35

Flip chart merupakan salah satu media sederhana yang dapat digunakan guru dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Berdasarkan video tersebut, diskusikanlah.
1. Pernahkah Saudara menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran? Jika sudah pernah, jelaskan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Saudara, jika belum pernah, media apa yang selama ini Saudara gunakan?
2. Kapan sebaiknya media flip chart digunakan? Dan bagaimana penggunaannya?
3. Apakah media flip chart masih sesuai untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran saat ini? Jelaskan!
4. Coba jelaskan media sederhana lain yang dapat digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA selain flip chart!

Answered question

Nama : Romaida L Situmeang
NIM : 855986225

1.Belum pernah. Saya biasa menggunakan media pembelajaran dari alam sekitar dan juga gambar-gambar yabg ada di buku ataupun media yang ada di KIT IPA
2. Sebaiknya digunakan ketika mengajarkan topik yang tidak ada di alam sekitar contohnya topik benda -benda langit
3. Kurang sesuai karena siswa lebih senang melihat media pembelajaran berupa video.
4. Karya wisata, video

Kelas saya pernah membuat flip chart dari lukisan anak -anak , yaitu tentang proses perkembang biakan tumbuhan. Dan salah satu kelompok memilih tumbuhan jagung. Jadi gambar 1. adalah biji jagung, gambar 2. adalah jagung yang baru tumbuh. gambar.3, adalah jagung muda, gambar.4 jagung yang mulai berbunga, gambar 5, jagung yang siap di panen untuk di konsumsi, gambar 6 adalah jagung yang dibiarkan tua untuk di panen buat pakan ternak atau untuk bibit..menurut saya flip chart bisa di gunakan kapan saja sesuai tema yang akan di ajarkan

saya pernah menggunakan flip chart kreatif yang di buat oleh anak-anak di kelas saya, yaitu tentang perkembangbiakan tumbuhan jagung jadi flipchart nya gambar mulai dari biji jagung – jagung yang telah tua yang di siapkan untuk bibit…..menurut pendapat saya media flip chart ini masih bisa digunakan saat ini, apalagi untuk daerah kami yang kadang susah listriknya dan jaringan internetnya…

Setelah saya mengamati video diatas, tampak guru telah menyajikan materi dengan baik namun guru kurang memanfaatkan media flip chart sebagai media pembelajaran dengan baik dan maksimal. Sehingga siswa nampak kurang aktif dan kurang mengerti dengan apa yang disampaikan oleh gurunya. Media pembelajaran harusnya dimanfaatkan untuk menarik minat siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

1. Pernahkah Saudara menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran?
– Belum pernah menggunakan Flip Chart, ketika mengajar saya menggunkan beberapa media lain, seperti proyektor, audio, flash card dan beberapa media lainnya.
2. Kapan sebaiknya media flip chart digunakan? saat proses pembelajaran. Dan bagaimana penggunaannya? tergantung pada metode yang digunakan guru, jika metode ceramah seperti dalam video yang sudah ditayangkan tadi, maka flip chart bisa langsung dibuka dan diterangkan.
3. Apakah media flip chart masih sesuai untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran saat ini? Sepertinya dalam keadaan tertentu masih bisa, namun kurang efektif karena jika kelasnya merupakan kelas besar(lebih 20 siswa), Meskipun sudah ada media proyektor tapi Flip Chart bisa dimanfaatkan untuk alternatif ketika ada gangguan teknis.
4. Coba jelaskan media sederhana lain yang dapat digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA selain flip chart! Selain Flip chart ada banyak media yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan alat peraga pada saat pembelajaran. sebagai contoh, akan membahas tentang sistem peredaran darah manusia, maka guru bisa membuatkan alat peraga dari botol bekas,sedotan plastik, papan, dan pewarna. kmudian dirangkai dan terbentuklah alat peraga sistem peredaran darah manusia sebagai media pembelajaran. *ini hanya salah satu media pembelajaran.