- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
MUKHOLIFAH ( NIM. 530053415)
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Setelah menyimak tayangan video tersebut, berikut adalah kelebihan yang dimiliki guru dalam video tersebut :
- Moving test merupakan metode yang sangat menarik dan saya baru tahu bahwa ada metode penilaian semacam ini. Jadi saat mengerjakan masing-masing soal, siswa berpindah tempat sesuai instruksi guru. Dengan adanya perpindahan tempat ini maka penilaian bisa berlangsung secara otentik. Tidak dimungkinkan adanya tindak ketidakjujuran yang dilakukan siswa. Bagus juga untuk pembentukan karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa.
- Konsentrasi siswa sangat berperan aktif dalam pelaksanaan moving test ini. Di samping siswa harus berkonsentrasi dengan menjawab soal, siswa juga harus melatih pendengaran dengan memperhatikan tanda suara yang diberikan guru sebagai bukti waktu pengerjaan sudah selesai dan waktunya berpindah tempat.
Kelemahan dalam pelaksanaan moving test adalah tidak semua siswa memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Karena karakteristik siswa itu berbeda. Mungkin ada yang hanya fokus pada menjawab soal atau fokus berpindah tempat namun belum selesai pengerjaan soalnya.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Untuk moving test, saya belum pernah mengalaminya. Mungkin suat saat nanti bisa saya terapkan dalam pembelajaran di kelas tinggi karena saat ini mendapat tugas mengajar di kelas rendah.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Menurut saya pelaksanaan moving test ini bisa dilakukan dua sesi untuk mengatasi jika dalam kelas jumlah siswa terlalu banyak. Satu sesi melaksanakan moving test, sesi yang lain belajar di luar ruangan untuk persiapan moving test. Setelah sesi satu selesai, sesi kedua masuk untuk mengerjakan moving test. Sesi satu diberikan tugas di luar ruangan agar tidak mengganggu berjalannya proses moving test.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Drs. Amir Daein Indrakusuma dalam bukunya Evaluasi Pendidikan mengatakan “tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data atau keterangan-keterangan yang diinginkan tentang seseorang dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat.”
Nana Sudjana (1995:3) menyatakan bahwa penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Pada materi ini baru saya yang memberi komentar jadi belum bisa memberi tanggapan pada pendapat orang lain.