1

Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu sendiri. Dengan demikian anak didik menjadi paham betul yang namanya tanda birama.

Ditulis oleh: Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd

Video ini merupakan contoh seorang guru menjelaskan tanda birama tidak sekadar teori saja, melainkan praktek langsung seperti apa tanda birama tersebut dengan mencontohkannya pada lagu kupu-kupu yang lucu dan lagu Balonku.

Selain tepuk tangan yang dijadikan contoh guru dalam video ini sebagai pengenalan tanda birama. Adakah cara lain yang bisa rekan guru lakukan untuk mengenalkan langsung tanda birama pada anak didik, baik yang memanfaatkan benda-benda yang ada di dalam kelas maupun di luar kelas?

Answered question

Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Sebaikya menhelaskan tentan birama atau sebagainya harus menerapkan secara langsung praktik dengan menjelaskan bagia”atu simbol nada lalu menjelaskan dan meyuruk anak” untuk mengingat dan memahami lalu di lakukan tes untuk anak” agar kita tau anak” mana saja yang tau dan memahami

Nama : Riska puspitarini
NIM : 836703688

Dengan cara mengentakkan kaki

Nama :Riska puspitarini
Nim : 836703688

Menurut saya bisa menghentakkan kaki

Nama : Tika Saputri
Nim : 835952664
Bagus sekali materinya,iya dengan metode ini sangat bagus diterapkan untuk anak anak,lebih mudah dipahami anak anak,bukan hanya materi juga ada prakteknya.

Nama : jamli
Nim: 836976437
Dengan menghentakkan kakinya