Flip chart merupakan salah satu media sederhana yang dapat digunakan guru dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Berdasarkan video tersebut, diskusikanlah.
1. Pernahkah Saudara menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran? Jika sudah pernah, jelaskan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Saudara, jika belum pernah, media apa yang selama ini Saudara gunakan?
2. Kapan sebaiknya media flip chart digunakan? Dan bagaimana penggunaannya?
3. Apakah media flip chart masih sesuai untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran saat ini? Jelaskan!
4. Coba jelaskan media sederhana lain yang dapat digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA selain flip chart!


Kelas saya pernah membuat flip chart dari lukisan anak -anak , yaitu tentang proses perkembang biakan tumbuhan. Dan salah satu kelompok memilih tumbuhan jagung. Jadi gambar 1. adalah biji jagung, gambar 2. adalah jagung yang baru tumbuh. gambar.3, adalah jagung muda, gambar.4 jagung yang mulai berbunga, gambar 5, jagung yang siap di panen untuk di konsumsi, gambar 6 adalah jagung yang dibiarkan tua untuk di panen buat pakan ternak atau untuk bibit..menurut saya flip chart bisa di gunakan kapan saja sesuai tema yang akan di ajarkan

saya pernah menggunakan flip chart kreatif yang di buat oleh anak-anak di kelas saya, yaitu tentang perkembangbiakan tumbuhan jagung jadi flipchart nya gambar mulai dari biji jagung – jagung yang telah tua yang di siapkan untuk bibit…..menurut pendapat saya media flip chart ini masih bisa digunakan saat ini, apalagi untuk daerah kami yang kadang susah listriknya dan jaringan internetnya…

Setelah saya mengamati video diatas, tampak guru telah menyajikan materi dengan baik namun guru kurang memanfaatkan media flip chart sebagai media pembelajaran dengan baik dan maksimal. Sehingga siswa nampak kurang aktif dan kurang mengerti dengan apa yang disampaikan oleh gurunya. Media pembelajaran harusnya dimanfaatkan untuk menarik minat siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

