18

Diskusikanlah pertanyaan di bawah ini.

Apakah Saudara pernah menerapkan field trip dalam pembelajaran IPA? Jika iya uraikan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, jika belum pernah jelaskan mengapa belum pernah melakukannya?
Berdasarkan video tersebut kapan sebaiknya pembelajaran field trip dilakukan?
Bagaimana kesulitan menerapkan field trip dan upaya yang mengatasinya?

Answered question

Menurut pendapat Anda, apakah metode field trip mash relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA saat ini!

Pernah,
Langkah-langkah pembelajaran dengan metode Field trip,
yaitu:
1. Menetukan tempat tujuan, waktu sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2. Mengajak siswa mengobservasi secara langsung objek yang dipelajari.
3. Guru membimbing murid-murid dalam field trip, apasaja hal yang perlu diperhatikan.
4. Guru menghimbau murid untuk mencatat atau merekam data-data yang dibutuhkan.
Metode field trip dilakukan jika data yang dibutuhkan tidak dapat dihasilkan di ruang kelas.
Kesulitan penerapan metode ini yaitu, mengkondisikan anak agar fokus pada objek yang dipelajari, dan mengkondisikan anak agar tetap berkelompok.

1.Pernah

Langkahnya yaitu
-menentukan tempat, waktu, dan sumber pembelajaran
-menentukan metode
-menyusun kegiatan yang akan berlangsung
-mengurus perizinan(apabila di lakukan di luar sekolah/wisata)

2.Waktu pelaksanaan yaitu ketika ada materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tentang pengamatan lingkungan sekitar/kegiatan luar kelas.

3.Kesulitan yang dihadapi adalah kurangnya objek yang diamati oleh siswa yang ada di lingkungan sekolah dan dalam pengawasan siswa jumlah yang besar sehingga perlu batasan waktu/obyek yang diawasi serta pengarahan yang jelas

4.Keunggulannya yaitu siswa lebih bersemangat, senang, dan tidak bosan karena siswa dapat mengamati langsung objek yang dimaksud dalam materi pembelajaran.

1.Pernah

tahab pertama menentukan lokasi, waktu pelaksanaan, dan bahan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

2. Waktu pelaksanaan sesuai dengan materi kurikulum

3.Kesulitan yang dihadapi siswa adalah terbatasnya objek yang diamati oleh siswa, dan jumlah siswa yang banyak membutuhkan pengawasan yang lebih

4.Keunggulannya yaitu siswa tertarik dan semangat karena bisa melakukan secara langsung

Menurut pendapat saya belajar dengan metode field atau karya wisata mempunyai kelemahan :
1.Harus dibawa kelokasinya
2.Ditunjukkan nama tumbuhan yang menyimpan makanan dibatang dan di akar
3.siswa tidak semuanya aktif dalam forum diskusi tersebut
4.siswa banyak bermain dalam forum diskusi tersebut
hanya itulh komentar dari saya Arlistuti.terima kasih