

Senang lihat anak2 antusias dlm pembelajaran dg metode diskusi utk menyimpulkan cerita,selain itu metode ini jg bagus utk membantu ank2 yg kurang dlm pemahman suatu materi krn bs bekerjasama dg temen. Jdi ank yg paham bs membantu temanny yg kurang mampu.

NAMA : RURY AISYATURIDA NIM : 837534161
KELAS/ SMSTR : PGSD 8D
POKJAR : KOTA KEDIRI
UPBJJ-UT MALANG
Metode yang digunakan dalam Vidio tersebut masih belum sempurna, sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya
Menurut saya dalam vidio penggunaan metode masih belum bisa membuat siswa memperoleh hasil belajar yang bagus.
Adapun beberapa kelebihan :
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari beberapa temannya.
2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama,
Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
3. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
4. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
5. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi.
6. Menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
7. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.
Berikut ini adalah kelemahan-kelemahannya :
1. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
2. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.
3. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
4. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.

Menurut pendapat saya dengan metode tanya jawab diskusi serta penugasa sudah tepat.Tetapi dalam kegiatan awal sebaiknya guru memberikan epersepsi dengan tanya jawab kepada murid mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi saat ini untuk memotivasi siswa agar lebih semangat mengikuti embelajaran hari ini.
Siswa juga bisa untuk membaca bergiliran sedangkan yang lain nya menyimak kemudian melakukan diskusi dengan pembagian kelompok.
Setelah murid menyimpulkan hasil belajar guru bisa memberikan penguatan mengenai hasil belajar mereka.

Nama :LISNA
Nim :838256353
Setelah saya melihat video di atas bahwa diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut.
setelah murid memberikan kesimpulan mereka guru sebagai pembimbing bisa memberikan penguatan terhadap hasil belajar mereka.
RURY AISYATURIDA (837534161)
Dengan membaca individual siswa belum bisa memahami inti dari isi cerita tersebut. Sehingga dengan metode diskusi berkelompok dan bimbingan dari guru akan membuat siswa bisa menyimpulkan isi cerita dengan baik.
Dalam hal berdiskusi siswa tidak dapat langsung memahami apa arti diskusi sehingga peran kita sebagai guru memberitau atau mengarahkan anak untuk memahami kerja klompok atu diskusi yang di artikan berkerjasama bertukar pendapat memberi pendapat sehingga msalah” yang belum terarah dapat terpecahkan dan di pahami oleh anak” sehingga mereka memahami arti kata diskusi dan kerja kelompok dalam arti .B.indonesia
Risma Dwi Prakasiwi 837493066

Setelah saya melihat video di atas bahwa, diskusilah yang menjadi penyelesaian yang menarik terhadap masalah yang dialami di dalam kelas. Awalnya guru tidak maksimal menggunakan metode diskusi sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal karena pemberian tugas secara individu membuat siswa terkesan lebih sulit dan malas berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tetapi dengan diskusi kelompok siswa dapat cepat menyimpulkan isi cerita tersebut. karena dengan diskusi anak menjadi lebih aktif dan dapat memahami pembelajaran. anak – anak bisa menjawab tugas yang diberikan dari guru. selain itu juga bisa melatih keberanian dan kerja sama antar siswa. Pada pembelajaran awal yang monoton, anak tidak bisa menyimpulkan cerita. metode pembelajarn memang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat pembelajaran.Terima kasih.
Senang lihat anak2 antusias dlm pbelajaran ini dg metode diskusi kelompok. Dgn metode tsb ank pandai bs membantu ank yg kurang dlm 1 kelompok. Namun peran guru jg di butuhkan mengingat ini adalah ank SD

NAMA : RUSMIATI
NIM. : 824989193
POKJAR : KATEMAN
Metode yang digunakan pada video tersebut adalah metode diskusi, dan metode pembelajaran yang belum sempurna sehingga masih ada kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihannya:
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan dari temannya.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati dan berdiskusi.
3. Merangsang siswa agar bisa mengemukakan pendapatnya, dan menyetujui pendapat teman-temannya.
4. Mendidik anak untuk punya rasa tanggung jawab dalam mengambil suatu keputusan.
5. Siswa dapat mampu berbicara secara sistematis.
Kelemahannya:
1. Tidak semua siswa yang terlibat dalam diskusi berani menyatukan pendapatnya karena siswa yang banyak diam hanya banyak membuang waktu menunggu siswa mengemukakan pendapatnya.
2. Biasanya di dalam diskusi hanya di dominan siswa yang berani dan terbiasa berbicara, sedangkan siswa yang pendiam dominan malu untuk berbicara.
3. Timbul rasa ketidak puasan antar kelompok dan kurang menanggapi kelompokknya sendiri yang jauh lebih pandai dan serba tau dari pada kelompok yang lain.
Dengan metode diskusi siswa dapat bertukar pikiran dan menyimpulkannya secara bersama sama.
Namun sebaiknya guru memberikan pengarahan terlebih dahulu tentang materi yg akan dihadapkan kepada siswa. Jadi siswa akan lebih paham apa yg diminta/diperintahkan oleh guru.
Nama : Devin Prasetya
Nim : 826077006
Awalnya metode diskusi yang di lakukan di dalam kelas tidak berjalan dengan baik sebab guru tidak memberikan pengarahan langsung kepada siswa apalagi guru tidak memberikan motifasi terlebih dahulu kepada siswa dalam proses belajar berupa pertanyaan seputar cerita,pernahkah mereka mendengar atau membaca cerita tersebut. melainkan langsung kepada inti yaitu membaca dan menyimpulkan secara perorangan sehingga siswa terkesan malas dan lebih sulit untuk mengerti seperti apa yang di maksud oleh guru terbukti saat guru melakukan metode diskusi dengan membagi kelompoknya maka siswa lebih mudah menyimpulkannya karna adanya motifasi dari sesama siswa.
Senang liatnya, anak2 ikut aktif dlm kelompok diskusi dlm video tsb. Ini bs jg meningkatkan hasil belajar bagi ank yg kurang dlm hasil belajar, krn ada ny diskusi kelompok yg heterogen.