1

Sebelum memulai diskusi, silahkan simak video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/my-idols

Program video ini memperlihatkan pembelajaran keterampilan Bahasa Inggris dengan menggunakan realia berupa poster artis favorit siswa. Dengan menggunakan poster tersebut, guru mengajak siswa belajar tentang “describing people”. Guru bertanya ciri-ciri artis yang terdapat dalam poster baik ciri-ciri hidung, rambut, kacamata, warna baju, dsb. Pada akhir video guru memberikan meminta siswa menebak artis yang dideskripsikan oleh guru.

Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

NAMA : SRI SUPARTI
NIM : 042519429
FKIP : Bahasa Inggris

1. a. Kelebihan pembelajaran oleh guru yang terdapat pada video tersebut yaitu
– Siswa lebih bersemangat dan bergairah dalam pembelajaran tersebut, karena guru menggunakan media visual (gambar/poster) dalam pembelajaran.
-bertambahnya kosakata siswa dalam bahasa Inggris
-siswa lebih fokus pada topik pembelajaran.

b. Kelemahan pembelajaran guru pada video tersebut yaitu
-pada video tersebut, guru as center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang sudah ditempelkan di papan tulis, padahal dalam pembelajaran seharusnya murid yang menjadi center ( pusat) / student center.
-Siswa cenderung pasif, karena siswa hanya Melengkapi pernyataan guru saja ketika mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang ditunjuk guru di papan tulis .

2. Pernahkah Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda?
Jawaban : pengalaman saya khususnya dalam mengajar mata pelajaran bahasa Inggris belum ada, meskipun sebenarnya saya lulusan sastra Inggris sebelumnya. Di institusi ( sekolah) tempat saya mengajar, saya ditugaskan mengajar mapel bahasa Indonesia. Dan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, saya juga pernah melakukan metode pembelajaran dengan media visual (gambar) untuk menjelaskan topik materi tentang biografi tokoh terkenal. Pada gambar yang saya tunjukkan ke siswa, siswa saya meminta menebak langsung siapa tokoh-tokoh terkenal tersebut. Dan setelah itu, siswa memilih salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi untuk ditulis biografinya.

3. Kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru as center, bukan student center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang di tunjuk di papan tulis.

Adapun langkah-langkah perbaikan untuk permasalahan di atas yaitu
– sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai,guru harus mengucapkan salam, mengabsen siswa , mengulas sedikit materi pertemuan lalu. Dan selanjutnya, guru melakukan brainstorming berkenaan dengan topik yang akan dibahas mengenai tokoh-tokoh terkenal yang ada di Indonesia dan dunia pada pelajaran hari ini.
– ketika pembelajaran tersebut mengenai describing people, guru sebaiknya hanya menunjukkan kepada siswa poster /gambar tokoh-tokoh terkenal tersebut. Lalu siswa diminta untuk mengidentifikasi siapa tokoh terkenal tersebut. Kemudian siswa diminta untuk mengumpulkan data-data (pengetahuan) berkaitan dengan salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi tersebut berkenaan dengan karakteristik ( ciri-ciri) dari tokoh tersebut. Lalu siswa menuliskan hasil pemahaman dan pengetahuannya mengenai tokoh tersebut dalam bentuk tulisan( keterampilan) . Lalu, hasil siswa dalam bentuk tulisan atau portofolio, dikumpulkan ke guru untuk mendapatkan penilaian.

4. Tuliskan pendapat pakar mengenai langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawaban :
Muller (Nurdiantoro, 2011:23) , penilaian otentik merupakan suatu bentuk tugas yang menghendaki pembelajaran untuk menunjukkan kinerja di dunia nyata secara bermakna yang merupakan penerapan esensi pengetahuan dan keterampilan.

-Hanafiah dan Suhana (2010:70) penggunaan penilaian autentik yaitu menantang peserta didik agar dapat mengaplikasikan berbagai informasi akademis dan keterampilannya ke dalam situasi kontekstual secara signifikan.

5. -Dalam pembelajaran , guru harus memilih metode yang menarik untuk membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran yang akan kita ajarkan
-Guru harus lebih interaktif kepada siswa, dan memberikan keleluasaan dan kebebasan siswa dalam mengekspresikan kemampuannya dalam belajar berbicara bahasa Inggris

Saya setuju dengan anda, bahwa kelemahan yang terdapat dalam video tersebut adalah bahwa pembelajaran berpusat pada guru dan bukan pada siswa. Seharusnya siswa dilibatkan untuk mengidentifikasi poster yang sudah dibagikan oleh guru tersebut.

Terlalu berpusat pada guru sehingga siswa terlihat pasif dannkaku

saya sependapat dengan teman teman diatas.
Menurut saya : Guru dan murid nya terlihat kaku karena sadar mau di shooting. Tapi pada prinsipnya Guru yang mengajar sudah sesuai menggunakan metode, cara, dan bisa menyesuaikan dengan kondisi masa perkembangan murid murid nya.

Saya setuju tentang pembahasannya dan kelemahan dalam pembelajaran di video itu yaitu guru lebih aktif dari pada murid…dan murid hanya mengikut i alur dan melengkapi perkataan yang dikatakan oleh guru didepam