Sebelum memulai diskusi, silahkan simak video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/my-idols
Program video ini memperlihatkan pembelajaran keterampilan Bahasa Inggris dengan menggunakan realia berupa poster artis favorit siswa. Dengan menggunakan poster tersebut, guru mengajak siswa belajar tentang “describing peopleâ€. Guru bertanya ciri-ciri artis yang terdapat dalam poster baik ciri-ciri hidung, rambut, kacamata, warna baju, dsb. Pada akhir video guru memberikan meminta siswa menebak artis yang dideskripsikan oleh guru.
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Saya setuju dengan anda, bahwa kelemahan yang terdapat dalam video tersebut adalah bahwa pembelajaran berpusat pada guru dan bukan pada siswa. Seharusnya siswa dilibatkan untuk mengidentifikasi poster yang sudah dibagikan oleh guru tersebut.

Terlalu berpusat pada guru sehingga siswa terlihat pasif dannkaku

saya sependapat dengan teman teman diatas.
Menurut saya : Guru dan murid nya terlihat kaku karena sadar mau di shooting. Tapi pada prinsipnya Guru yang mengajar sudah sesuai menggunakan metode, cara, dan bisa menyesuaikan dengan kondisi masa perkembangan murid murid nya.

Saya setuju tentang pembahasannya dan kelemahan dalam pembelajaran di video itu yaitu guru lebih aktif dari pada murid…dan murid hanya mengikut i alur dan melengkapi perkataan yang dikatakan oleh guru didepam
Saya setuju dengan banyaknya pendapat dar teman-teman yang lain, karena seharusnya sebagai guru kita bisa memberikan ruangdi kelas agar siswa aktif, jadi tidak melulu guru yang aktif.
Tayangan video sudah sesuai dengan Describing People . Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.
Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif dan guru kurang memotivasi siswa untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.
Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
Nama : Riana Togatorop
Nim : 030859798
1. Yang menjadi kelebihan guru yang terdapat pada video tersebut yaitu
Siswa lebih kelihatan antusias,bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran tersebut,karena guru menggunakan media visual (gambar/poster), dengan menggunakan pronountiation yang jelas dalam pembelajaran, sehingga peserta didik lebih fokus untuk belajar serta bisa menambahkan vocabulary peserta didik.
Yang menjadi kelemahan guru pada pembelajaran video tersebut yaitu
Siswa lebih cenderung pasif , karena siswa hanya melengkapi pernyataan guru saja ketika mendeskripsikan poster dari artist terkenal yang ditunjuk guru di papan tulis . seharusnya yang menjadi pay attention adalah siswa untuk mendeskripsikan poster artist terkenal yang yang sudah di temple di papan tulis.
2. Pernahkah Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda?
Jawaban : pernah
pengalaman saya sewaktu mengajarkan materi nama- nama buah dalam bahasa inggris. saya membagi kertas origami yang dibelakangnya ada tulisan 1 nama buah. yang mana anak –anak terdiri dari 20 orang Saya menempelnya di belakang kertas origami yang sudah saya tuliskan nama buah, setelah itu saya menyuruh satu orang dari setiap anggota kelompok untuk mengambil salah satu kertas, setelah itu mereka berdiskusi , lalu saya panggil salah 1 dari setiap anggota kelompok saya panggil maju ke depan untuk menyebutkan cirri- buah tersebut dalam bahasa inggris.
3. Kelemahan yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu tenaga pendidik sebagai sebagai pusat perhatian , alangkah baiknya anak- anak yang seharusnya untuk mendeskripsikan poster artis-artis terkenal yang sudah di temple di papan tulis.
langkah-langkah perbaikan untuk permasalahan di atas yaitu
– Sebelum pembelajaran dimulai, guru harus mengucapkan salam/greeting, take the attendance list of the , mengulas sedikit materi pertemuan lalu. Dan selanjutnya, guru melakukan brainstorming berkenaan dengan topik yang akan dibahas mengenai tokoh-tokoh terkenal yang ada di Indonesia dan dunia pada pelajaran hari ini.
– ketika pembelajaran tersebut mengenai describing people, guru sebaiknya hanya menunjukkan kepada siswa poster /gambar tokoh-tokoh terkenal tersebut. Lalu siswa diminta untuk mengidentifikasi siapa tokoh terkenal tersebut. Kemudian siswa diminta untuk mengumpulkan data-data science berkaitan dengan salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi tersebut berkenaan dengan karakteristik ( ciri-ciri) dari tokoh tersebut. Lalu siswa menuliskan hasil pemahaman dan pengetahuannya mengenai tokoh tersebut dalam bentuk tulisan( skill) . Lalu, hasil siswa dalam bentuk tulisan atau portofolio, dikumpulkan ke guru untuk mendapatkan penilaian.
4. 2 pendapat pakar mengenai langkah-langkah perbaikan tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Hanafiah dan Suhana (2010:70) penggunaan penilaian autentik yaitu menantang peserta didik agar dapat mengaplikasikan berbagai informasi akademis dan keterampilannya ke dalam situasi kontekstual secara signifikan.
2. Muller (Nurdiantoro, 2011:23) , penilaian otentik merupakan suatu bentuk tugas yang menghendaki pembelajaran untuk menunjukkan kinerja di dunia nyata secara bermakna yang merupakan penerapan esensi pengetahuan dan keterampilan.
5. Minimal 2 tanggapan pada forum diskusi materi ini yaitu:
Sebagai seorang tenaga edukatif seharusnya lebih interaktif dalam memberikan kebebasan dan keleluasaan untuk mengekspresikan kemampuan mereka speaking english.
Dalam pembelajaran , guru seharusnya memilih metode yang cocok,menarik untuk membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran yang akan kita ajarkan.