1. Pernahkah Saudara menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran?
– Belum pernah menggunakan Flip Chart, ketika mengajar saya menggunkan beberapa media lain, seperti proyektor, audio, flash card dan beberapa media lainnya.
2. Kapan sebaiknya media flip chart digunakan? saat proses pembelajaran. Dan bagaimana penggunaannya? tergantung pada metode yang digunakan guru, jika metode ceramah seperti dalam video yang sudah ditayangkan tadi, maka flip chart bisa langsung dibuka dan diterangkan.
3. Apakah media flip chart masih sesuai untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran saat ini? Sepertinya dalam keadaan tertentu masih bisa, namun kurang efektif karena jika kelasnya merupakan kelas besar(lebih 20 siswa), Meskipun sudah ada media proyektor tapi Flip Chart bisa dimanfaatkan untuk alternatif ketika ada gangguan teknis.
4. Coba jelaskan media sederhana lain yang dapat digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA selain flip chart! Selain Flip chart ada banyak media yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan alat peraga pada saat pembelajaran. sebagai contoh, akan membahas tentang sistem peredaran darah manusia, maka guru bisa membuatkan alat peraga dari botol bekas,sedotan plastik, papan, dan pewarna. kmudian dirangkai dan terbentuklah alat peraga sistem peredaran darah manusia sebagai media pembelajaran. *ini hanya salah satu media pembelajaran.
1. saya pernah menggunakan media flipchart ini dalam mata pelajaran IPS di kelas 4
2. saat yang baik menggunakan media flip char adalah saat pelajaran mencocokkan sehingga siswa bisa diajak bekerja sama
3. untuk saat ini media flip chat sudah kurang efektif karena anak marasa bosan dan jenuh harus di sandingkan dengan permainan atau lagu
4. media yang dapat kita gunakan adalah memanfaatkan video pembelajaran animasi yang ada di internet
Nama : Fitriani Indah Lestari
NIM : 856042013
- Saya belum pernah menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran. Media yang selama ini saya gunakan menggunakan media video.
- Sebaiknya media flip chart digunakan ketika siswa belum paham betul dengan pembelajaran.
- Media flip chart masih sesuai untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran saat ini. Karena Flip Chart sangat cocok untuk siswa dalam menyimpulkan pembelajaran dengan menemukan konsep-konsep materi yang penting.
- Media sederhana lain yang dapat digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA selain flip chart adalah Alat peraga. Karena dapat menarik minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran. Dari alat peraga siswa seperti melihat langsung bagaimana fungsi dari topic atau pembelajaran tersebut.
Nama : Burhanudin
NIM : 857731029
1. Pernahkan saudara menggunakan media flip chart dalam kegiatan pembelajaran?
Jawab: Belum pernah menggunakan media flip chart, pernah hanya menggunakan gambar yang dprint out.
2. Kapan sebaiknya media flip chart digunakan? dan bagaimana penggunaannya?
Jawab: Menurut saya baik digunakan pada saat materi IPA karena dengan menggunakan gambar siswa mempunyai gambaran nyata tentang suatu peristiwa alam yang terjadi.
3. Apakah media flip chart masih sesuai untuk digunakan dalam mengajarkan pembelajaran IPA saat ini? Jelaskan!
Jawab: Masih bisa digunakan apalagi kalau sekolahannya masih kurang sarana dan prasarana
4. Coba jelaskan media sederhana lain yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA selain flip chart?
Jawab: Selain media flip chart ada banyak media sederhana lain yang dapat digunakan, salah satunya ialah media alat peraga pada saat pembelajaran. Sebagai contoh akan membahas tentang perpindahan kalor, maka guru dapat membuat peraga dengan menggunakan lilin, korek api dan kawat. Lilin dinyalakan pakai korek api lalu ujung kawat ditempel kan diatas api dan ujung yang satunya dipegang lama kelamaan maka kawat yang dipegang yang tidak tekena api juga akan ikut panas karena kalor berpindah dari ujung yang dipanaskan ke ujung yang satunya yang tidak dipanaskan.
Nama : UWATUN HASANAH
NIM : 859152319
Setelah melihat tayangan video tersebut dapat disimpulkan:
Kelemahan guru:
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas
- Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya menyampaikan sekilas tentang materi dengan flip chart tersebut
- Guru tidak memberikan tugas atau Pr pada saat menutup pembelajaran
Kelebihan guru:
- Media yang digunakan sudah cukup memadai
- Penggunaan strategi juga sudah cukup baik
- Penggunaan metode pembelajarannya juga sudah cukup baik

Setelah melihat tayangan video tersebut dapat disimpulkan:
Kelemahan guru:
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas
2. Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya menyampaikan sekilas tentang materi dengan flip chart tersebut
3. Guru tidak memberikan tugas atau Pr pada saat menutup pembelajaran.
Kelebihan guru:
1. Media yang digunakan sudah cukup memadai
Penggunaan strategi juga sudah cukup baik.
2. Penggunaan metode pembelajarannya juga sudah cukup baik.
NAMA : SURYATI
NIM : 858880843
POKJAR : UMBULSARI
UPBJJ : JEMBER
- Belum pernah. Saya menggunakan media pembelajaran dari alam sekitar
- Sebaiknya menggunakan media sesuai dengan topik yang diajarkan
- Tidak sesuai karena ketika pembelajaran siswa lebih senang menggunakan media yang konkret yang bisa menarik minat siswa untuk belajar.

Pada video pembelajaran tersebut pada awal pembelajaran bu guru tidak menjelaskan pokok pokok materi yang di pelajari, tidak memberitahu halaman berapa yang dibuka
Ketika proses pembelanarannya pun penggunaan flip chartnya kurang jelas
Seharusnya mungkin lebih menarik lagi anak anak di ajak keluar kelas melihat disekitar peristiwa apa saja yang terjadi
Nama : Romaida L Situmeang
NIM : 855986225
1.Belum pernah. Saya biasa menggunakan media pembelajaran dari alam sekitar dan juga gambar-gambar yabg ada di buku ataupun media yang ada di KIT IPA
2. Sebaiknya digunakan ketika mengajarkan topik yang tidak ada di alam sekitar contohnya topik benda -benda langit
3. Kurang sesuai karena siswa lebih senang melihat media pembelajaran berupa video.
4. Karya wisata, video