Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.
Ditulis oleh: Dadang SukirmanÂ
Selamat berjumpa!
Sudah diputar video Seri Pengembangan IPS SD nya tentang “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart”!
Kalau sudah, apakah dalam mengajar mata pelajaran IPS tentang Topik tersebut Bapak/Ibu dalam mengajar seperti di video!
Kalo iya dan tidak, Bagaimana cara mengajar yang sesuai dengan teori dan pengalaman Bapak/Ibu lakukan! Silahkan Diskusikan!
Selamat berdiskusi! Terima kasih.


NAMA :ULFATUN NI’MAH
NIM : 387495045
KELAS : PGSD 8D
IPS
Saya belum pernah mengajarkan materi seperti video diatas. Akan tetapi menurut saya metode flow chart diatas merupakan metode yang paling efektif, karena dengan metode tersebut siswa dapat fokus pada pembelajaran yang disampaikan dan pusat perhatian siswa tertuju pada flow chart tersebut. Sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar , sekaligus siswa lebih aktif dan paham akan materi yang disampaikan guru.

Saya sudah pernah mengajar pembelajaran IPS tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan menggunakan media flow chart ini. Hasilnya cukup memuaskan. Anak-anak menjadi aktif selama pembelajaran berlangsung. Apalagi saya menyediakan lembar kerja siswa yg sama dengan contoh di papan tulis. Guntingan kartu/flow chart nya nanti ditempelkan pada masing2 siswa pada LKS nya. Dengan demikian diharapkan siswa lebih mudah memahami materi dan.mengingat nya. Hasil kerja siswa yg sudah dikerjakan dan dinilai dikembalikan untuk ditempelkan di mading kelas. Siswa yg paling cepat menyelesaikan tempelan flow chart diberikan hadiah.

Pembelajaran menggunakan flow chart untuk materi pemerintahan menurut saya sangatlah cocok untuk siswa SD kelas 3 dibandingkan dengan metode ceramah, dikarenakan dengan adanya visualisasi membuat struktur pemerintahan itu menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. Selain itu materi pemerintahan untuk siswa SD kelas 3 belum mengenal secara konkret, jika disampaikan dengan metode ceramah akan menambah kebosanan bagi siswa dan akhirnya siswa tidak bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran dengan baik.
Sebaiknya sebagai kegiatan pembuka dapat diputarkan video singkat, sehingga siswa mempunyai gambaran tentang materi yang akan diajarkan.
Setelah itu baru masuk ke kegiatan inti yaitu pembelajaran menggunakan flow chart. Untuk aktivitas siswa, guru dapat meminta siswa untuk bermain peran, misal Seandainya saya seorang kepala desa, saya akan melakukan……
Dengan banyaknya aktivitas di dalam kegiatan belajar mengajar akan membuat siswa dapat memahami pelajaran dengan baik.

Nama : Safitri Ningsih
Nim : 836987991
Kelas : 8B
Setelah saya mengamati isi dalam vidio tersebut ,saya pernah mengalami kondisi di mana anak-anak kurang fokus dalam mendengarkan guru saat menyampaikan pembelajaran.
Dalam vidio tersebut pembelajaran yg lakukan sudah baik ,hanya saja yang perlu di perbaiki adalah guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran seperti membaca doa dan menjelaskan materi sehingga menimbulkan keributan di dalam kelas . Seharusnya guru bisa memberikan arahan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Saya setuju jika media flow chart digunakan dalam pembelajaran ips ini, karena siswa merespon dengan baik dan mulai aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut di bandingkan dengan metode ceramah.
Setelah saya mengamati isi vidio tersebut, saya pernah mengalami kondisi dimana anak-anak kuranf fokus dalam mendengarkan guru saat menyampaikan pembelajaran. Dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah baik, hanya saja yang perlu diperbaiki adalah guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran seperti membaca doa dan menjelaskan materi sehingga menimbulkan keributan di dalam kelas, seharusnya guru bisa memberikan arahan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Saya setuju jika media flowchart digunakan dalam pembelajaran ips ini, karena siswa merespon dengan baik dan mulai aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut dibandingkan dengan metode ceramah.
Saya belum pernah menggunakan pembelajaran menggunakan Flow Chart, Saya masih cenderung memakai metode ceramah dengan dibantu media gambar, setelah saya melihat video tersebut, saya tertarik untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan Flow Chart itu, karena dari video tersebut saya bisa melihat proses pembelajaran dengan menggunakan Flow Chart menjadi lebih efektif sehingga siswa lebih memahami materi. Menurut saya penggunaan media Flow Chart sebaiknya di gabungkan dengan metode pembelajaran lain seperti diskusi supaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Ya, saya juga menggunakan flow chart seperti pada video dalam mengajarkan tentang struktur pemerintahan desa. Namun sebelumnya saya menjelaskan tentang konsep pemerintah desa dan aparat apa saja yang ada di desa. Flow chart saya gunakan untuk menambah pemahaman siswa terhadap materi dan struktur yang ada pada perangkat desa.

