- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
1.Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video
- Kelebihan video
– Â Guru membuka dan menutup pembelajaran dengan baik
– Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru sangat baik dalam mengelola kelas sehingga siswa tidak ada yang ribut, aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab sehingga pembelajaran berlangsung kondusif.
– Guru membuka dan menutup pembelajaran
– Guru menyimpulkan materi pembelajaran
- Kelemahan video
Sedangkan kelemahan guru dalam video tersebut adalah
– Gguru tidak menuliskan  judul dan tujuan pembelajaran
– Guru tidak melakukan apersepsi yang meliputi mengecek kehadiran siswa, menyanyikan lagu Indonesia Raya.
– Guru tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi pada saat itu.
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda!
- Saya pernah mengalami peristiwa tersebut dimana ada saat siswa aktif dalam belajar dikarenakan jam pelajaran pertama sehingga masih fresh.
- Saya selalu menyampaikan kegiatan inti/materi dengan baik
- Saya selalu membuka dan menutup pembelajaran dengan baik
- Pernah juga saya dalam mengajar tidak menggunakan media, sehingga siswa kurang memahami apa yang saya sampaikan.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah langkah yang sebaiknya di ambil oleh guru jika dalam pembelajaran peserta didik tidak paham yaitu dengan hal:
- Pra kegiatan (persiapan/orientasi)
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang Perilaku Yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari Hari
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
- Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)
Mengajukan pertanyaan dengan cara :
- Melihat
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar yang diberikan oleh guru pada buku siswa atau gambar lain yang relevan
- Menanya
Guru menanyakan ke siswa mengenai gambar yang ditayangkan
- Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah)
Guru memberikan lembar kerja kepada siswa
- Data collection (pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku siswa maupun sumber lain seperti internet melalui
- membaca buku siswa
- Internet
3.wawancara ( diskusi )
- Data processing (pengolahan Data)
Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk serius, dan mengarahkan bila ada siswa yang tidak serius dalam menjawab pertanyaan dan bertanya kegiatan yang di lakukan siswa:
Berdiskusi dan mengolah informasi
- Verification (pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
- Generalizatio (menarik kesimpulan)
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
- Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
- Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi Perilaku Yang Mencerminkan Prinsip Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari Hari
- Guru merefleksi siswa
- Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang
- Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
- 4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut!
Menurut M. Lazim (2013:1), Pendekatan Saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.
Daryanto (2014:51) mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan ataumerumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.
Menurut Daryanto (2014), langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran, diantaranya yaitu:
- Mengamati(observasi)
Metode mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa ingin tahu siswa, sehingga proses pembelajaran memiliki kebermaknaan yang tinggi. Dengan metode observasi siswa menemukan fakta bahwa ada hubungan antara objek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan guru. - Menanya
Pada kurikulum 2013 kegiatan menanya diharapkan muncul dari siswa. Kegiatan belajar menanya dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati. - Mengumpulkan informasi
Kegiatan mengumpulkan informasi adalah tindak lanjut dari bertanya. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. Siswa bisa membaca berbagai sumber, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti, atau bahkan melakukan eksperimen.
- Mengasosiasikan/mengolah informasi
Dalam kegiatan mengasosiasi/mengolah informasi ada kegiatan menalar dalam kerangka proses pembelajaran dengan pendekatan ilmiah yang dianut dalam kurikulum 2013 untuk menggambarkan bahwa guru dan peserta didik merupakan pelaku aktif. Penalaran adalah proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta empiris yang bisa diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan.
- Mengkomunikasikan
Pada pendekatan saintifik guru diharapkan memberi kesempatan pada siswa untuk mengkomunikasikan apa yang sudah dipelajari. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola.


1.Kelebihan
.Memberi salam di awal dan di akhir pelajaran
.Memotipasi siswa
.Menguasai kelas
.Kelemahan
.Tidak menulis judu materi
.Menyampai kan tujuan
2.Pernah ,saya selalu membuka dengan salam dan mengakhiri dgn salam dan say tidak lupa dengan doa,alham dulillah siswa aktif dalam belajar karna siswa masih fress jam pertama.
3.Langkah
.Menulis judul materi
.Menjelaskan tujuan materi
.Menggunakan medi
,Berdiskusi dengan baik
.Memberi pertanyaan
.Memberi motivasi
Kelebihan dari video tersebut adalah:
1. Siswa aktif dalam kegiatan diskusi
2. Guru terlebih dahulu telah menyiapkan pertanyaan
3. Masing-masing kelompok mampu menjawab pertanyaan dengan berdiskusi
4. Proses pembelajaran berjalan dengan baik
5. Guru memberikan penguatan pada masing-masing kelompok
Kekurangannya adalah:
Guru tidak melakukan apersepsi dan motivasi. tetapi walaupun tidak melakukan kedua hal tersebut proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
Langkah perbaikan
Melakukan apersepsi dan motivasi
Menggunakan media pembelajaran