Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan†hebatâ€, “kamu pintar†dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jariâ€, “mengusap kepala dan bahu anakâ€, dan “tepuk tanganâ€.
Ditulis oleh: Sri Tatminingsih
Pemberian Hadiah/ Praise
Setelah anda melihat tayangan video tentang “Pemberian Hadiah/ Praiseâ€
- Anak melakukan antri, apakah dengan memberikan hadiah, akan membuat anak berlaku disiplin? Bagaiman menurut pendapat anda?
- Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin, menurut anda seperti apa?, Berikan contohnya
- Tayangan video tadi, apa sama dengan yang anda alami dimana anda mengajar? Berikan contoh cara pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak
- Jelaskan Kelebihan dan kelemahan pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak


1. ya,karena dengan memberikan hadiah atau pijian,anak akan lebihsenang dan bersemangat serta merasa lebih di hargai perbuatannya atau pekerjaanya.
2. Penghargaan yg tepat untuk anak yg disiplin yaitu memberikan pujian.
Contohnya : ketika anak sudah selesai bermain dan mereka mau merapikan kembali kita dapat berkata “good job jessi” kemudian mengajak anak tersebut “tos / kompak”.
3. Iya sama,di saat ada anak yang belum dapat melakukan disiplin seperti merapikan maninanya anak tersebut di motivasi supaya mau melakukan diaiplin seperti ” wah anak hebat/pintar setelah bermain ayao dirapikan kembali….sambil di bantu/diberikan contohnya.
4. Kelebihannya : anak merasa lebih senang dan bersemangat saat mendapat pujian.
Kekurangannya : anak akan melakukan disiplin jika diberi pujian saja dan kecil kemungkinan kesadaran anak bahwa disiplin adalah suatu kebutuhan.

tes buat contoh latihan

Ya, karena pada dasarnya anak lebih senang kalau mendapat pujian/ reward. Dengan pujian atau reward anak merasa dihargai dan memotivasinya untuk melakukannya lagi.
Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin menurut saya seperti memberikan pujian secara langsung, contohnya saat anak bisa merapikan mainan tanpa disuruh guru bisa memberikan penghargaan †wow, verry good†dengan acungan jempol. Atau saat anak melakukan hal-hal yang baik kita bisa langsung memberi komentar / kata-kata yang positif.
Iya seperti yang saya alami di lembaga. Sy memberi tosh dan pujian untuk anak yang datang tepat waktu, yang tertib dalam antrian, yang merapikan mainan.
Kelebihannya: anak merasa senang saat mendapat pujian dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif / baik lagi. Kelemahannya : memberi reward atau pujian yang salah akan membuat anak menjadi sombong dan bisa menjadikan anak melakukan hal yang baik karena ingin dipuji atau karena mendapat imbalan.

