

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
Nama : Agustina
Nim : 825966887
” Menyimpulkan isi cerita Anak”
Menurut saya video pembelajaran yang disampaikan sudah baik, hanya saja guru tidak menyampaikan kegiatan awal pembelajaran, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dan guru tidak memberi penguatan berupa motivasi belajar pada awal pembelajaran. Saat pembelajaran dimulai guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentamg cara menyimpulkan isi cerita anak sehingga waktu guru bertanya siswa menjawab tidak tahu. Dan diskusi emang lebih efektif namun memiliki kelemahan perlu waktu yang lama dan siswa jadi kurang berani mengambil keputusan sendiri.
senang melihat anak-anak sangat antusias dalam membuat kelompok, dengan metode diskusi ini sangat membantu anak untuk bertukar fikiran sesama teman kelompoknya, tidak semua anak faham dengan materi yang di sampaikan oleh guru dengan adanya kerja kelompok mereka bisa saling berdiskusi bersama mengenai materi yang telah guru sampaikan .
Nama : WAYAN ARWINA
NIM : 856942037
Semester : 6/ 2022.1
Jurusan : PGSD-S1
Pokjar : Sekampung
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul Video : Menyimpulkan Isi Cerita Anak (2013)
- Hal unik : Dalam pembelajaran di kelas, tentunya setiap kelompok yang dibuat oleh masing-masing siswa memiliki pendapat dan kesimpulan yang berbeda-beda. Hal ini baik, guna meningkatkan ilmu siswa, serta memberikan perspektif baru kepada siswa yang berasal dari pendapat yang disampaikan siswa yang lainnya.
- Kekurangan :
- Guru tidak memantau/mengecek kesiapan belajar siswa.
- Guru tidak memberikan apresiasi dan motivasi sebelum memulai pembelajaran pada kegiatan pendahuluan.
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dengan benar.
- Guru tidak membimbing siswa dengan baik dalam membuat kesimpulan isi cerita.
- Guru hanya menunggu siswa selesai mengerjakan tugas.
- Guru tidak mencontohkan cara menyimpulkan isi cerita anak.
- Guru melakukan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga siswa tidak memahami kesimpulan isi cerita anak.
- Siswa tidak diberikan kesempatan bertanya oleh guru.
- Kelebihan
- Guru mengubah metode pembelajaran ceramah menjadi metode diskusi untuk meningkatkan interaksi siswa.
- Guru membimbing siswa dengan memberikan contoh dan cara membuat kesimpulan isi cerita.
- Guru memantau pekerjaan kelompok siswa.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan ide-ide dan gagasannya pada saat kerja kelompok.
- Siswa terlihat berdiskusi dengan aktif selama proses pembelajaran kelompok.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan kesimpulan isi cerita di depan kelas untuk meningkatkan keberanian siswa tampil di kelas.
- Siswa dapat memahami dan memberian kesimpulan isi cerita anak dengan baik dan benar.
Nama : Nilda Eptika
NIM : 837738858
“Menyimpulkan isi cerita anak”
Pada video diatas, Awalnya siswa tidak mencapai hasil yang maksimal, karena pemberian tugas secara individu membuat siswa malas dan sulit untuk berfikir menyelesaikan tugas yang diberikan gurunya dan seharusnya gurunya memjadi pembimbing untuk memantau siswa yang sedang melakukan kegiatan agar mencapai hasil yang di inginkan. Tetapi, setelah guru melakukan pembagian kelompok dan melakukan diskusi serta arahan dan bimbingan oleh gurunya siswa lebih cepat untuk menyimpulkan isi cerita tersebut.
Jadi, metode diskusi sangatlah tepat agar siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran untuk menyimpulkan isis cerita anak.
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.