WINDAYANTI
SALUT WAY TUBA BANDAR LAMPUNG
menurut saya Pembelajaran menggunakan flow chart untuk materi pemerintahan untuk siswa SD di kelas 3 sangat cocok, jika dibandingkan dengan metode ceramah, dikarenakan dengan adanya visualisasi membuat struktur pemerintahan itu menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti.
Dan untuk tambahan sebaiknya sebagai kegiatan pembuka dapat diberikan sedikit cerita menarik siswa agar mempunyai gambaran tentang materi yang akan diajarkan.
Nama : Dewanti Puji Pertiwi
NIM : 857087491
Pokjar : Pondok Ranji
saya pernah mengalami kondisi di mana anak-anak kurang fokus dalam mendengarkan guru saat menyampaikan pembelajaran. Saya akan mencoba dengan media flow chart seperti ini, dan memungkinkan bagi siswa untuk paham lebih cepat, menarik dan tidak membosankan.

NAMA : SYARIFAH ZAHRA MIRA SYAFITRI
NIM :837519033
Assalamualaikum, kali ini saya akan membahas beberapa hal yang menurut saya kurang pas dalam video tutorial pembelajaran IPS SD menggunakan flow chart
1. Guru kurang menjelaskan struktur kelurahan
2. Guru kurang menguasai kelas
Solusi
1. Sebaiknya guru menjelaskan dahalu tentang struktur kelurahan, setelah itu biarkan siswa mencari dan menempelkan sendiri kata tersebut dari potongan kertas yang telah tersedia
2. Sebelum pelajaran dimulai, guru sebaiknya mentertibkan para peserta didik sehingga akan terkondisi kelas tersebut, dan melakukan inovasi dalam pembelajaran.
Nama : Wisanto Saragih
NIM : 835308066
Ya, saya sudah pernah mengajar materi pembelajaran seperti dalam video tersebut. Saya juga menggunakan media flow chart, tetapi saya tidak menggunakan slot card. Saat itu pembelajaran yang saya sampaikan cukup menarik minat belajar siswa. Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut saya jadi terinspirasi, jika saya mengajar dengan materi struktur pemerintahan desa/kelurahan lagi saya dapat menggunakan media Flow chart dengan slot card dan memperbaiki cara pembelajaran pada materi lainnya. Agar siswa dapat tetap aktif dalam pembelajaran sehingga KKM harian dalam tiap pembelajaran dapat terus tercapai.
NAMA : ULFATUN NI’MAH
NIM : 837495045
KELAS : PGSD 8 D
IPS SD
Saya belum pernah mengajarkan materi seperti video diatas. Akan tetapi menurut saya metode flow chart diatas merupakan metode yang paling efektif, karena dengan metode tersebut siswa dapat fokus pada pembelajaran yang disampaikan dan pusat perhatian siswa tertuju pada flow chart tersebut sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar, sekaligus siswa lebih aktif dan paham akan materi yang disampaikan guru