Diskusikanlah pertanyaan di bawah ini.
Apakah Saudara pernah menerapkan field trip dalam pembelajaran IPA? Jika iya uraikan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, jika belum pernah jelaskan mengapa belum pernah melakukannya?
Berdasarkan video tersebut kapan sebaiknya pembelajaran field trip dilakukan?
Bagaimana kesulitan menerapkan field trip dan upaya yang mengatasinya?


Pernah,
Langkah-langkah pembelajaran dengan metode Field trip,
yaitu:
1. Menetukan tempat tujuan, waktu sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2. Mengajak siswa mengobservasi secara langsung objek yang dipelajari.
3. Guru membimbing murid-murid dalam field trip, apasaja hal yang perlu diperhatikan.
4. Guru menghimbau murid untuk mencatat atau merekam data-data yang dibutuhkan.
Metode field trip dilakukan jika data yang dibutuhkan tidak dapat dihasilkan di ruang kelas.
Kesulitan penerapan metode ini yaitu, mengkondisikan anak agar fokus pada objek yang dipelajari, dan mengkondisikan anak agar tetap berkelompok.

1.Pernah
Langkahnya yaitu
-menentukan tempat, waktu, dan sumber pembelajaran
-menentukan metode
-menyusun kegiatan yang akan berlangsung
-mengurus perizinan(apabila di lakukan di luar sekolah/wisata)
2.Waktu pelaksanaan yaitu ketika ada materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tentang pengamatan lingkungan sekitar/kegiatan luar kelas.
3.Kesulitan yang dihadapi adalah kurangnya objek yang diamati oleh siswa yang ada di lingkungan sekolah dan dalam pengawasan siswa jumlah yang besar sehingga perlu batasan waktu/obyek yang diawasi serta pengarahan yang jelas
4.Keunggulannya yaitu siswa lebih bersemangat, senang, dan tidak bosan karena siswa dapat mengamati langsung objek yang dimaksud dalam materi pembelajaran.

1.Pernah
tahab pertama menentukan lokasi, waktu pelaksanaan, dan bahan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Waktu pelaksanaan sesuai dengan materi kurikulum
3.Kesulitan yang dihadapi siswa adalah terbatasnya objek yang diamati oleh siswa, dan jumlah siswa yang banyak membutuhkan pengawasan yang lebih
4.Keunggulannya yaitu siswa tertarik dan semangat karena bisa melakukan secara langsung

Menurut pendapat saya belajar dengan metode field atau karya wisata mempunyai kelemahan :
1.Harus dibawa kelokasinya
2.Ditunjukkan nama tumbuhan yang menyimpan makanan dibatang dan di akar
3.siswa tidak semuanya aktif dalam forum diskusi tersebut
4.siswa banyak bermain dalam forum diskusi tersebut
hanya itulh komentar dari saya Arlistuti.terima kasih
nama : sulistiowati
nim : 857485364
Apakah Saudara pernah menerapkan field trip dalam pembelajaran IPA? Jika iya uraikan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, jika belum pernah jelaskan mengapa belum pernah melakukannya?
Berdasarkan video tersebut kapan sebaiknya pembelajaran field trip dilakukan?
Bagaimana kesulitan menerapkan field trip dan upaya yang mengatasinya?
1.Pernah
Langkahnya yaitu
-menentukan tempat, waktu, dan sumber pembelajaran
-menentukan metode
-menyusun kegiatan yang akan berlangsung
-mengurus perizinan(apabila di lakukan di luar sekolah/wisata)
2.Waktu pelaksanaan yaitu ketika ada materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tentang pengamatan lingkungan sekitar/kegiatan luar kelas.
3.Kesulitan yang dihadapi adalah kurangnya objek yang diamati oleh siswa yang ada di lingkungan sekolah dan dalam pengawasan siswa jumlah yang besar sehingga perlu batasan waktu/obyek yang diawasi serta pengarahan yang jelas
4.Keunggulannya yaitu siswa lebih bersemangat, senang, dan tidak bosan karena siswa dapat mengamati langsung objek yang dimaksud dalam materi pembelajaran.

