2

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua, menceritakan strategi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep pembagian, yaitu dengan menggunakan gelas dan kelereng, sehingga siswa dapat mengamati langsung makna dari pembagian tersebut. Guru memberi penguatan ketika siswa memberi respons dengan baik terhadap apa yang dijelaskan.

Ditulis oleh: Idha Novianti 

Halo semunya…

setelah bapak/ibu menyaksikan video pembelajaran seri matematika tersebut, coba bapak/ibu uraikan bagaimna strategi bapak ibu dalam menanamkan konsep pembagian dalam pembelajaran di SD, kemudian coba bandingkan mana yang lebih baik bila dibandingkan dengan contoh yang ada di video tersebut.??

Posted new comment

Menurut saya cara penyampaian guru pada video tersebut mengenai pembelajaran konsep pembagian mudah dipahami siswa terlebih menggunakan media. Sehingga, siswa menjadi lebih mudah memahami konsep pembagian yang awalnya dianggap sulit.

metode yang digunakan sudah baik…. anak anak lebih mudah memahami pembagian

Menurut saya guru dalam penyampaian materi dengan menggunakan media kelereng sangat mudah dimengerti oleh siswa dan membuat siswa antusias semangat dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh gurunya sehingga pembelajaran berlangsung jadi lebih menarik perhatian siswa dengan menggunakan media ketimbang tanpa menggunakan media siswa .

Nama : Ayu Dyah Rusanti
NIM : 815754322

Menurut saya, Guru tersebut sudah menyampaikan materi pelajaran dengan bagus dan siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Dengan alat peraga gelas dan kelereng memudahkan anak memahami makna pembagian dengan lebih mudah. Guru juga bisa menggunakan alat peraga lain misalnya permen yang akan lebih menarik perhatian siswa. Konsep dari pembagian tersebut juga lebih mudah dipahami dengan makna bahwa Pembagian adalah pengurangan berulang.

Nama saya Karmila, kelas PGSD B

Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan guru tersebut telah melakukan pendahuluan dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari siswa. tapi, guru tidak membangkitkan rasa ingin tau siswa sehingga tidak tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Pada kegiatan pembelajaran sudah melakukan metode yang sesuai, Namaun kurang dalam melakukan latihan percobaan dan tidak membangkitkan rasa ingin tau siswa. Guru tidak bertanya atau memberikan kesempatan kepada siswa yang belum memahami pembelajaran, seolah-olah mengajar dengan beberapa siswa yang sudah mengerti materi saja sehingga, masih ada siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran dan bahkan membaringkan kepalanya di meja. Mungkin saja mereka tidak mengerti materi pembelajaran.