Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/penugasan-yang-bermakna
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


jawaban pertanyaan bapak

Testing

Menurut saya kelebihan dari mekanisme pembelajaran yg dilakukan oleh guru tersebut cukup kreatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mandiri. Sedangkan untuk kekurangannya siswa menjadi kurang mendalami materi yang di sampaikan oleh guru, karena tdk adanya pendamping dalam pembelajaran kelompok diluar sekolah.
Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut saya akan memberikan pemahaman tentang cara yg lbh efektif utk melakukan pembelajaran mandiri dgn memperbanyak referensi pembelajaran.
Croncbach berpendapat bahwa pembelajaran yg efektif adalah melalui pengalaman, kemudian menurut Howard L Kingsley pendidikan adalah proses belajar dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktik ataupun latihan.

setelah saya melihat tayangan ini, maka saya makin menyadari bahwa pemberian tugas itu harus dirancang pula sedemikian rupa. Sebelum memberikan tugas hendaknya para guru membuatkan kerangka sistematis tugas tersebut. jika siswa sudah memahami tentang apa yang akan mereka kerjakan maka para siswa akan dengan mudah dan termotivasi dalam pengerjaan tugas tersebut.
maka kedepannya, saya harapkan kepada kita bersama, rancanglah tugas itu dengan sebaik mungkin. buatkan langkah-langkah pengerjaannya.
NAMA : NOVITA DWI SUSANTI
NIM : 530057365
Video Penugasan yang Bermakna
- Kelebihan guru yang terdapat dalam video:
- Guru sudah bagus dalam penyampaian pembelajaran.
- Guru menyampaikan tugas dengan jelas.
- Pembagian kelompok berdasarkan kesepakatan, termasuk pembentuka keetua kelompoknya.
- Pembagian LKS sudah dilakukan guru sebelum berdiskusi mencari jenis tumbuhan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Siswa diberi kesempatan bertanya.
- Ada pembagian tugas kelompok yang jelas.
- Saya pernah melakukan penugasan di kelas. Tugas saya bagi dalam kelompok dan kelompok bekerja sesuai tugasnya masing-masing.
- Menurut Ausubel faktor utama yang memengaruhi belajar bermakna adalah struktur kognitif yang telah ada, stabilitas, kejelasan pengetahuan dalam suatu bidang studi, dan pada waktu tertentu.
- Saya setuju dengan pendapat yang dikemukakan Ibu Euis bahwa pembelajaran sangat menyenangkan sehingga siswa antusias dalam belajar.

Nama : Sang Ayu Kadek Dwidayanti
NIM : 041901447
Penugasan Yang Bermakna
1. Kelebihan dari video tersebut adalah dengan adanya penugasan kelompok siswa menjadi lebih aktif mencari tau informasi tentang tugas yang diberikan oleh guru dan bisa menjalin kerjasama yang baik dengan kelompoknya.
Kekurangannya ada beberapa siswa yang hanya mau hasil jadinya saja tanpa tau proses pengerjaannya. Kurang penjelasan yang diberikan oleh guru mengenai tugas yang diberikan.
2. Ya pernah, semasa sekolah sering mendapat penugasan kelompok dengan tugas yang berbeda-beda
3. Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut guru bisa menjelaskan lebih detail materi yang akan diberikan kepada siswa sebagai penugasan kelompok dan memberikan contoh kepada siswa agar siswa lebih mudah mengerti dan bisa memahami apa yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan penugasan kelompok tersebut.
4. David Ausubel (1963) seorang ahli psikologi pendidikan menyatakan bahwa bahan pelajaran yang dipelajari harus “bermakna’ (meaningfull).
Suparno (1997) mengatakan, bahwa pembelajaran bermakna adalah suatu proses pembelajaran dimana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dipunyai seorang yang sedang dalam proses pembelajaan.
Materi tayangan benar, materi yang disampaikan oleh presenter juga benar, namun ketika ditonton secara keseluruhan nampaknya apa yang disampaikan presenter tidak mendukung tujuan. Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai dengan materi.
Saran : Cara mengajar guru sudah baik/menarik, namun akan lebih baik bila guru berlatih dulu sebelum pengambilan gambar sehingga tidak terjadi slip of the tounge seperti: (1) “….akan bersenang-senang dengan lingkungannya…” seharusnya “….akan bersenang-senang dengan lingkungan kalian…”; (2) “….mencari tumbuhan dan diidentifikasi…” sebaiknya “….mencari tumbuhan kemudian cobalah identifikasi….”
Terima kasih.

