Sebelum memulai diskusi, silahkan simak video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/my-idols
Program video ini memperlihatkan pembelajaran keterampilan Bahasa Inggris dengan menggunakan realia berupa poster artis favorit siswa. Dengan menggunakan poster tersebut, guru mengajak siswa belajar tentang “describing peopleâ€. Guru bertanya ciri-ciri artis yang terdapat dalam poster baik ciri-ciri hidung, rambut, kacamata, warna baju, dsb. Pada akhir video guru memberikan meminta siswa menebak artis yang dideskripsikan oleh guru.
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Saya setuju dengan anda, bahwa kelemahan yang terdapat dalam video tersebut adalah bahwa pembelajaran berpusat pada guru dan bukan pada siswa. Seharusnya siswa dilibatkan untuk mengidentifikasi poster yang sudah dibagikan oleh guru tersebut.

Terlalu berpusat pada guru sehingga siswa terlihat pasif dannkaku

saya sependapat dengan teman teman diatas.
Menurut saya : Guru dan murid nya terlihat kaku karena sadar mau di shooting. Tapi pada prinsipnya Guru yang mengajar sudah sesuai menggunakan metode, cara, dan bisa menyesuaikan dengan kondisi masa perkembangan murid murid nya.

Saya setuju tentang pembahasannya dan kelemahan dalam pembelajaran di video itu yaitu guru lebih aktif dari pada murid…dan murid hanya mengikut i alur dan melengkapi perkataan yang dikatakan oleh guru didepam
1.Kelebihan guru pada video tersebut : a) Guru menyapa siswa sebelum pembelajaran dimulai, hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan siswa dalam belajar, b) Guru menggunakan media pembelajaran berupa poster sangat cocok digunakan serta pembelajaran lebih mudah dipahami siswa dimana siswa dengan mudah dalam belajar bahasa inggris dengan topik Describing People, c) Guru juga melakukan kegiatan apersepsi dengan bertanya kepada siswa tentang Idol David Beckam, d) Guru mampu menjelaskan materi pembelajaran dengan baik, serta menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang digunakan pada pembelajaran dikelas, d) pemberian quiz dengan mendeskripsikan ciri-ciri suatu tokoh, dapat merangsang daya pikir siswa. Kekurangan guru pada video tersebut : a) pemberian masing-masing poster kepada siswa, menurut saya tidak jelas tujuan guru membagikannya sebab tidak ada tugas terkait pembagian tersebut, namun tugas diberikan dengan pemberian quiz kepada siswa yang mencakup keseluruhan poster “Idol” yang kemudian ditempel dipapan tulis, b) pembelajaran kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, c) poster idol dengan tokoh artis bisa diganti dengan tokoh yang lain, sebab tayangan sinetron pada saat ini tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
2.Pernah, menggunakan poster dalam kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk memberikan gambaran secara nyata serta mempermudah guru terkait materi yang akan diajarkan kepada siswa. Misalnya poster tentang planet-planet
3.Perbaikan pembelajaran berdasarkan kelemahan pada video tersebut adalah : Pada kegiatan awal guru apabila guru membagikan poster kepada masing-masing kelompok belajar, maka guru dapat meminta siswa untuk menggambarkan ciri-ciri dari tokoh/idol tersebut, yang kemudian nanti pada kegiatan inti siswa diminta untuk mempresentasikan hsil diskusinya kemudian kelompok lain dapat menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan ciri-ciri yang disampaikan oleh siswa, begitu seterusnya sehingga pembelajaran tersebut akan lebih dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, guru tinggal memfasilitasi kegiatan belajar siswa saja. Kemudian untuk pemilihan tokoh/idol pada poster tersebut dapat digunakan tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia seperti Nabi Muhammad saw, Isaac Newton, Bill gates dan lain sebagainya.
4. Teori yang mendukung langkah-langkah perbaikan tersebut adalah sama seperi apa yang telah disampaikan oleh Zaini (2008) bahwa pembelajaran aktif merupakan pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar serta aktif. Ketika siswa belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini, siswa diajak untuk turut serta dalam smua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya siswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Selain itu juga Hamalik (1986) dalam Arsyad (2013: 19) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
5.Saya sependapat dengan apa yang dipaparkan oleh Abeski Yunitdi bahwa kegiatan pembelajaran berdasarkan video tersebut kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran, guru yang lebih mendominasi bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Selain itu juga saya juga sependapat dengan apa yang disampaikan oleh A Adlan Syarif dimana kelebihan guru tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat dengan menggunakan poster tokoh/idola pada pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.
Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.
Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
- setelah saya menyaksikan video My Idols
kekurangan : pembelajaran masih berfokus kepada guru dan guru memonopoli pembelajaran tanpa melibatkan siswa dalam mendeskripsikan seorang tokoh idola.
Kelebihan : sudah tepat dengan menggunakan media gambar dari tokoh-tokoh yang menjadi idola
2. saya pernah mengalami
3. perbaikannya : siswa dilibatkan dalam mendeskripsikan gambar, meminta siswa untuk mendeskripsikan idolanya dan menuliskannya di whiteboar dalam bahasa inggris
