3

Seorang guru diharapkan dapat memanfaatkan waktu secara efektif untuk memberikan materi pembelajaran seni budaya dan keterampilan salah satunya dengan menerapkan pembelajaran secara terpadu. Topik pembelajaran seninsecara terpadu pada video ini yaitu kupu-kupu. Pembelajaran dimulai dari menggambar, menggunting, bernyanyi dan menari dirangkai menjadi satu proses pembelajaran dihari yang sama. Melalui satu topik yang dipilih maka terpenuhi semua materi seni yang ingin disampaikan.

Bisakah Saudara memberikan contoh proses pembelajaran seni secara terpadu yang menarik lainnya untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar?

Answered question

Assalamu’alaikum…
Dalam seni, memang kita harus menciptakan karya yang menarik dan unik agar proses pembelajaran menyenangkan dan mudah di pahami. Seni adalah sebuah pelajaran yang akan cepat dipahami dengan praktek secara langsung.
Dalam pembelajaran Seni, kita bs melakukan secara terpadu, di mana seni musik,seni ripa,seni tari dan kerajinan tangan bisa dilakukan dalam satu waktu. Contohnya yaitu dengan Bambu (Seni tradisi).
Dalam bidang study seni musik, siswa dapat mempelajari alat musik yang terbuat dari bambu dan cara memainkanmya seperti angklung, seni tari misalnya siswa dapat menari dengan menggunakan perlengkapan bambu, seni rupa mengajak siswa untuk membuag karya rupa dari bambu, sedangkan untuk kerajinan tangan, siswa dapat membuat alat kebutuhan hidup dari bambu seperti kipas, tampah. Seandainya memungkinkan, siswa diminta untuk membuat karya dengan cara meniru dan mengembangkanya, dengan membuat karya baru yang terbuat dari bambu.
Terimakasih… 🥰🥰

WARDATUL IZZAH 837412028

Proses pembelajaran seni terpadu menarik yang dapat saya sampaikan yaitu mengenai kapal laut.
1. Anak-anak diberi pertanyaan macam-macam alat transportasi, kemudian menyebutkan apa saja alat transportasi yang ada di atas air.
2. Anak-anak diberi instruksi untuk melipat kapal laut sesuai dengan petunjuk atau arahan guru
3. setelah kapal laut jadi, kapal diberi warna dan diberi tali rafia, kemudian diikat diatas kepala untuk dijadikan bando.
4. Anak anak menyanyikan lagu ” Kapal Api ”
5. Anak-anak secara berkelompok memperagakan gerakan tari kapal laut yang sedang berlayar di atas air, gerakan tari kapal laut terhempas ombak sesuai dengan irama lagu “Kapal Api”

Proses pembelajaran seni terpadu menarik yang dapat saya sampaikan yaitu mangenai kupu kupu terbang di udara
1.anak anak di beri instruksi untuk melipat kupu kupu sesuai dengan petunjuk dan arahan guru.
2.setelah kupu kupu jadi kupu kupu diberi warna dan diberi tali lalu di ayun ayunkan seolah olah kupu kupu terbang di udara.
3.anak anak menyanyikan lagu”kupu kupu yang lucu”.
4.anak anak secara mandiri memperagakan cara kupu kupu terbang di udara.

Nama:SITI JUMIATI M
Nim:825594189
UPBJJ: UT BENGKULU
Pokjar: ARGAMAKMUR
Asalamualaikum..
Menurut saya, dengan ada nya seni budaya terpadu di SD..
bisa lebih membantu anak anak untuk mengenal berbagai seni..
seperti seni tari.seni musik..seni drama..dll..
tetapi ada kesulitan ketika mengajar seni musik.. karna keterbatasan alat alat musik yang ada..!

Nama : Wiwik Miftaqul Jannah
Nim : 837413567
Pokjar : Bojonegoro
UPBJJ : Surabaya

Pembelajaran Seni untuk anak SD itu mengandung banyak karya dan unsur keindahan. Seni didalamnya mengandung banyak macamnya. Seperti seni lukis, seni tari, seni bernyanyi dan lainnya.
Contoh pembelajaran terpadu seni yang bisa diterapkan, yaitu materi layang-layang. Pertama anak di ajak menggambar layang-layang. Kemudian mengajak untuk praktik membuat langsung. Selanjutnya anak-anak di ajak untuk menerbangkan layang-layang. Sehingga anak-anak bisa mengetahui benda yang mudah di gerakkan oleh angin.