1

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/percobaan-fotosintesis-pada-tumbuhan-hijau

Sinopsis:

Video diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif.  Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang guru terlihat sedang menyiapkan infokus, guru yang lain sedang mengecek alat dan bahan praktikum dan guru yang lainnya sedang menyiapkan materi serta membimbing praktikum. Pada awal kegiatan guru membagi kelas menjadi 9 kelompok. Sebelum kegiatan praktikum guru menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Kegiatan praktikum berlangsung selama 80 menit. Selesai melakukan praktikum guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.

Ditulis oleh: Dra. Tri Wahyuningsih, M.Pd.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Posted new comment

NAMA : SITI UTAMI
NIM : 031283481
Setelah melihat tayangan video pembelajaran diatas, maka :
1. Kelebihannya :
1. Guru sudah melakukan pendahuluan appersepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pada kegiatan awal.
2. Sebelum praktikum guru telah menampilkan tayangan berupa gambar daun lewat PPT didepan kelas.
3. Guru sudah menyiapkan LKS yang berisi petunjuk pelaksanaan pratikum.
4. Guru sudah mengecek ketersediaan alat, bahan dan mengatur kegiatan.
5. Guru sudah mengawasi kegiatan dan memberikan waktu untuk pelaksanaan pratikum
6. Guru sudah mengajak siswa untuk berdiskusi, dan merapikan peralatan setelah percobaan.
7. Guru sudah menyuruh kelompok untuk presentasi dan mengkomunikasikan hasil
Kelemahannya :
1. Pembagian kelompok harusnya dilakukan dikelas sehingga ketika masuk lab IPA siswa sudah kondusif.
2. Ketika merebus alkohol dilakukan oleh guru lain bukan siswa sehingga siswa tidak terlibat dalam proses perebusa alkohol tersebut. Seharusnya langkah kerja dari awal sampai akhir harus dilakukan sendiri oleh siswa supaya siswa dapat bereksperimen langsung. Guru hanya memfasilitasi jalannya praktikum tersebut.
3. Tidak semua sekolah 1 kelas ada 3 guru dengan pembagian tugas yang berbeda –beda. rata –rata hanya 1 guru mengajar 1 kelas. Sehingga ketika praktikum siswa dituntut untuk mandiri.
2. Pernah. Saya pernah mengalaminya pada percobaan Sachs.
3. Langkah-langkah metode pratikum:
1. Persiapan (menetapkan tujuan, mempersiapkan alat dan bahan, membuat kelompok kooperatif, mempersiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi petunjuk / prosedur langkah- langkah kegiatan), dan analisi /kesimpulan.
2. Pelaksanaan (menyampaikan tujuan praktikum, membagikan LKS, alat dan bahan, mengawasi dan membimbing pelaksanaan pratikum, membimbing kelompok membuat laporan, melaporkan hasil kegiatan dalam diskusi kelas), dan melakukan presentasi / mengkomunikasikan hasil didepan kelas.
3. Penutup (membimbing siswa menyempurnakan hasil diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan, memberikan tugas rumah untuk memperdalam pemahaman tentang materi.
4. Pendapat ahli yang berkaitan:
1. Julius Von Sashs, seorang ahli botani dari Jerman, melakukan percobaan pada tumbuhan (tahun 1860) yang dikenal dengan Percobaan Sachs
2. Jan Ingenhousz, seorang dokter dari kerajaan Australia, mengadakan percobaan tentang pengaruh matahari terhadap tumbuhan (1778) yang dikenal dengan percobaan Ingenhousz.

berdasaekan tayangan vidio diatas, dapat disimlilkan bahwa dari vidio tersebut kelebihan dari pembelajaran yang diterapkan yaitu :
1. Guru sudah melakukan pendahuluan appersepsi, motivasi dan penyampaian tujuan pada kegiatan awal.
2. Sebelum praktikum guru telah menampilkan tayangan berupa gambar daun lewat PPT didepan kelas.
3. Guru sudah menyiapkan Lembar kerja yang berisi petunjuk pelaksanaan pratikum.
4. Guru sudah mengecek ketersediaan alat, bahan dan mengatur kegiatan.
5. Guru sudah mengawasi kegiatan dan memberikan waktu untuk pelaksanaan pratikum
6. Guru sudah mengajak siswa untuk berdiskusi, dan merapikan peralatan setelah percobaan.
7. Guru sudah menyuruh kelompok untuk presentasi dan mengkomunikasikan hasil
Kelemahannya :
1. Pembagian kelompok harusnya dilakukan dikelas sehingga ketika masuk lab IPA siswa sudah kondusif.
2. Ketika merebus alkohol dilakukan oleh guru lain bukan siswa sehingga siswa tidak terlibat dalam proses perebusa alkohol tersebut. Seharusnya langkah kerja dari awal sampai akhir harus dilakukan sendiri oleh siswa supaya siswa dapat bereksperimen langsung. Guru hanya memfasilitasi jalannya praktikum tersebut.
3. Tidak semua sekolah 1 kelas ada 3 guru dengan pembagian tugas yang berbeda –beda. rata –rata hanya 1 guru mengajar 1 kelas. Sehingga ketika praktikum siswa dituntut untuk mandiri.
2. Pernah. Saya pernah mengalaminya pada percobaan Sachs.
3. Langkah-langkah metode pratikum:
1. Persiapan (menetapkan tujuan, mempersiapkan alat dan bahan, membuat kelompok kooperatif, mempersiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi petunjuk / prosedur langkah- langkah kegiatan), dan analisi /kesimpulan.
2. Pelaksanaan (menyampaikan tujuan praktikum, membagikan LKS, alat dan bahan, mengawasi dan membimbing pelaksanaan pratikum, membimbing kelompok membuat laporan, melaporkan hasil kegiatan dalam diskusi kelas), dan melakukan presentasi / mengkomunikasikan hasil didepan kelas.
3. Penutup (membimbing siswa menyempurnakan hasil diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan, memberikan tugas rumah untuk memperdalam pemahaman tentang materi.
4. Pendapat ahli yang berkaitan:
1. Julius Von Sashs, seorang ahli botani dari Jerman, melakukan percobaan pada tumbuhan (tahun 1860) yang dikenal dengan Percobaan Sachs
2. Jan Ingenhousz, seorang dokter dari kerajaan Australia, mengadakan percobaan tentang pengaruh matahari terhadap tumbuhan (1778) yang dikenal dengan percobaan Ingenhousz.

