1

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/anak-ngobrol-dikelas-saat-pbm

Sinopsis:

Program video berisi strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk pembelajaran Organel Sel.  Di awal, program menampilkan suasana kelas yang sedang melaksanakan ulangan menggunakan tes tertulis dan pelaksanaan ulangan dilakukan secara bersama-sama.  Cara ulangan tersebut bila tidak diawasi dengan benar akan memberi peluang  kepada siswa untuk melakukan kecurangan.   Solusi yang dilakukan adalah menggunakan cara alternatif tes tertulis : Moving Test.  Guru memberitahu adanya ulangan dan menjelaskan cara ulangannya agar siswa belajar dan mengenal cara tersebut sehingga hasil ulangan benar-benar menggambarkan kompetensi siswa.  Setiap butir soal ulangan dibuat dengan perkiraan waktu yang relatif sama untuk mengerjakannya.  Soal ditempatkan pada meja-meja yang diatur sedemikian rupa untuk memudahkan siswa mengerjakan soal dan bergerak pindah. Pada saat ujian, siswa berkonsentrasi mengerjakan setiap butir soal tes dan guru dapat mengawasi pelaksanaan ujian sambil memberi instruksi kepada siswa untuk terus bergerak dari meja ke meja lainnya sampai semua soal tes selesai dikerjakan siswa.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Edited question