0

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/penugasan-yang-bermakna

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kelebihan video tersebut mengajak siswa untuk lebih kreatif dalam memahami suatu materi.
Kekurangannya pekerjaan berkelompok seperti pembuatan poster yang dikerjakan di rumah, tidak bisa terlihat siapa yang berkerja siapa yang tidak, seharusnya pekerjaan bisa dilakukan disekolah, atau tugas bisa diberikan per individu, jika menjadi pekerjaan rumah.
2. Saya pernah memberikan tugas kepada siswa untuk membuat bentuk molekul dari kardus bekas, kemudian menyuruh siswa menjelaskan tentang bentuk molekul yang mereka buat.
3. Saya akan melakukan perbaikan dengan memberikan tugas kepada siswa perkelompok di sekolah, mereka bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mengerjakan tugas yang bermakna
4. Menurut Ausubel 1963 belajar bermakna adalah proses mengaitkan informasi atau materi baru dengan konsep konsep yang telah ada dalam struktur kognitif.
Muchlas samani 2007 mengatakan apapun metode pembelajarannya maka harus bermakna.

jawaban pertanyaan bapak

Menurut saya kelebihan dari mekanisme pembelajaran yg dilakukan oleh guru tersebut cukup kreatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mandiri. Sedangkan untuk kekurangannya siswa menjadi kurang mendalami materi yang di sampaikan oleh guru, karena tdk adanya pendamping dalam pembelajaran kelompok diluar sekolah.
Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut saya akan memberikan pemahaman tentang cara yg lbh efektif utk melakukan pembelajaran mandiri dgn memperbanyak referensi pembelajaran.
Croncbach berpendapat bahwa pembelajaran yg efektif adalah melalui pengalaman, kemudian menurut Howard L Kingsley pendidikan adalah proses belajar dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktik ataupun latihan.

setelah saya melihat tayangan ini, maka saya makin menyadari bahwa pemberian tugas itu harus dirancang pula sedemikian rupa. Sebelum memberikan tugas hendaknya para guru membuatkan kerangka sistematis tugas tersebut. jika siswa sudah memahami tentang apa yang akan mereka kerjakan maka para siswa akan dengan mudah dan termotivasi dalam pengerjaan tugas tersebut.
maka kedepannya, saya harapkan kepada kita bersama, rancanglah tugas itu dengan sebaik mungkin. buatkan langkah-langkah pengerjaannya.