3

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Ditulis oleh: Dadang Sukirman 

Selamat berjumpa!

Sudah diputar video Seri Pengembangan IPS SD nya tentang “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart”!

Kalau sudah, apakah dalam mengajar mata pelajaran IPS tentang Topik tersebut Bapak/Ibu dalam mengajar seperti di video!

Kalo iya dan tidak, Bagaimana cara mengajar yang sesuai dengan teori dan pengalaman Bapak/Ibu lakukan! Silahkan Diskusikan!

Selamat berdiskusi! Terima kasih.

Posted new comment

NAMA : ULFATUN NI’MAH
NIM : 837495045
KELAS : PGSD 8 D

IPS SD
Saya belum pernah mengajarkan materi seperti video diatas. Akan tetapi menurut saya metode flow chart diatas merupakan metode yang paling efektif, karena dengan metode tersebut siswa dapat fokus pada pembelajaran yang disampaikan dan pusat perhatian siswa tertuju pada flow chart tersebut sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar, sekaligus siswa lebih aktif dan paham akan materi yang disampaikan guru

NAMA :ULFATUN NI’MAH
NIM : 387495045
KELAS : PGSD 8D
IPS
Saya belum pernah mengajarkan materi seperti video diatas. Akan tetapi menurut saya metode flow chart diatas merupakan metode yang paling efektif, karena dengan metode tersebut siswa dapat fokus pada pembelajaran yang disampaikan dan pusat perhatian siswa tertuju pada flow chart tersebut. Sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar , sekaligus siswa lebih aktif dan paham akan materi yang disampaikan guru.

Saya sudah pernah mengajar pembelajaran IPS tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan menggunakan media flow chart ini. Hasilnya cukup memuaskan. Anak-anak menjadi aktif selama pembelajaran berlangsung. Apalagi saya menyediakan lembar kerja siswa yg sama dengan contoh di papan tulis. Guntingan kartu/flow chart nya nanti ditempelkan pada masing2 siswa pada LKS nya. Dengan demikian diharapkan siswa lebih mudah memahami materi dan.mengingat nya. Hasil kerja siswa yg sudah dikerjakan dan dinilai dikembalikan untuk ditempelkan di mading kelas. Siswa yg paling cepat menyelesaikan tempelan flow chart diberikan hadiah.

Pembelajaran menggunakan flow chart untuk materi pemerintahan menurut saya sangatlah cocok untuk siswa SD kelas 3 dibandingkan dengan metode ceramah, dikarenakan dengan adanya visualisasi membuat struktur pemerintahan itu menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. Selain itu materi pemerintahan untuk siswa SD kelas 3 belum mengenal secara konkret, jika disampaikan dengan metode ceramah akan menambah kebosanan bagi siswa dan akhirnya siswa tidak bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran dengan baik.

Sebaiknya sebagai kegiatan pembuka dapat diputarkan video singkat, sehingga siswa mempunyai gambaran tentang materi yang akan diajarkan.

Setelah itu baru masuk ke kegiatan inti yaitu pembelajaran menggunakan flow chart. Untuk aktivitas siswa, guru dapat meminta siswa untuk bermain peran, misal Seandainya saya seorang kepala desa, saya akan melakukan……

Dengan banyaknya aktivitas di dalam kegiatan belajar mengajar akan membuat siswa dapat memahami pelajaran dengan baik.

Nama : Safitri Ningsih
Nim : 836987991
Kelas : 8B

Setelah saya mengamati isi dalam vidio tersebut ,saya pernah mengalami kondisi di mana anak-anak kurang fokus dalam mendengarkan guru saat menyampaikan pembelajaran.

Dalam vidio tersebut pembelajaran yg lakukan sudah baik ,hanya saja yang perlu di perbaiki adalah guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran seperti membaca doa dan menjelaskan materi sehingga menimbulkan keributan di dalam kelas . Seharusnya guru bisa memberikan arahan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Saya setuju jika media flow chart digunakan dalam pembelajaran ips ini, karena siswa merespon dengan baik dan mulai aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut di bandingkan dengan metode ceramah.