Ya benar dengan melihat vidro jadi mengerti langkah penugasan yang bermakna
Manfaat yang saya peroleh setelah mengamati video pembelajaran tersebut adalah bahwa guru sudah cukup baik dalam menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu membuat poster tentang gerak pada tumbuhan, guru juga menyampaikan kriteria penilaian pada tugas dengan jelas. Namun, pemberian tugas tersebut kurang bermakna sebab tugas yang guru berikan kurang memberikan pengalaman secara konstektual bagi siswa dengan tidak memanfaatkan sumber belajar berupa lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Ya saya setuju
Juga dalam pemberian bahan diskusi yang kreatif dan inovatif
1.Kelebihan guru dalam video tersebut adalah bahwa dalam langkah pembelajaran diskusi guru cukup kreatif menentukan bahan diskusi.
Kelemahan guru dalam video tersebut guru tidak menjelaskan secara sistematis kerangka penugasan dalam diskusi
2.ya saya pernah mengalaminya
3.langkah langkah yang sebaiknya dilakukan adalah sebaiknya tugas tersrbut dilakukan dilungkungan terbuka agar siswa lebih aktif lagi melihat alam sekitar
4.Syaiful Bahri Djamarah :
Metode tugas merupakan penyampaian bahan dimana seorang guru menyampikan tugas tertentu supaya peserta didik aktif belajar.
Pasaribu dan Simanjuntk
Tugas untuk meninjau peljaran,pemberian tugas dapat dilakukan pada permulaan,lertengahan atau akhir pelajaran.
NAMA: M.S. RAHDIYAN SYAH TUASIKAL
NIM: 530075324
UPBJJ: JEMBER
Judul Video: Penugasan Yang Bermakna (2012)
Video tersebut sudah sangat baik. Didalamnya terdapat 2 video yang bertolak belakang sehingga guru yang melihat video tersebut dapat mengetahui bagaimana cara pemberian tugas yang bermakna. Di tayang awal video memang sangat tidak jelas terkait tujuan penugasan. Namun di tayangan yang kedua guru sangat bagus dan baik dalam memberikan instruksi/arahan/langkah dalam penugasan. Tidak hanya itu, guru juga menjelaskan tujuan dari penugasan tersebut dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait penugasan tersebut.
1. Kelebihan video tersebut mengajak siswa untuk lebih kreatif dalam memahami suatu materi.
Kekurangannya pekerjaan berkelompok seperti pembuatan poster yang dikerjakan di rumah, tidak bisa terlihat siapa yang berkerja siapa yang tidak, seharusnya pekerjaan bisa dilakukan disekolah, atau tugas bisa diberikan per individu, jika menjadi pekerjaan rumah.
2. Saya pernah memberikan tugas kepada siswa untuk membuat bentuk molekul dari kardus bekas, kemudian menyuruh siswa menjelaskan tentang bentuk molekul yang mereka buat.
3. Saya akan melakukan perbaikan dengan memberikan tugas kepada siswa perkelompok di sekolah, mereka bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mengerjakan tugas yang bermakna
4. Menurut Ausubel 1963 belajar bermakna adalah proses mengaitkan informasi atau materi baru dengan konsep konsep yang telah ada dalam struktur kognitif.
Muchlas samani 2007 mengatakan apapun metode pembelajarannya maka harus bermakna.