6
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Menurut pendapat saya tentang video ” Menulis Puisi dengan mengamati keindahan alam :
a. Kelemahan : komunikasi antara guru dan murid terkesan kaku dan terlihat kurang aktraktif. Guru tersebut tidak menyampaikan pemahaman pribadi terhadap apa yang menjadi bahan ajar dalam hal ini ini berkenaan dengan puisi. Dalam didkusi dan tanya jawab yang berlangsung, guru tersebut hanya mengembangkan informasi berdasarkan jawaban dari murid seningga dikhawatirkan bahan ajar yang sedang dibahas akan tidak sesuai dengan Rencana mengajar dan materi berkembangka tidak sesuai dengan bahan ajar.
b. Kelebihan : guru tersebut mampu memanfaatkan kondisi di sekitarnya sebagai bahan ajar untuk dikembangkan para siswa.

2. Kejadian seperti dalam video pernah saya alami seperti disaat diskusi dimana guru memberikan pertanyaan kepada para siswa dan pembahasan dari guru tersebut hanya terfokus pada jawaban dari siswa saja.

3. Hal pertama yang akan saya lakukan adalah memberikan bahan ajar berupa informasi dari bahan ajar ataupun pengetahuan umum yang saya miliki sehingga para siswa dapat mengembangkan materi tersebut sesuai dengan alur prosese yang sudah disusun.

4. Menurut depdiknas (2008:9), manfaat penulisan bahan ajar dibendakan menjadi dua macam, yaitu : manfaat bagi guru dan siswa. Manfaat bagi guru dikarenakan menambah khazana pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar. Dan manfaat untuk muridnya antara lain : kegiatan pembelajaran lebih menaraik, siswa lebih banyak mendapat kesempatan untuk belajar secara mendiri dengan bimbingan guru.

RENNY INDAH KANTITI
NIM 530050807

1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut.
Kelebihan :
a. Guru menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar siswa.
b. Guru sudah menggunakan metode yang bervariasi, sehingga pembelajaran menjadi interaktif.
Kelemahan :
a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Siswa memperhatikan objek yang berbeda, tetapi menuliskan satu puisi yang merupakan gabungan dari pemikiran siswa lain. Alangkah lebih baiknya jika siswa memperhatikan objek tertentu dan difokuskan membuat puisi tentang objek yang diamati siswa tersebut. Contohnya siswa yang mengamati taman, membuat puisi tentang taman. Begitu pula siswa yang memperhatikan rumah, membuat puisi tentang rumah.
c. Di akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan umpan balik dan tindak lanjut, serta tidak menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Peristiwa tersebut sudah pernah saya alami, seringkali saya juga lupa menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan dan lupa menyimpulkan karena berbagai alasan.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki pembelajaran.
a. Sebelum mengajar, persiapkan bahan ajar dan rencana pembelajaran dengan matang.
b. Menggunakan berbagai macam metode yang digunakan secara bervariasi.
c. Menggunakan salah satu teknik dari Quantum Teaching, yaitu AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku).
4. Kajian teori yang mendasari langkah-langkah
a. Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hemacki 2001:49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada langkah ini siswa akan diberi motivasi oleh guru dengan memberi penjelasan tentang manfaat apa saja setelah mempelajari suatu materi.
b. Pembelajaran Quantum Learning lebih mengutamakan keaktifan peran serta siswa dalam berinteraksi dengan situasi, belajarnya melalui panca inderanya baik melalui penglihatan, pendengaran,perabaan, penciuman dan pengecapan, sehingga hasil penelitian Quantum Learning terletak pada modus berbuat yaitu katakan dan lakukan, dimana proses pembelajaran Quantum Learning mengutamakan keaktifan siswa, siswa mencoba mempraktekkan media melalui kelima inderanya dan kemudian melaporkannya dalam laporan praktikum dan dapat mencapai daya ingat 90%. Ssemakin banyak indera yang terlibat dalam interaksi belajar, maka materi pembelajaran akan semakin bermakna.

