Para guru yang berbahagia, apabila melihat tayangan salah satu video tentang Pentingnya Pengarahan Guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya saat pembelajaran membaca cerita secara bergilir, ingatan kita pasti kembali saat kita di waktu duduk di bangku SD dan sedang belajar tentang keterampilan membaca cerita. Video tersebut berisi tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Saya sendiripun saat mendapatkan giliran untuk membaca saat di SD, sangat senang karena memang menyukai kegiatan tersebut. Adakah dari para siswa Anda sekalian yang tidak menyukai kegiatan membaca? Bagaimana Anda mengarahkan para siswa yang menurut Anda tidak menyenangi pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca?. Bagaimana Anda memberikan pengarahan yang sesuai untuk sekelompok siswa yang mengalami kesulitan dalam hal membaca?
Seandainya, di dalam kelas Anda ada 2 orang siswa yang membutuhkan perlakuan khusus karena yang satu dideteksi memiliki keterlambatan dalam hal membaca, dan siswa yang satu lagi merupakan penyandang disleksia ringan, bagaimana Anda akan memberikan pengarahan sebelum meminta para siswa memulai kegiatan membaca secara bergilir?


NAMA : HARTATI
NIM. : 836577412
Menurut saya,jika siswaku ada yg berkebutuhan khusus, saya sbg guru akan tetap menyuruhnya membaca bergilir(karena sama2 seorang siswa, dan supaya siswa tsb jg tidak minder) tetapi harus diberi pelayanan khusus, misalnya lebih diperhatikan,sering didekati,dan terus dilatih dg pelayanan yg khusus.

Nama: Farida Fitriatul Munawaroh
NIM : 837494004
menurut pendapat saya, yang saya lakukan jika jika mempunyai murid mempunyai keterlambatan dalam membaca, murid tersebut tetap saya minta untuk membacakan teks membaca cerita tetapi bersama temannya, sedangkan yang penyandang disleksida ringan, akan saya dampingi, melainkan didekat guru waktu teman-temannya membaca.
kemudian langkah saya selanjutnya saya akan membicarakan kepada orang tuanya tentang kelemahan anak tersebut di dalam kelas, dan saya mau memberi pelajaran tambahan khususnya dalam hal membaca di waktu pulang sekolah, jika orang tuanya menyetujui saya akan memberikan jam les/jam tambahan terhadap dua murid tandi diwaktu pulang sekolah.

Nama =mahda Dwi Satyaningrum
Nim. =856947684
Sebagai seorang guru apa bila ada murid yg tidak menyukai membaca karena belum bisa membaca saya akan senang hati membimbing dan memberikan perhatian agak lebih kepada siswa tersebut.dan meminta kepada orang tua agar dapat mengawasi anaknya dalam membaca agar pembelajaran bsa berjalan karna guru dan orang tua saling bekerja sama.
Dan apabila ada siswa yg sedikit berbeda lemah dalam membaca saya sebagai guru akan berusaha membimbing dan mengajari disela waktu agar anak didik yg mengalami kekurangan tidak merasa tertekan dan memberikan kenyamanan dalam belajar dan meminta izin kepada orang tua untuk dapat membantu saat belajar dirumah.

usliadi nim 856565319dalam belajar bahasaa indonesia guru mengajarkan anak membaca bergiliran.disini guru sangatlahberperan penting.supaya anak bisa membaca aktp s3muanya.
Nama : Wardi
NIM : 836131297
UPBJJ UT : Bandar Lampung
Judul Video : Pentingnya Pengarahan Guru Dalam Pembelajaran
Menurut pendapat saya jika saya memiliki dua orang siswa yang memiliki kebutuhan kusus keterlembatan membaca dan disleksia ringan, maka saya akan mengawali tugas yang akan saya berikan kepada anak- anak dengan terlebih dahulu saya membacakan cerita yang dimaksut kemudian anak diminta memperhatikan dan mengamati kemudian anak – anak yang sudah lancar membaca menceritakan ulang dengan cara membaca sedangkan anak – anak yang belum lancar membaca diminta untuk menceritakan ulang cerita yang sudah bu guru sampaikan diawal.

NAMA : ASRAYELLY
NIM : 856440874
Saya juga punya pengalaman seperti itu,krn saya adalah guru di kls 1SD .Ketika ada kegiatan pembelajaran membaca secara bergilir ,kita sedikit kewalahan ntuk siswa yang belum lancar bahkan belum bisa sama sekali membaca.
Jadi ,di kegiatan ini barangkali kita tetap akan meminta siswa tersebut seberapa dia mampu untuk membaca .
Di lain waktu ,di sela-sela pembelajaran kita akan memberikan perhatian dan waktu khusus bagi mereka untuk mengajarkan membaca .Selain itu kita juga tetap berkomunikasi dengan orang tua mengenai perkembangan membaca si anak dan meminta bantuan ortu dirumah agar dapat mendengarkan/menyimak anak membaca .
Setiap hari kita akan pantau perkembangan anak yang belum bisa membaca tadi ,dan kita targetkan sebelum kenaikan kls si anak sudah bisa membaca dengan lancar.
Nama : Wenti anggraini
NIM : 835944452
Kelas / semester : B/6
Judul video : pentingnya pengarahan guru
Sinopsis : Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran.
Kelemahan : siswa yang susah sekali diatur untuk tidak ricuh saat suasana belajar
Kelebihan : guru dapat menguasai kelas dengan menertibkan siswanya itulah sebabnya penting sekali pengarahan guru dalam proses belajar mengajar .
Sumber video : universitas terbuka
Sekian dan terimakasih
Menurut saya cara nya menyuruh anak membaca secara bergilir, terutama untuk murid yg berkebutuhan khusus diberi pembelajaran dan perhatian yg khusus agar anak tersebut bisa mengikuti secara normal. Terima kasih
NAMA : YUDIANSYAH
NIM.  : 835894096
POKJAR : LUBUKLINGGAU SELATAN II
Menurut saya caranya sebelum proses belajar di mulai dan menyuruh anak membaca bergilir ,terutama untuk kedua murid itu di beri pembelajaran khusus agar anak kedua itu bisa mengikuti secara normal membaca bergilir dengan teman teman lainnya trimakasih .
Nama : Susye . Tetenaung
NIMÂ Â : 838361533
“pentingnya pengarahan guru”Menurut saya dari vidio di atas sebagai seorang guru apabila ada murid yang tidak menyukai membaca karena belum bisa membaca adalah dengan memberikan perhatian khusus terhadap anak tersebut dan juga harus memberi waktu khusus untuk anak tersebuttersebut untuk di ajarkan membaca .Selain itu pentingnya peran guru dalam memberikan pengarahan atau menjadi teladan guru merupakan seseorang yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar , bimbingan , melatih , mengelola , meneliti dan mengembangkan serta memberikan pelayanan teknik , guru memiliki tugas pokok melaksanakan proses belajar mengajar.
RANI UPRIANI
NIM : 838269184
Cara yg bisa dilakukan ketika ada salah satu siswa yang belum bisa membaca cerita, guru guru hendaknya membimbing mereka dengan mendekat ke samping guru dan membimbinya. setelah itu guru mengarahkan lebih giat lagi belajar membacanya di rumah bersama orang tua.
sama halnya dengan anak penyandang dileksia ringan, mereka harus diajarkan secara khusus didampingi guru secara pribadi dan mengajarkan mengenal huruf dll, penambahan penguatannya juga harus belajar di rumah agar apa yang diajarkan guru di sekolah tadi tidak mudah hilang.