23

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Ditulis oleh: Sri Tatminingsih

Pemberian Hadiah/ Praise

Setelah anda melihat tayangan video tentang “Pemberian Hadiah/ Praise”

  1. Anak melakukan antri, apakah dengan memberikan hadiah, akan membuat anak berlaku disiplin? Bagaiman menurut pendapat anda?
  2. Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin, menurut anda seperti apa?, Berikan contohnya
  3. Tayangan video tadi, apa sama dengan yang anda alami dimana anda mengajar? Berikan contoh cara pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak
  4. Jelaskan Kelebihan dan kelemahan pemberian hadiah untuk mendisiplinkan anak

 

LINK VIDEO

Answered question

1.pendidikan disiplin sangat penting buat anak tetapi tidak perlu anak mendapatkan suprais.
2. perlu.
Contoh:ye…….si ani tidak terlambat lagi di, anak anak pintar…
3.menurutnya pemberian hadiah agar anak disiplin itu pendidikan tidak baik
4.kelebihannya anak ya senang tetapi anak semakin egosentris dalam segala hal .
Menurut teori Hull anak membawa peruhan akan di beri reward.
Seperti saya lakukan Pujian, sticker dan bintang telah cukup.

1. ya,karena dengan memberikan hadiah atau pijian,anak akan lebihsenang dan bersemangat serta merasa lebih di hargai perbuatannya atau pekerjaanya.
2. Penghargaan yg tepat untuk anak yg disiplin yaitu memberikan pujian.
Contohnya : ketika anak sudah selesai bermain dan mereka mau merapikan kembali kita dapat berkata “good job jessi” kemudian mengajak anak tersebut “tos / kompak”.
3. Iya sama,di saat ada anak yang belum dapat melakukan disiplin seperti merapikan maninanya anak tersebut di motivasi supaya mau melakukan diaiplin seperti ” wah anak hebat/pintar setelah bermain ayao dirapikan kembali….sambil di bantu/diberikan contohnya.
4. Kelebihannya : anak merasa lebih senang dan bersemangat saat mendapat pujian.
Kekurangannya : anak akan melakukan disiplin jika diberi pujian saja dan kecil kemungkinan kesadaran anak bahwa disiplin adalah suatu kebutuhan.

tes buat contoh latihan

Ya, karena pada dasarnya anak lebih senang kalau mendapat pujian/ reward. Dengan pujian atau reward anak merasa dihargai dan memotivasinya untuk melakukannya lagi.
Penghargaan yang tepat untuk anak yang disiplin menurut saya seperti memberikan pujian secara langsung, contohnya saat anak bisa merapikan mainan tanpa disuruh guru bisa memberikan penghargaan ” wow, verry good” dengan acungan jempol. Atau saat anak melakukan hal-hal yang baik kita bisa langsung memberi komentar / kata-kata yang positif.
Iya seperti yang saya alami di lembaga. Sy memberi tosh dan pujian untuk anak yang datang tepat waktu, yang tertib dalam antrian, yang merapikan mainan.
Kelebihannya: anak merasa senang saat mendapat pujian dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif / baik lagi. Kelemahannya : memberi reward atau pujian yang salah akan membuat anak menjadi sombong dan bisa menjadikan anak melakukan hal yang baik karena ingin dipuji atau karena mendapat imbalan.

1. Tidak semua anak berlaku demikian, memberikan reward atau hadiah jika anak tersebut sudah dapat mengubah perilakunya. Misalkan, anak dapat mentaati peraturan dengan baik. Bersikap disiplin dalam segala hal.
2. Memberikan bintang 4 , memberikan satu buah pensil misalnya agar anak tersebut terus mempertahankan perilaku disiplin yang sudah dicapainya
3. Bentuk pemberian reward yang diberikan adalah reward verbal (pujian) yang
berupa kata-kata pujian seperti ; anak sholeh, anak pintar, anak dahsyat, hebat sekali, bagus sekali dan sebagainya.
4. Kelebihannya ; anak dapat merubah perilakunya dengan baik dengan selalu melakukan hal positif.
Kelemahannya ; apabila guru melakukannya secara berlebihan, sehingga mungkin bisa mengakibatkan anak merasa bahwa dirinya lebih tinggi dari teman-temannya