1. Tidak semua anak berlaku demikian, memberikan reward atau hadiah jika anak tersebut sudah dapat mengubah perilakunya. Misalkan, anak dapat mentaati peraturan dengan baik. Bersikap disiplin dalam segala hal.
2. Memberikan bintang 4 , memberikan satu buah pensil misalnya agar anak tersebut terus mempertahankan perilaku disiplin yang sudah dicapainya
3. Bentuk pemberian reward yang diberikan adalah reward verbal (pujian) yang
berupa kata-kata pujian seperti ; anak sholeh, anak pintar, anak dahsyat, hebat sekali, bagus sekali dan sebagainya.
4. Kelebihannya ; anak dapat merubah perilakunya dengan baik dengan selalu melakukan hal positif.
Kelemahannya ; apabila guru melakukannya secara berlebihan, sehingga mungkin bisa mengakibatkan anak merasa bahwa dirinya lebih tinggi dari teman-temannya
- Anak melakukan antri, apakah dengan memberikan hadiah, akan membuat anak berlaku disiplin? Bagaiman menurut pendapat anda? Menurut pendapat saya, dengan memberikan hadiah baik secara verbal maupun dengan non verbal kepada anak yang telah mau mengantri, merupakan hal yang dapat membuat anak termotivasi sehingga dapat disiplin mematuhi aturan yang berlaku. Tapi guru jangan lupa untuk membuat aturan bersama anak sebelum memulai kegiatan dan menguatkan aturan tersebut saat anak bermain atau berkegiatan, misalnya dengan mengingatkannya “tadi aturannya bagaimana?”
- Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin, menurut anda seperti apa?, Berikan contohnya : Berikan apresiasi dengan kalimat pujian dan kalimat non verbal seperti mengajungkan 2 jempol, senyum dll. Disamping itu guru juga dapat membuat papan prestasi siwa yang tertib pada hari ini, bintang prestasi tersebut jika semakin hari semakin banyak,hal itu dapat ditukar dengan reward yang lebih besar misalnya, dapat tongkat bintang atau mainan
- Tayangan video tadi, apa sama dengan yang anda alami dimana anda mengajar? Berikan contoh cara pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak. Kurang lebihnya sama dengan yang saya alami di sekolah. Pada awalnya anak diajak membuat aturan belajar/bermain dengan menyepakati aturan bersama, kuatkan dengan memberi pemahaman mengapa kita harus taat/tertib dan disertai akibat ketika kita tidak tertib, apa yang akan terjadi? Dengan pemahaman di awal, in syaa Allah akan lebih mudah mengingatkan siswa mentaati peraturan yang telah dibuat bersama tadi. Jika anak melanggar, kita dapat mengingatkan aturan si awal tadi seperti apa, dan jika anak berhasil melakukannya, berikan apresiasi dengan kata hebat, keren, luar biasa, dapat disertai non verbal, misalnya dengan mengacungkan 2 jempol, senyum yang memberi semangat, dll
- Jelaskan Kelebihan dan kelemahan pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak. Kelebihan : anak menjadi lebih tertib/taat aturan. Kekurangannya, anak menjadi tergantung terhadap hadiah saat melakukan kebaikan
- Memberikan reward sangat efektif untuk anak agar merasa dighargai atau memotivasi agar lebih baik lagi. Bentuk reward tidak harus berupa barang, bisa dengan pujian ataupun acungan jempol atau pun ucapan hebat atau bisa juga dengan memberikan bintang . pemberian reward bukan semata mata agar anak mau mendapatkan hadiah atau mendapatkan pujian saja. tetapi benar2 dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi suatu kebiasaan baik.
- Contoh penghargaan yang tepat: 1. Memberikan pujian, 2 .Memberikan pelukan sayang, 3. acungan jempol, 4. dengan cara TOS
- Iya sama. Contohnya : bagi yang hari ini bisa berbaris dengan rapi akan mendapatkan 1 bintang dan begitu setiap hari dan dikumpulkan/ ditempel didinding kelas
- Kelebihan: anak akan lebih menjadi taat dan terbiasa melakukan sesuatu dengan baik. Sedangkan kelemahannya: anak akan selalu menuntut hadiah tiap kali melakukan sesuatu

