Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu sendiri. Dengan demikian anak didik menjadi paham betul yang namanya tanda birama.
Ditulis oleh: Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd
Video ini merupakan contoh seorang guru menjelaskan tanda birama tidak sekadar teori saja, melainkan praktek langsung seperti apa tanda birama tersebut dengan mencontohkannya pada lagu kupu-kupu yang lucu dan lagu Balonku.
Selain tepuk tangan yang dijadikan contoh guru dalam video ini sebagai pengenalan tanda birama. Adakah cara lain yang bisa rekan guru lakukan untuk mengenalkan langsung tanda birama pada anak didik, baik yang memanfaatkan benda-benda yang ada di dalam kelas maupun di luar kelas?


Nama : Riska puspitarini
NIM : 836703688
Dengan cara mengentakkan kaki

Nama :Riska puspitarini
Nim : 836703688
Menurut saya bisa menghentakkan kaki

Nama : Tika Saputri
Nim : 835952664
Bagus sekali materinya,iya dengan metode ini sangat bagus diterapkan untuk anak anak,lebih mudah dipahami anak anak,bukan hanya materi juga ada prakteknya.

Nama : jamli
Nim: 836976437
Dengan menghentakkan kakinya
Pembelajaran yang dilakukan sudah maksimal dan bagus selain dengan teori guru juga melakukan praktek,para murid juga aktif dan semangat saat bernyanyi bersama guru.selain tepungan tangan guru juga bisa botol bekas yang ukurannya berbeda dan juga ketukan meja untuk mengenal kan tanda birama
NAMA MAHASISWA : AGASTHA THEO PERWIRA
NIM : 858401735
POKJAR : UT-SAMARINDA
Setelah menyimak isi dari video tersebut, menurut saya pembelajarannya sudah maksimal dan bagus, guru juga aktif dalam menjelaskan teorinya dengan menyertakan praktek dari teori yang dijelaskan yang membuat murid dengan mudah mengerti dan memahami apa itu birama.
Cara lain untuk mengenalkan tanda birama kepada siswa yaitu dengan berlatih menjaga ketukan, yang berupa empat ketukan di mana bu guru memberikan aba-aba kepada siswanya kapan ketukan itu dimulai. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama dengan tepuk tangan atau dengan ketukan kaki.
Atau juga dapat menggunakan benda-benda yang ada di dalam kelas ataupun di luar kelas. Misalnya seperti,meja yang ada di dalam kelas,dan dapat juga menggunakan ranting pohon yang lumayan tebal sebagai alat pemukul.
Assalamualikum
Adapun cara yang lain untuk tanda birama di lakukan bisa menggunakan media ataw benda di dalam kelas seperti rol dengan di ketukkan kemeja 4/4 bisa juga dengan menggunakan tabung air botol siswa agar praktek yg di lakukan siswa/i semngat mempraktekknya. Terima kasih🙏
Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut anak- anak sangat berantusias dan fokus mendengar penjelasan materi tentang birama yang disampaikan oleh guru, para siswa aktif dan semangat bernyanyi bersama guru. Guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju dan menyanyi didepan dengan ketukan birama. Guru mencoba dan mempraktikan mengenal birama dengan menggunakan tepukan tangan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dapat menggunakan multi media atau alat/praga.
Nama: Dorika Siburian
NIM: 855852498
Menurut pendapat saya, bahwa video tersebut sudah sangat bagus, karena didalam video tersebut guru sudah memberikan penjelasan tentang pelajaran Tanda Birama dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didiknya. Dan guru juga sudah memberikan media berupa tepukan tangan dan sangat mudah dipahami oleh peserta didik.
Dan sebagai tambahan dari saya alangkah baiknya guru juga harus memberikan contoh tanda birama itu dengan menggunakan alat musik sederhana dan bisa juja dengan menggunakan musik dan nyanyian.
Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Sebaikya menhelaskan tentan birama atau sebagainya harus menerapkan secara langsung praktik dengan menjelaskan bagia”atu simbol nada lalu menjelaskan dan meyuruk anak” untuk mengingat dan memahami lalu di lakukan tes untuk anak” agar kita tau anak” mana saja yang tau dan memahami