Saya pernah menggunakan metode karya wisata pada pembelajaran ekosistem untuk mempermudah saya dalamenyampaikan materi biotik dan abiotik, yaitu ekosiatem darat alami dan ekosistem darat buatan.
Saya menggunakan lingkungan perkebunan kelapa sawit sebagai ekosistem darat buatan dan lahan yang tidak dirawat sebagai ekosistem darat alami.
Kelebihan metode ini adalah
1. Memeiliki prinsip mengajar modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran
2. Menjadi pelajaran disekolah lebih relevan dengan kenyataaan
3. Merangsang kreativitas peserta didik
4. Informasi pembelajaran menjadi luas
Kelemahan
1. Terkendala fasilitas dan biaya
2.merluka koordinasi dengan guru pada pelajaran lain agar tidak terjadi tumpang tindih wktu dan kegiatan selama berkarya wisata
3.biasa unsur rekreasi lebih utama
4.sulit mengarahkan siswa yang terlalu banyak kepada kegiatan studi yang menjadi permasalahan

Pernah,
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran dengan metode Field trip,
yaitu:
1. Menetukan tempat tujuan, waktunya sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2. Mengajak siswa untuk mengobservasi secara langsung objek yang dipelajari.
3. Guru membimbing murid-murid dalam field trip, hal apa saja yang perlu diperhatikan.
4. Guru menghimbau murid untuk mencatat atau merekam data-data yang dibutuhkan.
Metode field trip ini dilakukan jika ada data yang dibutuhkan tidak dapat dihasilkan di ruang kelas.
Kesulitan penerapan metode field trip ini yaitu, mengkondisikan anak agar fokus pada objek yang dipelajari, dan mengkondisikan anak agar tetap berkelompok.
Menurut pendapat saya, pada video pertama guru mengajar tidak menggunakan metode yang tepat dan media yang dapat digunakan guru tersebut sebagai contoh kongkrit atau nyata yg dapat mempermudah guru tersebut untuk menyampaikan materi yang dapat dipahami orang siswa siswi sehingga peserta didik tidak tampak bingung ketika ditanyakan, dan tampak peserta didik nya mengobrol dengan teman sebangkunya.
Pada video kedua, guru sudah menemukan cara dalam menyampaikan materi nya dengan metode yang tepat digunakan sesuai materi pembelajaran yaitu field trip karya wisata untuk memperkenalkan tumbuhan yang dapate nyimpan cadangan makanan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, d3ngan begitu siswa dapat mudah memahami pelajaran yang diberi guru tersebut dengan contoh nyata, sehingga timbul rasa minat dan le ingin tahuan peserta didik terhadap suatu pembelajaran, hidup lha suasana belajar di lokasi tersebut.

Apakah pernah melakukan metode Field trip ? Pernah
Langkah-langkah pembelajaran dengan field trip :
1. Merumuskan tujuan karyawisata.
2. Menetapkan objek karyawisata
3. Menetapkan lamanya karyawisata.
4. Menyusun rencana belajar bagi siswa selama karyawisata
5. Merencanakan perlengkapan belajar yang harus disediakan
6. Pelaksanaan
7. Tindak lanjut
Berdasarkan video Kapan pembelajaran field trip dilakukan ?
Disaat guru telah merumuskan tujuan field trip
Bagaimana kesulitan menerapkankan field trip ?
Untuk kesulitan nya yaitu sulitnya mengontrol siswa ketika bersada dilapangan
Upaya mengatasinya ?
Meminta bantuan guru lain untuk membantu mengawasi anak dilapangan
Ya pernah melakukan field trip dalam pembelajaran IPA. untuk langkah langkah nya sebagai berikut
- menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran
- membuat daftar tempat tujuan field trip yang sesuai dengan tema pembelajaran, kemudian menentukan tempat yang akan dikunjungi.
- melakukan survey awal sekaligus diskusi dengan pengelola tempat field trip, menjelaskan maksud dan tujuan field trip
- kegiatan inti ( siswa melakukan observasi sesuai pembelajaran), Pembelajaran field trip hendaknya dilakukan sesuai dengan materi pembelajaran. kesulitan menerapkan field trip yaitu membutuhkan biaya lebih besar, membutuhkan persiapan yang cukup matang, membutuhkan pengawasan lebih saat pelaksanaan/ di lokasi, memerlukan sarana yang tidak sedikit. upaya mengatasinya yaitu dalam menentukan lokasi guru sudah mempertimbangkan semua resiko yang akan terjadi.
Menurut saya, Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
- Apakah Saudara pernah menerapkan field trip dalam pembelajaran IPA? Jika iya uraikan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, jika belum pernah jelaskan mengapa belum pernah melakukannya? belum pernah, karena dalam pembelajaran, saya masih menggunakan media yang ada di kelas seperti alat peraga atau LCD.
- Berdasarkan video tersebut kapan sebaiknya pembelajaran field trip dilakukan? pembelajaran field trip digunakan ketika siswa kesulitan memahami materi yang berhubungan dengan alam sekitar, misalnya materi tentang tumbuhan.
- Bagaimana kesulitan menerapkan field trip dan upaya yang mengatasinya? kesulitannya menyesuaikan keadaan alam sekitar dengan tujuan pembelajaran. Cara mengatasinya adalah guru harus benar-benar mengobservasi keadaan yang akan dijadikan tempat belajar agar pembelajaran berjalan dengan baik.
Menurut pendapat Anda, apakah metode field trip mash relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA saat ini!