10

Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.

Ditulis oleh: Mery Novianti

Halo semuanya….

apakah sudah selesai menyaksikan video pembelajaran seri matematika ini.??

setalah bapak/ibu menyaksikan video pembelajaran tersebut, sekarang bapak/ibu tentukan media/alat peraga apa yang bapak ibu akan gunakan dalam menanamkan konsep penjumlahan bilangan pecahan yang penyebutnya tidak sama?,

coba uraikan bagaimana cara penyampaianya dalam pembelajaran di dalam kelas.!!

terimakasih

Answered question

Maaf, sy belum bisa menonton videonya?

Nama : Linda Sugiani
Nim :834765857

Setelah menyimak vidio cara belajar diatas, analisis saya adalah pada bagian vidio pembelajaran pertama sudah baik , Guru mengulas kembali pembelajaran yang kemarin sudah diberikan untuk mengetes daya ingat siswa. Tetapi dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan metode ceramah siswa kurang mengerti, dan kurang efektif sehingga pembelajaran matematikan sangat membosankan bagi siswa. Di pembelajaran selanjutnya menggunakan alat peraga atau alat bantu seperti vidio diatas yg menggunakan alat bantu dengan kertas karton sehingga siswa dapat lebih mudah mengerti dan siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika.
Terimakasih..

Ni putu nany anggrayuni nim 834766178 menurut saya sebaiknya dalam pemblajaran matematika sebaiknya tidak terlalu perlu alat peraga …yg diperlukan pemahaman cara penyelesaian yg lebih mudah di pahami

Ya betul..dik…dan akan lebih menarik lagi bila medianya lebih besar sehingga peserta s didik lebih tertarik untuk belajar

setelah menyaksikan video di atas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika tentang topik penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.Mengajari konsep pecahan untuk anak kelas dua SD memerlukan ketelatenan.
Jadi guru dalam mengajari anak tentang pecahan harus diawali dengan penggunaan media yang diutamakan menggunakan benda konkret seperti :
benda yang ada di sekitar siswa … contohnya Benda di sekitar siswa dapat diperoleh dengan cara mengambil barang yang ada di kantin sekolah ataupun di sekitar rumah siswa yang memang sudah biasa dilihat mereka.
Misalnya menggunakan sebuah apel.
Terimakasih…