2
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

NAMA : TUTI LESTARI
NIM : 041136413

HASIL ANALISIS
1. Kelebihan dan kekurangan guru yang terdapat dalam video
• Kelebihan :
o Guru tersebut memberikan ruang untuk siswa berkreasi dalam bentuk tulisan / writing, sehingga siswa perlahan memahami bagaimana menulis dalam bahasa inggris.
o Guru tersebut mempersilahkan siswa membaca dan menulikan hasil tulisan nya di depan kelas, setelah itu guru memperbaiki common mistake yang terdapat di dalam penulian tersebut, yang mana menurut saya itu adalah cara yang baik untuk mengkritik kesalahan siswa nya, sehingga siswa merasa lebih termotivasi.
o Guru memberikan contoh dalam bentuk video yang mana itu cara yang ampuh untuk menarik minat siswa dengan menggunakan media visual seperti itu. Setelah itu guru bertanya mengenai isi video tersebut dan banyak siswa yang mengerti serta ingin menanggapi
o Guru membrikan guideline penulisan yang benar , sehingga siswa dapat menulis dengan baik dan benar.
• Kekurangan :
o Menurut saya kelas nya terlalu monoton, sehingga siswa yang pendiam menjadi kurang berpartisipasi.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya pernah, saat itu saya memberikan siswa tugasuntuk menuliskan my dream room, dimana harus menulikan ruangan kamar impian mereka, sebanyak 1-3 paragraf saja. Setelah itu saya menyuruh mereka membacakan di depan kesal setelah itu mememinta iswa lain untuk bertanya menggunakan bahasa inggris.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Sesauai dengan kekurangan yang saya temukan di dalam video tersebut, yaitu kelas yang sangat monoton, saya akan mengubah sistem pengajaran kelas tersebut. Saya akan mebuat mereka berada di dalam grup, atau membentuk mereka ke dalam grup yang terdiri dari 3 orang, setelah itu saya akan membiarkan mereka berdiskusi Tanya jawab mengenai permasalahan tersebut kurang lebih selama 5 menit serta menuliskan pendapat teman mereka ke dalam sebuah kertas. Setelah itu saya akan bertanya satu-satu kepada siswa apa yang telah mereka tulis. Maka dengan demikian seluruh siswa yang ada di kela dapat berperan aktif.

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk dapat mengetahui kemampuan siswa dalam memproduksi teks ulasan drama. Metode yang digunakan dalam memproduksi teks ulasan drama adalah estafet writing . Mulyasa (2013:174)
• Terdapat empat keterampilan dasar berbahasa, yaitu keterampilan mendengarkan (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), dan keterampilan menulis (writing skills). Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut masing-masing memiliki hubungan yang erat dengan cara yang beraneka ragam. Dalam memperoleh keterampilan berbahasa, biasanya kita melalui suatu hubungan yang beratur :mula mula pada masa kecil kita belajar menyimak bahasa kemudian berbicara, sesudah itu belajar membaca dan menulis (Henry Guntur Tarigan, 1986: 1).
Menulis merupakan suatu keterampilana berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu keterampilan yang produktif dan efektif.
Menurut pendapat (Morsey dalam Henry Guntur Tarigan, 1986: 4) mengemukakan bahwa :
“Menulis dipergunakan oleh orang terpelajar untuk mencatat/ merekam, meyakinkan, melaporkan/memberitahukan, dan mempengaruh, dan maksud serta tujuan seperti itu hanya dapat dicapai dengan mengutarakan dengan jelas, kejelasan ini tergantung pada pikiran, organisasi, pemakaian kata-kata, dan struktur kalimat”.

5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
( Belum ada yang berkomentar di dalam forum diskusi )

ass. Ibu tuti kira – kira masalah apa yang sangat sering terjadi ketika kita meminta para siswa membuat sebuah cerita atau karangan tentang idolanya dalam menggunakan bahasa inggris ?? selamat berdiskusi bu

Nama : Sumiati
NIM : 030094473
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut.
a. Guru pada awal pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik merasa sulit untuk memahami apa yang disampaikan
b. Suasana dalam kelas lebih cenderung tidak menarik sehingga siswa kurang aktif

2. Pernahkan anda mengalami peristiwa semacam itu? Tuliskan pengalaman anda
Saya pernah mengalami hal tersebut saat pembelajaran yang sedang berlangsung terkesan membosankan, sehingga siswa hanya menerima materi dan hanya beberapa siswa yang menjawab pertanyaan yang saya berikan.

3. Apabila anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang anda temukan pada video tersebut. Silahkan tulis langkah-langkahnya dengan jelas
Kelemahan dalam video tersebut kurangnya media pembelajaran yang menarik siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya perbaikan dalam metode penyampaian materi yang diberikan.misalnya setting pembelajaran listening dikelas yang dapat dipadukan dengan kegiatan speaking secara bebas, langkah-langkahnya sebagai berikut :
Pre listening, guru menunjukkan gambar/video yang sesuai dengan materi, guru memberikan pertanyaan.
Listening : siswa mendengarkan pertama untuk mendapatkan gambaran umum isi teks. Secara bergiliran siswa diminta membaca keras jawabannya diikuti dengan pembahasan bersama apakah jawaban itu benar atau salah
Post listening : percakapan berpasangan. Tiap pasangan siswa diminta mengadakan percakapan tentang materi yang dibahas, kelas dibagi menjadi empat kelompok.tiap kelompok memberikan argumentasi tentang materi yang sedang dibahas
Atau untuk meningkatkan menggunakan tata bahasa dan penulisan yang baik bagi siswa dapat pula dengan pemberian tugas dimana siswa mengumpulkan lagu bahasa inggris, kemudian menyanyikan secara kelompok atau individu dan guru memandu aktivitas kelas misalnya berbicara yang ada kaitannya dengan lagu tersebut, atau dengan mengalihkan bahasa. Lagu-lagu berbahasa Indonesia diubah kedalam bahasa inggris.dengan begitu kelas tidak terasa membosankan dan lebih menyenangkan

3. Tuliskan teori atau pendapat pakar (min 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
5. A Fid Burhanuddin (2014) Johnson (2002 : 43)
Berikan tanggapan (min 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

Apa yang dimaksud prelistening dan postlistening?

Pre listening berupa kegiatan sebelum mendengarkan misalnya guru memberikan contoh atau gambar dari sebuah hobi sang guru. Kemudian guru bisa menanyakan kepada siswa tentang apa yang barusan guru sampaikan.
Post listening, adalah kegiatan setelah mendengarkan. Jadi kegiatan ini bisa berupa dialog atau presentasi sesuai apa yang telah ditampilkan.