

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
Nama : Asih Febriani
NIM : 857058089
Hasil Identifikasi video pembelajaran GPO pelajaran bahasa Indonesia tentang menyimpulkan isi cerita.
· Kelemahan
- Guru tidak memberikan motivasi dan apersepsi dalam pembelajaran
- Tidak ada arahan atau penjelasan terkait siswa diberikan tugas. Intruksi yang diberikan kepada siswa terlalu
- guru kurang menanamkan konsep bagaimana cara menyimpulkan sebuah isi cerita
- Yang dipilih dalam mengemukakan pendapat hanya siswa yang aktif
- Guru harus menjelaskan terlebih dahulu cara menarik kesimpulan pada sebuah cerita serta mencontohkannya terlebih dahulu pada sebuah
- pembagian kelompok berdasarkan urutan, kurang efektif
- dalam proses pembelajaran juga guru tidak melakukan pengawasan terhadap kegiatan siswa di kelas
- Di awal pembelajaran, guru tidak menggunakan metode atau strategi atau media dalam KBM
· Kekuatan
- Guru memberikan feed back yang baik kepada siswa.
- Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
- Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
- Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis
· Saran atau solusi
- etika di awal pembelajaran, guru mengucapkan salam kepada siswa, sepeti selamat pagi, motivasi dan apersepsi.
- Dipertengahan pembelajaran guru memperbaiki cara mengajar dengan cara berkelompok. Yang kelompoknya diacak agar yang aktif berbarengan dengan yang pasif. Supaya yang pasif bisa ikut mengunkapkan
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menjelaskan tentang kesimpulan
- Guru menjelaskan langkah-langkah untuk menyimpulkan sebuah
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya akan hal-hal yang belum diketahui.
- Guru memberikan bimbingan dalam
- Siswa berani tampil di depan dan guru memberikan penguatan atas jawaban siswa.
- meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru memberi motivasi sebelum membuat kelompok diskusi harus dijelaskan apa yang harus dikerjakan. Guru harus memantau kerja siswa secara maksimal agar mendapat hasil kerja yang baik
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.