Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan†hebatâ€, “kamu pintar†dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jariâ€, “mengusap kepala dan bahu anakâ€, dan “tepuk tanganâ€.
Ditulis oleh: Sri Tatminingsih
Pemberian Hadiah/ Praise
Setelah anda melihat tayangan video tentang “Pemberian Hadiah/ Praiseâ€
- Anak melakukan antri, apakah dengan memberikan hadiah, akan membuat anak berlaku disiplin? Bagaiman menurut pendapat anda?
- Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin, menurut anda seperti apa?, Berikan contohnya
- Tayangan video tadi, apa sama dengan yang anda alami dimana anda mengajar? Berikan contoh cara pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak
- Jelaskan Kelebihan dan kelemahan pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak


1. ya,karena dengan memberikan hadiah atau pijian,anak akan lebihsenang dan bersemangat serta merasa lebih di hargai perbuatannya atau pekerjaanya.
2. Penghargaan yg tepat untuk anak yg disiplin yaitu memberikan pujian.
Contohnya : ketika anak sudah selesai bermain dan mereka mau merapikan kembali kita dapat berkata “good job jessi” kemudian mengajak anak tersebut “tos / kompak”.
3. Iya sama,di saat ada anak yang belum dapat melakukan disiplin seperti merapikan maninanya anak tersebut di motivasi supaya mau melakukan diaiplin seperti ” wah anak hebat/pintar setelah bermain ayao dirapikan kembali….sambil di bantu/diberikan contohnya.
4. Kelebihannya : anak merasa lebih senang dan bersemangat saat mendapat pujian.
Kekurangannya : anak akan melakukan disiplin jika diberi pujian saja dan kecil kemungkinan kesadaran anak bahwa disiplin adalah suatu kebutuhan.

tes buat contoh latihan

Ya, karena pada dasarnya anak lebih senang kalau mendapat pujian/ reward. Dengan pujian atau reward anak merasa dihargai dan memotivasinya untuk melakukannya lagi.
Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin menurut saya seperti memberikan pujian secara langsung, contohnya saat anak bisa merapikan mainan tanpa disuruh guru bisa memberikan penghargaan †wow, verry good†dengan acungan jempol. Atau saat anak melakukan hal-hal yang baik kita bisa langsung memberi komentar / kata-kata yang positif.
Iya seperti yang saya alami di lembaga. Sy memberi tosh dan pujian untuk anak yang datang tepat waktu, yang tertib dalam antrian, yang merapikan mainan.
Kelebihannya: anak merasa senang saat mendapat pujian dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif / baik lagi. Kelemahannya : memberi reward atau pujian yang salah akan membuat anak menjadi sombong dan bisa menjadikan anak melakukan hal yang baik karena ingin dipuji atau karena mendapat imbalan.

