan persiapan dengan guru. Setelah itu meminta alat-alat atau perlengkapan yang akan digunakan
- Selama praktek guru perlu mendekati siswa untuk, mengamati proses yang sedang berlangsung. Menerima pertanyaanpertanyaan, memberikan dorongan dan bantuan terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa sehingga praktikum dapat dilaksanakan
- Selama praktikum, guru hendaknya memperhatikan situasi secara keseluruhan untuk mengontrol praktikum
- Tindak Lanjut
Setelah praktikum dilakukan, kegiatan selanjutnya adalah:
- Meminta siswa membuat laporan untuk diperiksa
- Mendiskusikan masalah-masalah yang ditemukan selam praktikum
- Memeriksa keberhasilan alat dan menyimpan kembali segala peralatan yang digunakan
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar minimal 2 yang mendasari langkah langkah perbaikan tersebut
- Ingenhousz adalah orang pertama yang melakukan penelitian percobaan fotosintesis ia memasukkan hydrilla verticillata dalam bejana yang berisi air bejan ditutup dengan corang terbalik dan diatasnya diberi tabung reaksi yang diisi air sampai penuh.Bejan tersebut diletakkan diterik matahari, kemudian muncul gelembung udara dari tumbuhan itu.Gelembung udara tersebut menandakan adanya gas yaitu oksigen. Ingenhousz menyimpulkan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen
- W Engelmann Ia melakukan percobaan dengan menggunakan alga spirogyra. Hanya kloroplas yang terken cahaya yang mengeluarkan oksigen.hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bakteri yang berkerumun dibagian kloroplas yang terken cahaya.
Demikian tanggapan saya,Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr Wb
NAMA : SITI UTAMI
NIM : 031283481
Setelah melihat tayangan video pembelajaran diatas, maka :
1. Kelebihannya :
1. Guru sudah melakukan pendahuluan appersepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pada kegiatan awal.
2. Sebelum praktikum guru telah menampilkan tayangan berupa gambar daun lewat PPT didepan kelas.
3. Guru sudah menyiapkan LKS yang berisi petunjuk pelaksanaan pratikum.
4. Guru sudah mengecek ketersediaan alat, bahan dan mengatur kegiatan.
5. Guru sudah mengawasi kegiatan dan memberikan waktu untuk pelaksanaan pratikum
6. Guru sudah mengajak siswa untuk berdiskusi, dan merapikan peralatan setelah percobaan.
7. Guru sudah menyuruh kelompok untuk presentasi dan mengkomunikasikan hasil
Kelemahannya :
1. Pembagian kelompok harusnya dilakukan dikelas sehingga ketika masuk lab IPA siswa sudah kondusif.
2. Ketika merebus alkohol dilakukan oleh guru lain bukan siswa sehingga siswa tidak terlibat dalam proses perebusa alkohol tersebut. Seharusnya langkah kerja dari awal sampai akhir harus dilakukan sendiri oleh siswa supaya siswa dapat bereksperimen langsung. Guru hanya memfasilitasi jalannya praktikum tersebut.
3. Tidak semua sekolah 1 kelas ada 3 guru dengan pembagian tugas yang berbeda –beda. rata –rata hanya 1 guru mengajar 1 kelas. Sehingga ketika praktikum siswa dituntut untuk mandiri.
2. Pernah. Saya pernah mengalaminya pada percobaan Sachs.
3. Langkah-langkah metode pratikum:
1. Persiapan (menetapkan tujuan, mempersiapkan alat dan bahan, membuat kelompok kooperatif, mempersiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi petunjuk / prosedur langkah- langkah kegiatan), dan analisi /kesimpulan.
2. Pelaksanaan (menyampaikan tujuan praktikum, membagikan LKS, alat dan bahan, mengawasi dan membimbing pelaksanaan pratikum, membimbing kelompok membuat laporan, melaporkan hasil kegiatan dalam diskusi kelas), dan melakukan presentasi / mengkomunikasikan hasil didepan kelas.
3. Penutup (membimbing siswa menyempurnakan hasil diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan, memberikan tugas rumah untuk memperdalam pemahaman tentang materi.
4. Pendapat ahli yang berkaitan:
1. Julius Von Sashs, seorang ahli botani dari Jerman, melakukan percobaan pada tumbuhan (tahun 1860) yang dikenal dengan Percobaan Sachs
2. Jan Ingenhousz, seorang dokter dari kerajaan Australia, mengadakan percobaan tentang pengaruh matahari terhadap tumbuhan (1778) yang dikenal dengan percobaan Ingenhousz.