

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
Sayyidatuz Zuhria Nurbaiti, 858890307
kekurangan :
Guru tidak melakukan pendahuluan mengajar dengan lengkap, sperti berdoa, mengabsen anak-anak . tetapi langsung masuke kedalam pelajaran. juga guru tidak mengawali dengan menerangkan dulu ke anak-anak. tetapi langsung meminta anak-anak untuk membaca dan menyimpulkan.
Dalam hal ini kurang efektif dalam pembelajaran.
karena anank-anak dituntut untuk berpikir sendiri. Dan dengan demikian akan sulit mencapai hasil yang baik dalam pembelajaran.
kelebihannya:
Dengan membuat kelompok bisa melatih anak-anak untuk kerja sama.
Dan ketika anak-anak maju untuk menyimpulkan hasil belajar hal ini membantu untuk anak-anak mandiri.
Melinda Dwi Retno W /858891119
Dalam video tersebut
Kelebihan dari pembelajaran tersebut guru menggunakan metode diskusi yang metode tersebut dapat melatih siswa untuk bekerja sama dengan temannya dalam belajar. Selain ada kelebihan juga ada kelemahannya dari pembelajaran tersebut pada kegiatan awal sebaiknya guru memberikan apersepsi atau motivasi terlebih dahulu kepada siswa agar dapat membangkitkan semangat belajar siswa.
Reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut saat guru meminta untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas, siswa sangat penuh antusias dengan begitu dapat melatih rasa percaya diri dari siswa tersebut.
Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya sebaiknya ditambah dengan media yang menarik saat mengajar agar menarik perhatian siswa dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, kemudian di awal pembelajaran sebaiknya diberikan motivasi atau bisa memberikan sedikit permainan di awal pembelajaran untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
videonya bagus karena langkah awal siswa membaca masing-masing dan siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru, maka guru melakukan metode lain dengan kerja kelompok dimana siswa saling berinteraksi dan mengemukakan pendapat ,siswa mempunyai keberanian untuk berpendapat dan mengkomunikasikan hasil bacaan siswa. dengan adanya dua metode cara membaca siswa dapat membandingkan cara membaca yang baik untuk meringkas cerita.
NIM : 857095349
NAMA : ARIEF ABDALLAH
Metode yang digunakan dalam Video tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam video penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas / toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antar kelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu dari pada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Nama : Nuryati
Nim : 836207015
Menurut saya dalam video tersebut diawal pembelajaran siswa masih belum maksimal dengan diadakannya tugas individu karena membuat siswa sulit untuk berpikir menyelesaikan tugas tersebut.
Tetapi, setelah diadakan diskusi kelompok siswa mampu menyelesaikan tugas untuk menyimpulkan isi cerita menjadi lebih mudah untuk berpikir dengan cepat.
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.