0

Para guru yang berbahagia, apabila melihat tayangan salah satu video tentang Pentingnya Pengarahan Guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya saat pembelajaran membaca cerita secara bergilir, ingatan kita pasti kembali saat kita di waktu duduk di bangku SD dan sedang belajar tentang keterampilan membaca cerita. Video  tersebut berisi tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Saya sendiripun saat mendapatkan giliran untuk membaca saat di SD, sangat senang karena memang menyukai kegiatan tersebut. Adakah dari para siswa Anda sekalian yang tidak menyukai kegiatan membaca? Bagaimana Anda mengarahkan para siswa yang menurut Anda tidak menyenangi pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca?. Bagaimana Anda memberikan pengarahan yang sesuai untuk sekelompok siswa yang mengalami kesulitan dalam hal membaca?

Seandainya, di dalam kelas Anda ada 2 orang siswa yang membutuhkan perlakuan khusus karena yang satu dideteksi memiliki keterlambatan dalam hal membaca, dan siswa yang satu lagi merupakan penyandang disleksia ringan, bagaimana Anda akan memberikan pengarahan sebelum meminta para siswa memulai kegiatan membaca secara bergilir?

Answered question

RANI UPRIANI
NIM : 838269184

Cara yg bisa dilakukan ketika ada salah satu siswa yang belum bisa membaca cerita, guru guru hendaknya membimbing mereka dengan mendekat ke samping guru dan membimbinya. setelah itu guru mengarahkan lebih giat lagi belajar membacanya di rumah bersama orang tua.

sama halnya dengan anak penyandang dileksia ringan, mereka harus diajarkan secara khusus didampingi guru secara pribadi dan mengajarkan mengenal huruf dll, penambahan penguatannya juga harus belajar di rumah agar apa yang diajarkan guru di sekolah tadi tidak mudah hilang.

NAMA : HARTATI
NIM. : 836577412

Menurut saya,jika siswaku ada yg berkebutuhan khusus, saya sbg guru akan tetap menyuruhnya membaca bergilir(karena sama2 seorang siswa, dan supaya siswa tsb jg tidak minder) tetapi harus diberi pelayanan khusus, misalnya lebih diperhatikan,sering didekati,dan terus dilatih dg pelayanan yg khusus.

Nama: Farida Fitriatul Munawaroh
NIM : 837494004

menurut pendapat saya, yang saya lakukan jika jika mempunyai murid mempunyai keterlambatan dalam membaca, murid tersebut tetap saya minta untuk membacakan teks membaca cerita tetapi bersama temannya, sedangkan yang penyandang disleksida ringan, akan saya dampingi, melainkan didekat guru waktu teman-temannya membaca.
kemudian langkah saya selanjutnya saya akan membicarakan kepada orang tuanya tentang kelemahan anak tersebut di dalam kelas, dan saya mau memberi pelajaran tambahan khususnya dalam hal membaca di waktu pulang sekolah, jika orang tuanya menyetujui saya akan memberikan jam les/jam tambahan terhadap dua murid tandi diwaktu pulang sekolah.

Nama =mahda Dwi Satyaningrum
Nim. =856947684
Sebagai seorang guru apa bila ada murid yg tidak menyukai membaca karena belum bisa membaca saya akan senang hati membimbing dan memberikan perhatian agak lebih kepada siswa tersebut.dan meminta kepada orang tua agar dapat mengawasi anaknya dalam membaca agar pembelajaran bsa berjalan karna guru dan orang tua saling bekerja sama.
Dan apabila ada siswa yg sedikit berbeda lemah dalam membaca saya sebagai guru akan berusaha membimbing dan mengajari disela waktu agar anak didik yg mengalami kekurangan tidak merasa tertekan dan memberikan kenyamanan dalam belajar dan meminta izin kepada orang tua untuk dapat membantu saat belajar dirumah.

usliadi nim 856565319dalam belajar bahasaa indonesia guru mengajarkan anak membaca bergiliran.disini guru sangatlahberperan penting.supaya anak bisa membaca aktp s3muanya.