Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.
Ditulis oleh: Mery Novianti
Halo semuanya….
apakah sudah selesai menyaksikan video pembelajaran seri matematika ini.??
setalah bapak/ibu menyaksikan video pembelajaran tersebut, sekarang bapak/ibu tentukan media/alat peraga apa yang bapak ibu akan gunakan dalam menanamkan konsep penjumlahan bilangan pecahan yang penyebutnya tidak sama?,
coba uraikan bagaimana cara penyampaianya dalam pembelajaran di dalam kelas.!!
terimakasih


Nama : Linda Sugiani
Nim :834765857
Setelah menyimak vidio cara belajar diatas, analisis saya adalah pada bagian vidio pembelajaran pertama sudah baik , Guru mengulas kembali pembelajaran yang kemarin sudah diberikan untuk mengetes daya ingat siswa. Tetapi dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan metode ceramah siswa kurang mengerti, dan kurang efektif sehingga pembelajaran matematikan sangat membosankan bagi siswa. Di pembelajaran selanjutnya menggunakan alat peraga atau alat bantu seperti vidio diatas yg menggunakan alat bantu dengan kertas karton sehingga siswa dapat lebih mudah mengerti dan siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika.
Terimakasih..

Ni putu nany anggrayuni nim 834766178 menurut saya sebaiknya dalam pemblajaran matematika sebaiknya tidak terlalu perlu alat peraga …yg diperlukan pemahaman cara penyelesaian yg lebih mudah di pahami

Ya betul..dik…dan akan lebih menarik lagi bila medianya lebih besar sehingga peserta s didik lebih tertarik untuk belajar

setelah menyaksikan video di atas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika tentang topik penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.Mengajari konsep pecahan untuk anak kelas dua SD memerlukan ketelatenan.
Jadi guru dalam mengajari anak tentang pecahan harus diawali dengan penggunaan media yang diutamakan menggunakan benda konkret seperti :
benda yang ada di sekitar siswa … contohnya Benda di sekitar siswa dapat diperoleh dengan cara mengambil barang yang ada di kantin sekolah ataupun di sekitar rumah siswa yang memang sudah biasa dilihat mereka.
Misalnya menggunakan sebuah apel.
Terimakasih…
NAMA:ISTIQOMAH
NIM: 834862628
Setelah saya melihat video yang berjudul” penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama” menurut saya video pembelajaran tersebut sudah baik, guru sudah membuka , mengisi, dan menutup pembelajaran dengan baik, guru juga terlihat sudah menguasai materi pembelajaran dengan baik, guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru,
tetapi media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut kurang besar dan guru hanya berdiri didepan tanpa berkeliling kelas untuk melihat apakah siswa sudah memahami materi yang telah diajarkan

Menurut saya setelah saya menonton vidio ini, guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi di pendahuluan guru mengingatkan kembali pelajaran yang di pelajari sebelumnya , untuk mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya, selanjutnya guru memberikan penjelasan materi penjumlahan pecahan dengan penyebut tidak sama, di situ kelihatan guru sudah menguasai materi pembelajaran dengan memakai alat peraga dan mengunakan rumus dalam menjelaskan materi itu cukup kreatip yang dapat memancing emisional siswa dalam mengikuti pelajaran.
Aksn tetapi sebaiknya guru mengunakan media/ alat peraga yg agak besar supaya siswa yg duduk di bagian belakang busa melihatnya. Buat beberapa kelompok supaya suasana belajar lebih hidup lagi.

Dalam video tersebut,,terlihat guru sudah melakukan langkah-langkah pembelajaran dengan baik, suara jelas, dan menggunakan media.namun sebaiknya guru menjelaskan konsep pecahan terlebih dahulu dengan penggunaan media sebelum menjelaskan pemecahan masalah.

Pembelajaran Pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan metode ceramah siswa kurang mengerti dan kurang efektif sehingga pembelajaran matematika sangat membosankan bagi siswa.
Pembelajaran selanjutnya menggunakan alat peraga yaitu karton,sehingga siswa lebih mengerti dan pembelajaran lebih efektif dan siswa lebih semangat dalam pembelajaran matematika.
Setelah menyimak vidio cara belajar diatas, analisis saya adalah pada bagian vidio pembelajaran pertama sudah baik , Guru mengulas kembali pembelajaran yang kemarin sudah diberikan untuk mengetes daya ingat siswa. Tetapi dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan metode ceramah siswa kurang mengerti, dan kurang efektif sehingga pembelajaran matematikan sangat membosankan bagi siswa. Di pembelajaran selanjutnya menggunakan alat peraga atau alat bantu seperti vidio diatas yg menggunakan alat bantu dengan kertas karton sehingga siswa dapat lebih mudah mengerti dan siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika.
Terimakasih..
Nama : Ama Sunah Abadinda
NIM : 825855209
menurut saya pada bagian awal pembelajaran sudah baik, penjelasan terhadap murid sangat mudah dipahami oleh siswa, namun bagi saya masih banyak metode atau media2 disekitar kita yang bisa kita gunakan kepada murid supaya lebiih mudah dipahami oleh siswa.
Nama : Jernih Limbong
NIM : 856009732
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran pertama,saya mau memberikan pendapat tentang pengajaran guru tersebut dalam menyampaikan materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda, diantaranya:
- pada video tersebut si guru hanya menerangkan pelajaran dengan metode ceramah tanpa menggunakan alat media konkret pada siswa.
- akibat dari kurangnya terampilnya guru dalam menyampaikan materi mengakibatkan siswa bosan dalam mengikuti pelajaran.
Pada video pembelajaran kedua,pendapat saya diantaranya:
- guru tersebut telah menggunakan alat media dalam menyampaikan pelajaran berupa potongan karton.
- siswa telah aktif untuk dalam penyelesaian penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda. Seperti tampak pada video guru menyuruh siswa maju ke depan mencarikan potongan karton sesuai nilai pecahannya. Namun, sangat disayangkan ukuran media tersebut kurang besar agar semua siswa dapat melihat.
Saya mencoba memberikan cara dalam menyampaikan materi PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA antara lain :
- menggunakan alat media kertas lipat atau origami, kertas tersebut dapat dilipat , kemudian pada lipatan kertas dapat diberi garis dan diarsir sesuai nilai pecahan yang hendak dijumlahkan.
- kemudian samakan penyebut dengan mencari Pecahan Senilainya. Jika terdapat lebih dari satu penyebut yang sama dari kedua pecahan yang hendak dijumlahkan tadi maka pakailah penyebut yang lebih kecil.
- setelah penyebut dari kedua pecahan tersebut telah sama maka tinggal menjumlahan kedua pecahan tadi.
Nama : dwi okta lestari
Nim : 834862642
Dalam video ini guru sudah baik dalam memberikan penjelasan tentang materi pecahan. Tetapi guru tidak menggunakan media dalam mengajar , seharusnya menggunakan media yang ada di sekitar

Nama : Diah Wulantika
NIM : 834862517
JUDUL : Penjumlahan pecahan dengan penyebut beda
” Menurut saya video pembelajaran ini sudah sangat baik diawal pembelajaran guru kembali mengulas pelajaran sebelumnya sehingga dapat mengetes daya ingat siswa. Dalam memberikan pelajaran guru juga sudah terlihat menguasai materi dengan baik akan tetapi sebaiknya guru membagi siswa dengan beberapa kelompok agar pemahaman siswa lebih baik lagi dan juga pemilihan alat peraga lebih di perhatikan lagi misalnya memilih alat peraga yang lebih besar lagi bentuknya .
Maaf, sy belum bisa menonton videonya?