1.Ya,karena dengan memberikan Hadiah atau pijakan anak Akan menjadi lebih senang bahkan bersemangat karena Merasa di hargai atas perbuatan atau pekerjaan yang dilakukan.Tetapi Akan lebih baik bila pemberian hadiah ini tidak dilakukan setiap saat.Karena bagaimanapun perlu juga untuk melatih sikap anak yang Tanpa pamrih dalam melakukan tugas yang menjadi kewajibannya.
2.Salah satu bentuk penghargaan paling umum yang dapat dilakukan sebagai apresiasi atas sikap disiplin anak adalah melalui pujian kepada anak tersebut.Contohnya: “Masya allah Abang pintar sekali sudah bantu temannya bersih-bersih meja belajar”
3.iya sama.Kurang lebih apa yang terjadi pada tayangan tersebut juga pernah saya alami dalam mendisiplinkan anak didik saya.Contohnya saat mereka teratur merapikan maianan setelah bermain saya Akan memberikan pujian kepada merek,walaupun tidak setiap saat.Karena bagaimanapun anak perlu di didik untuk merawat mainan di sekolah.
4.Kelebihan : anak menjadi senang dan merasa dihargai atas apa yang diapresiasikan guru kepadanya.
Kekurangan: jika dilakukan setiap saat anak jadi merasa apapun yang dia kerjakan haruslah mendapat hadiah(imbalan) atau apresiasi orang lain.Dan akan merasa ogah atau sedih apabila tidak mendapatkannya.Dan menjadi urung untuk mengerjakannya.
1.Anak melakukan antri, dengan memberikan hadiah akan memotivasi anak untuk berlaku disiplin ,sabar saat menunggu giliran, membiasakan diri untuk tidak menyerobot. Hal ini perlu ditanamkan pada anak sejak dini anak diberikan reward atau hadiah.sangat baik. Karena dengan membuat anak menjadi disiplin,
2. Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin adalah dengan permberian reward dapat bersifat verbal yaitu dengan ucapan hebat, kamu pintar, dan non verbal yaitu dengan mengacungkan jari, mengusap kepala dan bahu anak dan tepuk tangan. Dengan penghargaan tersebut anak menjadi lebih mengikuti aturan yang ada.
3. Video tayangan tadi sama dengan yang saya alami saat mengajar dikelas saat anak melakukan kegiatan, kita biasakan anak untuk bersikap sabar saat menunggu giliran. Membiasakan diri untuk antri
4.Kelebihan dan hadiah hadiah untuk mendisiplinkan anak, dengan hadiah tersebut akan menciptakan anak yang mengikuti aturan saat kegiatan anak juga bangga atas prestasi yang dia peroleh dari hasil kerjanya.anak menjadi taat saat kegiatan, sehingga anak akan berbuat baik dan menciptakan suasana yang nyaman
- ketika anak dapat melakukan antri, tentunya perlu anak diberi pujia motivasi, pemberian bintang 4. sehingga ia lebih termotivasi melakukannya terus. karena bila pemberian berupa hadiah dikhawatirkan anak enggan melakukannya kembali bila tidak ada hadiahnya
- penghargaan anak disiplin yang paling tepat adalah memberinya pujian. ketika selesai bermain, anak mau merapikan kembali mainannya tanpa harus diingatkan.
- hampir sama. pernah mengalami di lembaga kami. contohnya antri cuci tangan. kta berikan reward berupa pujian, ” wah mb firda anak hebat dan patuh mau antri cuci tangan”
- kelebihannya anak lebih bersemangat bila ada hadiahnya, sebaliknya bila tidak ada hadiah enggan bahkan tidak mau disiplin.
Memberikan reward sangat efektif untuk anak agar merasa dighargai atau memotivasi agar lebih baik lagi. Bentuk reward tidak harus berupa barang, bisa dengan pujian ataupun acungan jempol atau pun ucapan hebat atau bisa juga dengan memberikan bintang . pemberian reward bukan semata mata agar anak mau mendapatkan hadiah atau mendapatkan pujian saja. tetapi benar2 dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi suatu kebiasaan baik.
Contoh penghargaan yang tepat seperti : Memberikan pujian, Memberikan pelukan sayang, acungan jempol, dengan cara TOS
Kelebihan : anak akan lebih menjadi taat dan terbiasa melakukan sesuatu dengan baik. Sedangkan kelemahannya: anak akan selalu menuntut hadiah tiap kali melakukan sesuatu
1.pendidikan disiplin sangat penting buat anak tetapi tidak perlu anak mendapatkan suprais.
2. perlu.
Contoh:ye…….si ani tidak terlambat lagi di, anak anak pintar…
3.menurutnya pemberian hadiah agar anak disiplin itu pendidikan tidak baik
4.kelebihannya anak ya senang tetapi anak semakin egosentris dalam segala hal .
Menurut teori Hull anak membawa peruhan akan di beri reward.
Seperti saya lakukan Pujian, sticker dan bintang telah cukup.