8

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Ditulis oleh: Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Answered question

Nama : ICHSYAN
Nim : 838324391
SEMESTER 8 FKIP PGSD

Menurut saya, dalam membaca dongeng, intonasi suara dan gerak tubuh sangat berpengaruh dalam pemahaman siswa menyimak isi dongeng yang di ceritakan seorang guru. Misalnya dongeng yang diceritakan bertema hewan, suara dan gerakan tangan dapat di ikutkan dalam cerita tersebut. Serta penyampaian kata yang jelas dan tidak terburu- buru.

penekanan intonasi sudah baik. tetapi menurut saya penjabarannya kurang. karena dalam materi mendongeng ada beberapa siswa yang mungkin kurang mengerti karakter atau tokoh, apa siapa dan seperti apa karakter tersebut tercipta. dan pengalaman saya siswa lebih cepat paham jika dijelaskan atau diceritakan (dijabarkan) istilah lain atau bahasa sehari-hari dalam penyampaian isi cerita.

Kelebihan mampu menggambarkan peristiwa peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat, dapat diulang ulang bila perlu untuk menambah kejelasan, pesan d sampaikan cepat dan mudah.
Sedangkan kelemahan sebagaimana media audio visual yang lain video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut.

Menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik. Dalam pembelajaran menyimak dongeng sasaran guru adalah keterampilan menyimak dan membaca. Guru harus menguasai dongeng yang hendak diajarkan terlebih dahulu, menguasai tokoh dan karakternya, sehingga dalam penyampaian ketika pembelajaran membaca dongeng intonasi suara dan gerak tubuh guru sesuai dengan tokoh yang ada dalam dongeng tersebut. Penggunaan alat peraga disini juga penting menurut saya, misal dongeng tentang hewan kita mencari gambar hewan dan menggunakannya sebagai alat peraga sehingga siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran.
Selanjutnya guru memberikan pertanyaan 5W+1H yang berkaitan dengan dongeng tersebut, sehingga siswa lebih memahami dongeng tersebut, dan siswa bisa menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri yang sederhana.
Dalam video juga guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bergantian membaca dongeng, dan siswa lain menyimak menurut saya sangat bagus untuk anak kelas 1SD karena anak bisa sambil belajar membaca dan menyimak dongeng. Jadi tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Nama : Evy Wijayanti
NIM : 858652614
Pokjar : Magetan
Setelah melihat tayangan video yang berjudul “Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas 1 SD”, menurut saya :
Proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah baik. Dalam pembelajaran menyimak dongeng sasaran guru adalah keterampilan menyimak dan membaca. Guru harus menguasai dongeng yang mau diceritakan, menguasai tokoh dan karakter, sehingga dalam penyampaian cerita guru sudah memahami isi cerita maka dalam penyampaian pembelajaran membaca dongeng intonasi suara dan gerak tubuh sesuai dengan tokoh yang ada dalam cerita. Disini guru bisa menggunakan alat peraga seperti boneka tangan tau kalau dongeng tersebut bercerita tentang hewan guru bisa menggunakan mainan hewan yang sesuai dengan cerita tersebut. Dengan alat peraga yang digunakan dapat menarik perhatian siswa untuk menyimak dongeng yang dibacakan oleh guru.