Setuju yang disampaikan oleh ibu Riana. Memanfaatkan poster atau gambar sebagai sarana pembelajaran akan lebih mendorong dan menarik minat siswa, daripada nama tokoh ditulis di papan tulis atau di kertas. Poster yang ditampilkan tentu menarik minat siswa karena yang ditampilkan nyata dalam bentuk gambar. Di tambah guru memilih sosok yang memang terkenal dengan berbagai profesi dan siswa juga mengenal sosok tersebut. Untuk kelemahan, perlu ditingkatkan interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Lebih memberikan ruang yang lebih kepada siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Tinggal guru melakukan koreksi dan memperbaiki kekurangan dari jawaban siswa tersebut.
Video yang ditayangkan sudah baik, dengan media gambar idola guru dapat mengkondisikan agar siswa ikut terlibat dalam pembelajaran. Tetapi dari gambar yang dibawa guru sebaiknya dapat diganti dengan tokoh idola seperti tokoh penemu bukan artis di Televisi. Sebelum pembelajaran, sebaiknya guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang yang akan dipelajari. Sedangkan dalam pembelajaran inti, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk itu sebaiknya guru dapat menayangkan video tentang tokoh idola kemudian guru dapat menggunakan metode kerja kelompok yang dapat lebih mengaktifkan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Siswa dapat diberi tugas kelompok untuk mendiskripsikan tokoh idola yang berbeda yang diberikan oleh guru kemudian mempresentasikan hasil kerja kelompok. Sehingga siswa dapat lebih banyak berpikir untuk menggunakan kosakatanya sendiri dalam mendiskripsikan tokoh idolanya. Selain itu, siswa dapat belajar menghargai pendapat teman dalam kelompoknya. Kemudian di akhir pembelajaran guru dan siswa secara bersama-sama dapat menarik kesimpulan mengenai tokoh idolanya.