1. Kelebihan:
a. Pendekatan, strategi, dan media yang digunakan sudah tepat.
b. proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
c. Guru melakukan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
d. Guru melakukan motode pembelajaran tanya jawab, latihan, dan penugasan.
e. Media yang digunakan media teks dan slide.
f. Model yang digunakan adalah Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
Kelemahan:
a. Tidak menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan secara langsung
b. Tidak memberikan informasi unsur-unsur intrinsic cerita pendek
b. Tidak memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa

2. Tidak pernah. Sekolah dimana saya mengajar memiliki peserta didik yang kognitifnyabisa dibilang biasa-biasa saja. Saat pembelajaran saya selalu memberikan materi. Media yang saya pakai buku teks atau slide. Berbeda dengan tayangan dalam video, walaupun tidak diberikan informasi, peserta didik dapat menjawab setiap pertanyaan dengan benar.
3. Langkah-langkah perbaikan
a. Guru menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
b. Guru memberikan informasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek
c. Peserta didik dan Guru bertanya jawab tentang unsur-unsur intrinsik cerita pendek
d. Guru membagi kelompok belajar
e. Guru memberikan informasi teks bacaan yang akan dianalisis
f. Bersama kelompok, peserta didik berdiskusi tentang unsur intrinsik cerita pendek
g. Bersama kelompok, peserta didik mencoba menentukan unsur intrinsik cerita
h. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
i. Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya.
j. Guru memberikan penilaian
k. Guru memberikan penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
l. Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung
4. Teori atau pendapat pakar
a. Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada model pembelajaran jigsaw ini keaktifan siswa (student centered) sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.
b. Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon

Video: Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam
1. Kelebihan dan kekurangan video guru yang terdapat dalam video tersebut
Kelebihan:
– guru mampu berkomunikasi dengan siswa cukup baik, yaitu adanya respon dari semua siswa ketika guru mengajaknya untuk berinteraksi.
– guru mampu memanfaatkan kondisi di sekitarnya sebagai bahan ajar untuk dikembangkan oleh para siswa.
– guru mampu membangun kreativitas siswa dengan mengajak mereka untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah agar dapat membuat puisi tentang keindahan alam.
Kelemahan:
– pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi berupa menyiapkan mental siswa untuk memasuki pembelajaran dan tidak membangkitkan motivasi serta perhatian siswa, tidak melakukan pemberian acuan yaitu tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan tidak membuat kaitan yaitu berupa pengulangan pembahasan materi sebelumnya yang telah dipelajari.
– guru tidak menjelaskan materi pembelajaran tentang puisi kepada siswa, sehingga siswa tidak mendapatkan pemahaman tentang materi yang sedang dipelajarinya.
– pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran yaitu tidak meninjau kembali materi yang sudah dipelajarinya berupa kesimpulan materi, tidak mengadakan evaluasi berupa pertanyaan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini.
Ketika saya mengajarkan materi tentang menulis karangan deskripsi, saya ajak para siswa ke luar kelas. Para siswa disuruh mengamati lingkungan sekolah, mencatat apa saja yang mereka amati, dan selanjutnya mereka disuruh menceritakan kembali apa yang telah mereka amati ke dalam sebuah karangan deskripsi.
3. Saya akan berusaha memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video tersebut diantaranya:
– pada awal pembelajaran hendaknya guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengulang kembali pembahasan materi pada pembelajaran sebelumnya.
– guru menjelaskan materi kepada siswa secara terencana dan sistematis.
– pada akhir pembelajaran, guru menutup pebelajaran dengan meninjau kembali materi yang sudah dipelajari berupa kesimpulan, mengadakan evaluasi berupa pertanyaan yang diajukan kepada siswa untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya.
4. teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
– Menurut Ma’mur Saadi dkk (2019) menyebutkan bahwa komponen keterampilan membuka pelajaran yang harus dikuasai adalah menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, membuat kaitan. Sedangkan komponen menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara: meninjau kembali (reviewing) dan mengevaluasi.
– Menurut Deny Setiawan dan Aisyah (2015) bahwa keterampilan menjelaskan merupakan kegiatan untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh siswa.
5. Saya akan menanggapi pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

saya sangat setuju, di akhir kegiatan memang seharusnya guru memberikan kesimpulan atas materi yang diajarkan.