

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
Menurut pendapat saya, di kegiatan awal guru sebaiknya memberikan apersepsi berupa pertanyaan yang berkaitan dengan materi atau mengaitkan materi dengan pelajaran sebelumnya, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pre-test untuk memeriksa pemahaman siswa sebelum belajar. Kemudian guru memberikan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Guru juga harus memberikan penjelasan materi.
Setelah siswa membacakan hasil diskusi kelompok, guru dapat memberikan pemantapan tentang hasil diskusi dan hasil belajar siswa. Namun metode diskusi kelompok pada pembelajaran tersebut sudah tepat karena diskusi berjalan lancar dan siswa dapat saling bertuka pikiran dalam membuat kesimpulan. (835655971)
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, saya berpendapat bahwa pada awal pembelajaran guru seharusnya memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya untuk memotivasi anak. Namun pada pembelajaran inti guru sudah mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan melakukan diskusi kelompok. Jadi, metode diskusi lebih efektif dari pada mengerjakan mandiri dalam pembelajaran menyimpulkan cerita anak. Diakhir pembelajaran setelah siswa memberikan kesimpulan pada tugasnya, seharusnya guru membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pembelajaran dan melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan.

Nama :Sri Utami
Nim :836707352
Menurut saya metode diskusi sudah tepat,namun sebelum memberi tugas guru harus menjelaskan materi yang ada. Sebaiknya guru memberikan kesimpulan yang lebih tepat tentang cerita yang telah dibaca oleh siswa.
Namum metode tersebut sudah bagus karena diskusi sudah berjalan dengan baik dan siswa lebih mudah mengeluarkan pendapatnya.
Nama : Adriana Merince Vini Deyora Kili Taeki
NIM : 836995071
Menurut pendapat saya, metode diskusi kelompok yang dilakukan sudah teoat. Namun sebaiknya pada kegiatan awal guru memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai apa itu kesimpulan dan cara atau langkah-langkah membuat kesimpulan dari sebuah cerita yang akan dibaca.
Kelebihan dari metode diskusi kelompok yang saya lihat pada video ini adalah para siswa lebih aktif dan saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
Nama:Sabriadi
Nim:837993031
Pokjar:3(tiga)
UPBJJ:Makassar
Semester:8
Setalah melihat vidio diatas menurut saya kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dengan mengaitkan materi saat ini, dan pembagian kelompok diskusi sudah tepat karena siswa dapat bertukar pikiran dan menyimpulkan isi cerita tersebut,setalah murid memberikan kesimpulan guru sebagai pembimbing bisa memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa

Nama: Maya Triauni Mazija
NIM: 837416659
Menurut saya setelah melihat vidio ini metode diskusi mempermudah siswa mencari suatu kesimpulan sebuah cerita ,karena dengan diskusi siswa dapat berinteraksi dan bertukar pendapat dan saling memberi informasi seputar cerita yg belum di pahami. Lebih mudah juga mengetahui unsur” yg ad di dalam cerita . sehingga mudah mengerjakan soal yg tersedia . menjadikan siswa lebih aktif juga dengan teman” nya sehingga meningkatkan rasa ingin belajar.

Nama: Maya Triauni Mazija
NIM: 837416659
Semester: 6
Menurut saya setelah melihat vidio ini metode diskusi mempermudah siswa mencari suatu kesimpulan sebuah cerita ,karena dengan diskusi siswa dapat berinteraksi dan bertukar pendapat dan saling memberi informasi seputar cerita yg belum di pahami. Lebih mudah juga mengetahui unsur” yg ad di dalam cerita . sehingga mudah mengerjakan soal yg tersedia . menjadikan siswa lebih aktif juga dengan teman” nya sehingga meningkatkan rasa ingin belajar.

Nama : Diana Anjellina Eka Putri
NIM : 837387178
Hasil dari video tersebut menurut saya sudah cukup bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran tetapi alangkah baiknya juga guru menjelaskan dan memberikan contoh dari unsur intrinsik sebuah cerita agar siswa tidak selalu merasa kebingungan dengan tugas yang diberikan oleh guru.
Untuk metode pembentukan kelompok mungkin terlalu kebanyakan dengan membaca cerita yang sama dalam satu kelas, lebih baik dibuat kelompok yang terdiri dari 2 orang atau didiskusikan satu bangku saja.
Nama : ANDI RIFKA AZISA
NIM : 837973473
Menurut pendapat saya metode diskusi kelompok yang dilakukan sudah tepat. Namun sebaiknya sebelum memulai pelajaran guru memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang diskusi yang akan di lakukan dan setelah diskusi selesai sebaiknya guru juga memberikan kesimpulan yang lebih tepat tentang cerita yang di baca oleh siswa.
Namun metode tersebut sudah bagus karena diskusi berjalan dengan baik dan membuat siswa lebih mudah mengeluarkan pendapatnya dan saling bertukar pikiran sesama teman kelompok.
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.