Saya setuju dengan anda bahwa video pembelajaran tersebut sudah Bagus tapi alangkah lebih bagus lagi jika melibatkan tokoh seperti pahlawan supaya peserta didik lebih berjiwa nasionalisme
1. a. Kelebihan : siswa lebih fokus dan tertarik pada topik pembelajaran
b. Kelemahan : siswa cenderung pasif karena pembelajaran hanya berpusat pada guru.
2. Saya pernah menggunakan metode pembelajaran media visual (gambar) saat pelajaran Bahasa Indonesia yaitu membuat karangan berdasarkan gambar seri.
3. Kelemahan dalam pembelajaran ini adalah tidak adanya interaksi aktif antara guru dan siswa, yang aktif hanya gurunya saja.
Langkah perbaikan :
Guru sebaiknya hanya menunjukkan gambar poster tokoh dan siswa mengidentifikasi dengan diskusi dan mengumpulkan data mengenai tokoh.
4. a. Penilaian adalah upaya sistematik dan sistemik yang dilakukan melalui pengumpulan data atau informasi yang valid dan reliabel dan selanjutnya data/informasi tersebut diolah sebagai upaya melakukan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan suatu program pendidikan (Sani, 2016 : 15)
b. Menurut Irwanto dan Suryana (2015 : 443), penilaian merupakan langkah lanjutan dari pengukuran, informasi yang didapat dari pengukuran selanjutnya ditelaah.
5. Dalam pembelajaran, guru seharusnya menciptakan keaktifan siswa agar tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Setuju yang disampaikan saudari Ulfa, bahwa siswa lebih fokus dan tertarik kepada materi pembelajaran dengan menggunakan poster atau gambar idola atau sosok yang dikenali banyak orang. Hanya saja, siswa pasif karena pusatnya ada di guru. Sebaiknya ada interaksi lebih lanjut antara siswa dan guru ketika proses pemasangan poster di papan tulis dan ketika semua poster terpasang di papan tulis.
NAMA : SRI SUPARTI
NIM : 042519429
FKIP : Bahasa Inggris
1. a. Kelebihan pembelajaran oleh guru yang terdapat pada video tersebut yaitu
– Siswa lebih bersemangat dan bergairah dalam pembelajaran tersebut, karena guru menggunakan media visual (gambar/poster) dalam pembelajaran.
-bertambahnya kosakata siswa dalam bahasa Inggris
-siswa lebih fokus pada topik pembelajaran.
b. Kelemahan pembelajaran guru pada video tersebut yaitu
-pada video tersebut, guru as center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang sudah ditempelkan di papan tulis, padahal dalam pembelajaran seharusnya murid yang menjadi center ( pusat) / student center.
-Siswa cenderung pasif, karena siswa hanya Melengkapi pernyataan guru saja ketika mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang ditunjuk guru di papan tulis .
2. Pernahkah Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda?
Jawaban : pengalaman saya khususnya dalam mengajar mata pelajaran bahasa Inggris belum ada, meskipun sebenarnya saya lulusan sastra Inggris sebelumnya. Di institusi ( sekolah) tempat saya mengajar, saya ditugaskan mengajar mapel bahasa Indonesia. Dan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, saya juga pernah melakukan metode pembelajaran dengan media visual (gambar) untuk menjelaskan topik materi tentang biografi tokoh terkenal. Pada gambar yang saya tunjukkan ke siswa, siswa saya meminta menebak langsung siapa tokoh-tokoh terkenal tersebut. Dan setelah itu, siswa memilih salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi untuk ditulis biografinya.
3. Kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru as center, bukan student center di dalam mendeskripsikan tokoh-tokoh terkenal yang di tunjuk di papan tulis.
Adapun langkah-langkah perbaikan untuk permasalahan di atas yaitu
– sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai,guru harus mengucapkan salam, mengabsen siswa , mengulas sedikit materi pertemuan lalu. Dan selanjutnya, guru melakukan brainstorming berkenaan dengan topik yang akan dibahas mengenai tokoh-tokoh terkenal yang ada di Indonesia dan dunia pada pelajaran hari ini.
– ketika pembelajaran tersebut mengenai describing people, guru sebaiknya hanya menunjukkan kepada siswa poster /gambar tokoh-tokoh terkenal tersebut. Lalu siswa diminta untuk mengidentifikasi siapa tokoh terkenal tersebut. Kemudian siswa diminta untuk mengumpulkan data-data (pengetahuan) berkaitan dengan salah satu tokoh terkenal yang mereka kagumi tersebut berkenaan dengan karakteristik ( ciri-ciri) dari tokoh tersebut. Lalu siswa menuliskan hasil pemahaman dan pengetahuannya mengenai tokoh tersebut dalam bentuk tulisan( keterampilan) . Lalu, hasil siswa dalam bentuk tulisan atau portofolio, dikumpulkan ke guru untuk mendapatkan penilaian.
4. Tuliskan pendapat pakar mengenai langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawaban :
Muller (Nurdiantoro, 2011:23) , penilaian otentik merupakan suatu bentuk tugas yang menghendaki pembelajaran untuk menunjukkan kinerja di dunia nyata secara bermakna yang merupakan penerapan esensi pengetahuan dan keterampilan.
-Hanafiah dan Suhana (2010:70) penggunaan penilaian autentik yaitu menantang peserta didik agar dapat mengaplikasikan berbagai informasi akademis dan keterampilannya ke dalam situasi kontekstual secara signifikan.
5. -Dalam pembelajaran , guru harus memilih metode yang menarik untuk membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran yang akan kita ajarkan
-Guru harus lebih interaktif kepada siswa, dan memberikan keleluasaan dan kebebasan siswa dalam mengekspresikan kemampuannya dalam belajar berbicara bahasa Inggris