1. Tidak semua anak berlaku demikian, memberikan reward atau hadiah jika anak tersebut sudah dapat mengubah perilakunya. Misalkan, anak dapat mentaati peraturan dengan baik. Bersikap disiplin dalam segala hal.
2. Memberikan bintang 4 , memberikan satu buah pensil misalnya agar anak tersebut terus mempertahankan perilaku disiplin yang sudah dicapainya
3. Bentuk pemberian reward yang diberikan adalah reward verbal (pujian) yang
berupa kata-kata pujian seperti ; anak sholeh, anak pintar, anak dahsyat, hebat sekali, bagus sekali dan sebagainya.
4. Kelebihannya ; anak dapat merubah perilakunya dengan baik dengan selalu melakukan hal positif.
Kelemahannya ; apabila guru melakukannya secara berlebihan, sehingga mungkin bisa mengakibatkan anak merasa bahwa dirinya lebih tinggi dari teman-temannya
Dapat meningkatkan rasa semangat untuk berdisiplin pada peserta didik agar dapat mentaati semua peraturan yang sudah di tetapkan di sekolah, memberikan pujian pada anak agar lebih bersemangat lagi , memberikan reawed pada anak didik yang berangkat tepat waktu dan bersedia merapikan mainan yang sudah di pakai serta pada anak yang tertib dalam antrian.
Kelebihannya : Dapat memberi dampak tang cukup besar terhadap jiwa anak didik untuk melakukan hal yang positif dan bersifat progestif serta memotifasi anak – anak yang lain adar lebih bersemangat lagi dan dapat memotivasi anak dalam perbuatan yang lebih baik.
Kekurangannya : Berdampak negativ seandainya guru melakukan secara berlebihan yang berakibat peserta didik akan merasa bahwa dirinya lebih tinggi dari teman – teman yang lain.
- Iya karena dengan memberikan hadiah akan membuat anak merasa bahagia dengan demikian dapat membentuk sikap atau prilaku yang baik pada anak.
- Hadiahi anak dengan kata kata penuh kasih sayang dan pujilah anak dengan membelainya dengan tulus.dan ucapkan dengan kata kata”anak hebat” “anak pintar” “anak sholeh dan anak sholekhah”sambil mengacungkan jempol.
- Saat dikelas biasanya anak – anak saya ajarkan untuk mengantri saat mengaji dan membaca.anak yang patuh saya berikan pujian “anak hebat”.
- Kelebihanya:anak akan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru .Kelemahannya:Ketika tidak diberikan hadiah anak tidak semangat untuk belajar.
- menurut saya benar dengan pemberian hadiah atau reward dapat menumbuhkan rasa kepuasan tersendiri pada anak sehingga anak akan melakukan terus kebiasaan baik yakni mengantri karena ingin mendapatlan hadiah.
- Dengan memberikan berupa verbal yaitu kata-kata pujian dan apresiasi, contoh yaitu yes, hebat, bagus, pintar, anak sholeh/sholehah, berupa non verbal yaitu gerakan melalui isyarat seperti mengacungkan jempol, rewads berupa benda yaitu seperti stiker bintang.
- Dari tayangan vidio cara memberi hadiah pada anak yang disiplin sama dengan yang saya lakukan disekolah yaitu dengan pujian
4. Kelebihan : meningkatkan rasa semangat anak untuk disiplin
Kelemahan : jika anak tidak mampu mengontrol emosinya maka pujian dapat menumbuhkan rasa sombong pada anak jika dilakukan secara berlebihan
- ketika seorang guru berkata akan memberikan hadiah bila disiplin dalam antrian, biasanya anak akan tertarik untuk mengikuti arahan guru
- Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin dapat berupa pujian, gerakan tus tangan , tepuk tangan
- ketika ada anak yang disiplin dalam antrian, akan mendapatkan giliran yang pertama , misalnya saat mengantri membaca iqro bila ada anak yang tertib akan di beri kesempatan untuk membaca terlebih dahulu dan yang lain bisa menunggu dengan memberi semangat kepada anak yang lain yang belum mendapat giliran membaca.
- kelebihannya : anak menjadi lebih tertarik mendengarkan guru, anak lebih semangat mengikuti pelajaran. kekurangannya : anak lebih senang di puji, bila tidak ada hadiah anak kurang termotivasi , anak mau melalukan sesuatu bila ada hadiah.
Penanaman kedisiplinan pada anak sangat penting, karena anak akan terbiasa dengan apa yang dilakukannya. Seperti pada video guru mengajarkan anak kedisiplinan dari berdoa sebelum makan, gosok gigi setelah makan dan melakukan kebiasaan yang dilakukan siswa disekolah. Dalam pemberian hadiah tidak harus dalam bentuk barang. Guru bisa kasih hadiah dengan pujian yang baik kepada anak, maka anak akan senang dan akan melakukan hal positif dan akan termotivasi kembali untuk melakukan pembiasaannya. Dan bisa melatih tanggung jawab apa yang sudah dilakukannya.
Dengan pujian saja anak akan senang, anak akan merasa mereka disayang guru dan diperhatian guru. Maka anak akan lebih disiplin lagi dan semangat untuk melakukan hal-hal baik.
1.pendidikan disiplin sangat penting buat anak tetapi tidak perlu anak mendapatkan suprais.
2. perlu.
Contoh:ye…….si ani tidak terlambat lagi di, anak anak pintar…
3.menurutnya pemberian hadiah agar anak disiplin itu pendidikan tidak baik
4.kelebihannya anak ya senang tetapi anak semakin egosentris dalam segala hal .
Menurut teori Hull anak membawa peruhan akan di beri reward.
Seperti saya lakukan Pujian, sticker dan bintang telah cukup.