4. Menurut Oemar Hamalik (1986:43), Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran
Setelah saya menyimak video pembelajaran seri Bahasa Inggris yang berjudul “My Idols” ini adapun manfaat yang saya dapatkan yakni guru menggunakan media visual berupa foto/gambar tokoh yang familiar dan telah dikenal siswa sehingga siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran.
Namun kelemahannya, seperti yang telah disampaikan oleh rekan-rekan sebelumnya pembelajarannya masih berpusat pada guru, kemudian didalam mendeskripsikan tokoh idola tersebut siswa hanya melengkapi pertanyaan yang telah disediakan oleh guru.
Saran saya sebaiknya siswa dirangsang agar lebih aktif untuk mengeluarkan ide/tanggapannya. Sekian dan terima kasih.
- Setelah menonton video tersebut kelebihan dari video tersebut sudah baik, guru sudah menggunakan media pembelajaran yang tepat. kekurangan dari video tersebut adalah guru lebih banyak menerangkan dan siswa kurang aktif dan kurang dilibatkan dalam pembelajaran tersebut.
- Saya pernah mengalami hal seperti itu.
- Siswa dibentuk kelompok kemudian mendiskusikan apa saja yang diketahui dari gambar tersebut kemudian perwakilan kelompok maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusinya itu. sehingga siswa aktif dalam pemebelajaran.
- Zaini (2008) menjelaskan bahwa model pembelajaran Jigsaw
merupakan strategi yang menarik untuk digunakan jika materi yang akan
dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi tersebut tidak
mengharuskan urutan penyampaian. Kelebihan strategi ini adalah dapat
melibatkan seluruh peserta didik dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada
orang lain.
Sudrajat (2008) menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa
anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian
materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam
kelompoknya
NAMA : SRI SUPARTI
NIM : 042519429
FKIP : Bahasa Inggris
1. a. Kelebihan pembelajaran oleh guru yang terdapat pada video tersebut yaitu
– Siswa lebih bersemangat dan bergairah dalam pembelajaran tersebut, karena guru menggunakan media visual (gambar/poster) dalam pembelajaran.
-bertambahnya kosakata siswa dalam bahasa Inggris
-siswa lebih fokus pada topik pembelajaran.
b. Kelemahan pembelajaran guru pada video tersebut yaitu
-pada video tersebut, guru as center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang sudah ditempelkan di papan tulis, padahal dalam pembelajaran seharusnya murid yang menjadi center ( pusat) / student center.
-Siswa cenderung pasif, karena siswa hanya Melengkapi pernyataan guru saja ketika mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang ditunjuk guru di papan tulis .
2. Pernahkah Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda?
Jawaban : pengalaman saya khususnya dalam mengajar mata pelajaran bahasa Inggris belum ada, meskipun sebenarnya saya lulusan sastra Inggris sebelumnya. Di institusi ( sekolah) tempat saya mengajar, saya ditugaskan mengajar mapel bahasa Indonesia. Dan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, saya juga pernah melakukan metode pembelajaran dengan media visual (gambar) untuk menjelaskan topik materi tentang biografi tokoh terkenal. Pada gambar yang saya tunjukkan ke siswa, siswa saya meminta menebak langsung siapa tokoh-tokoh terkenal tersebut. Dan setelah itu, siswa memilih salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi untuk ditulis biografinya.
3. Kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru as center, bukan student center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang di tunjuk di papan tulis.
Adapun langkah-langkah perbaikan untuk permasalahan di atas yaitu
– sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai,guru harus mengucapkan salam, mengabsen siswa , mengulas sedikit materi pertemuan lalu. Dan selanjutnya, guru melakukan brainstorming berkenaan dengan topik yang akan dibahas mengenai tokoh-tokoh terkenal yang ada di Indonesia dan dunia pada pelajaran hari ini.
– ketika pembelajaran tersebut mengenai describing people, guru sebaiknya hanya menunjukkan kepada siswa poster /gambar tokoh-tokoh terkenal tersebut. Lalu siswa diminta untuk mengidentifikasi siapa tokoh terkenal tersebut. Kemudian siswa diminta untuk mengumpulkan data-data (pengetahuan) berkaitan dengan salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi tersebut berkenaan dengan karakteristik ( ciri-ciri) dari tokoh tersebut. Lalu siswa menuliskan hasil pemahaman dan pengetahuannya mengenai tokoh tersebut dalam bentuk tulisan( keterampilan) . Lalu, hasil siswa dalam bentuk tulisan atau portofolio, dikumpulkan ke guru untuk mendapatkan penilaian.
4. Tuliskan pendapat pakar mengenai langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawaban :
Muller (Nurdiantoro, 2011:23) , penilaian otentik merupakan suatu bentuk tugas yang menghendaki pembelajaran untuk menunjukkan kinerja di dunia nyata secara bermakna yang merupakan penerapan esensi pengetahuan dan keterampilan.
-Hanafiah dan Suhana (2010:70) penggunaan penilaian autentik yaitu menantang peserta didik agar dapat mengaplikasikan berbagai informasi akademis dan keterampilannya ke dalam situasi kontekstual secara signifikan.
5. -Dalam pembelajaran , guru harus memilih metode yang menarik untuk membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran yang akan kita ajarkan
-Guru harus lebih interaktif kepada siswa, dan memberikan keleluasaan dan kebebasan siswa dalam mengekspresikan kemampuannya dalam belajar berbicara bahasa Inggris