

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
Nama : Lisnawati
Nim : 836229107
TUGAS DISKUSI 8
Hasil Identifikasi ilustrasi pembelajaran pada GPO
“Menyimpulkan isi cerita”
A. Kelemahan (Pada video pertama)
1. Pada awal pembelajaran video yang pertama dapat terlihat pembelajaran yang membosankan sehingga anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
2. Guru tidak menggunakan variasi metode pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran terlihat membosankan bagi anak dan juga monoton (itu-itu saja).
3. Pada awal pembelajaran di kelas pun guru tidak memberikan adanya motivasi belajar yang membangkitkan semangat belajar siswa, serta tidak adanya apersepsi pada awal pembelajaran dimulai.
4. Tidak adanya bimbingan guru terhadap anak, guru hanya memberikan tugas saja secara individu tanpa adanya pendekatan dan penguatan terhadap anak, seperti pada video yang pertama dapat terlihat guru memberikan tugas secara individu sehingga membuat anak terkesan lebih sulit dan malas untuk berpikir dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
5. Guru tidak melakukan tanya jawab kepada siswa, sehingga guru tidak mengetahui sejauhmana pemahaman siswa pada materi yang dipelajari, apakah siswa mengerti atau kah tidak.
6. Tidak adanya Kesimpulan pada akhir pembelajaran.
B. Kekuatan (Setelah melakukan perbaikan pada video kedua)
1. Guru sudah melakukan metode bervariasi yaitu metode diskusi kelompok sehingga anak lebih memahami dan mengerti dari cerita dongeng yang dipelajarinya.
2. Adanya pemantauan guru terhadap berjalannya proses pembelajaran dan guru memberikan bimbingan kepada siswa pada saat proses diskusi kelompok berlangsung, seperti guru memberikan langkah-langkah proses berjalannya diskusi di kelas.
3. Guru sudah melakukan proses tanya jawab.
4. Guru memberikan media lain yaitu membagikan LKS kepada masing-masing kelompok, sehingga bukan hanya terpaku kepada buku paket saja.
5. Guru sudah melakukan pendekatan dan penguatan kepada anak pada saat proses diskusi berlangsung, sehingga guru mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap tugas yang diberikannya.
6. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, sehingga menumbuhkan kemampuan berbicara siswa dalam menanggapi, berargumentasi, dan memberikan pertanyaan serta pendapatnya.
7. Guru sudah memberikan reward kepada anak yang jawabannya benar, seperti yang dilakukan guru tersebut (misalnya mengucapkan bagus anak-anak, atau dengan mengajungkan jempol).
C. Saran/Solusi
1. Agar semua siswa dapat berperan aktif dalam berlangsungnya diskusi sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada semua murid untuk mengemukakan pendapatnya, tidak hanya kepada siswa yang aktif saja.
2. Sebaiknya sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru memberikan kesimpulan terlebih dahulu terkait dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan agar siswa tahu arah dan tujuan dari apa yang mereka lakukan.
3. Sebaiknya dalam pembelajaran berlangsung, guru lebih berekspresi lagi dalam mengajar di kelas, misalnya mimik wajah tersenyum dan ceria, sehingga anakpun menjadi senang dan bersemangat dalam belajar di kelas.
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.