1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru berusaha memfasilitasi peserta didik dengan pembelajaran yang bermakna melalui kegiatan percobaan, guru juga menjalin kerjasama dengan guru lainnya. Sedanngkan untuk kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut saya tidak menemukannya
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dalam memperdalam konsep siswa, terutama usia sekolah dasar perlu dibantu dengan contoh konkrit, salah satunya melalui percobaan, namun dalam pelaksanaannya memerlukan berbagai alat yang kadang jika dipersiapkan sendirian akan menyita waktu dan pikiran
3. Menurut saya pembelajaran pada video tersebut sudah baik, tidak perlu ada perbaikan, hanya perlu lebih diintensifkan lagi dengan memperbanyak percobaan
4. Teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari kelebihan percobaan adalah menurut Anitah W. dkk. (2008:5) “Metode eksperimen merupakan metode mengajar dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses”. Sedangkan menurut Moedjiono dan Moh. Dimyati (1991:77) mengungkapkan bahwa “pembelajaran dengan metode eksperimen dimaksudkan bahwa guru atau siswa mencoba untuk mengerjakan sesuatu serta mengamati proses dan hasil percobaannya”.
5. Saya sependapat dengan Sdr. SITI UTAMI di mana tidak semua sekolah memiliki kelebihan guru, bahkan banyak yang kekurangan, jadi akan sulit mengimplementasikan yang ada pada video di sekolah yang memiliki guru pas-pasan, atau bahkan kurang. Saya juga sependapat dengan Sdr. MUHAMMAD RIBAHAN agar semua aktifitas dalam praktikum jika tidak beresiko tinggi sebaiknya dilakukan oleh peserta didik

tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena melalui tayangan ini siswa lebih memahami bahwa zat hijau jaun itu benar-benar ada dalam daun. tayangan ini juga memacu kerangka berpikir siswa menjadi lebih jauh lagi karena akan banyak muncul pertanyaan-pertanyaan baru dari siswa yang ingin mereka coba teliti pada saat pratikum. saya juga menyarankan kepada guru pembimbin agar membuat kesimpulan setelah pratikum selesai. hal ini juga berrtujuan untuk memudahkan siswa dalam pengisiaan LKS.

Dalam vidio pembelajaran menayangkan tentang kegiatan praktikium percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Di vidio pembelajaran menjelaskan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidk efektif, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan praktikum tidak tertib dan tidak efektif, diantaranya adalah :
a. Jumlah siswa terlalu banyak, sehingga dalam kelompok ada siswa yang tidak terlibat dalam praktikum.
b. Guru tidak mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada saat praktikum , sehingga pada saat pelaksanaan alat dan bahan tidak lengkap.
c. Guru tidak menyiapkan lembar kerja siswa yang berisi petunjuk cara melakukan percobaan, sehingga siswa melakukan praktikum tidak sesuai dengan yang seharusnya.
Dalam vidio pembelajaran menurut saya telah efektif , di mana
a. Guru telah membagi kelompok diskusi / telah mengatur kelompok praktikum.agar praktikum berjlan dengan efektif.
b. Guru telah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum.
c. Guru telah mempersiapkan lembar kerja siswa
Sehingga kegiatan praktikum bisa berjalan dengan tertib, lancar
d. Guru telah melakukan pembimbingan dan mengawasi tentang jalannya praktikum.
e. Guru telah memberikan pengantar awal berupa teori yang mengacu pada materi percobaan.
f. Guru telah melakukan pembimbingan dan mengawasi jalannya praktikum , sehingga siswa dapat mengeksplorasi pengetahuannya melalui percobaan.
g. Guru telah memberikan kesempatan kepada siswa dari hasil teori dan m
h. Untuk menganalisa dari hasil percobaan.
Guru dalam menentukan strategi pembelajaran telah tepat karena dapat mengaktifkan siswa.
Selain dengan menggunakan strategi pembelajaran yang terdapat pada tayangan vidio tersebut, ada strategi yang lain untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA khuusnya pada materi fotointesis dantaranya:
a. Dengan melalui pendekatan saintifik ( scientifik approach) melalui strategi kontekstual.
Diskripsi langkah-langkah pembelajaran ( disesuaikan dengan kurikulum 2013)
– Mengamati (observing)
– Menanya (questioning)
– Mengumpulkan informasi (experimenting)
– Menalar/mengasosiasi( associating)
– Mengkomunikasikan (communiating)
b. Pendekatan ketrampilan proses
Ketrampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajara. Melalui pengalaman langsung seseorang dapat lebih menghayati proses atau kegiatan yang bsedang dilakukan.
Indikator ketrampilan proses sains
– Mengamati
– Mengelompokkan/mengklasifikasikan
– Menafsirkan
– Meramalkan
– Mengajukan pertanyaan
– Merumuskan hipotesis
– Merencanakan percobaan
– Menggunakan alat/bahan
– Menerapkan konsep
– Berkomunikasi