- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


RENNY INDAH KANTITI
NIM 530050807
1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut.
Kelebihan :
a. Guru menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar siswa.
b. Guru sudah menggunakan metode yang bervariasi, sehingga pembelajaran menjadi interaktif.
Kelemahan :
a. Pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Siswa memperhatikan objek yang berbeda, tetapi menuliskan satu puisi yang merupakan gabungan dari pemikiran siswa lain. Alangkah lebih baiknya jika siswa memperhatikan objek tertentu dan difokuskan membuat puisi tentang objek yang diamati siswa tersebut. Contohnya siswa yang mengamati taman, membuat puisi tentang taman. Begitu pula siswa yang memperhatikan rumah, membuat puisi tentang rumah.
c. Di akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan umpan balik dan tindak lanjut, serta tidak menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Peristiwa tersebut sudah pernah saya alami, seringkali saya juga lupa menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan dan lupa menyimpulkan karena berbagai alasan.
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki pembelajaran.
a. Sebelum mengajar, persiapkan bahan ajar dan rencana pembelajaran dengan matang.
b. Menggunakan berbagai macam metode yang digunakan secara bervariasi.
c. Menggunakan salah satu teknik dari Quantum Teaching, yaitu AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku).
4. Kajian teori yang mendasari langkah-langkah
a. Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hemacki 2001:49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada langkah ini siswa akan diberi motivasi oleh guru dengan memberi penjelasan tentang manfaat apa saja setelah mempelajari suatu materi.
b. Pembelajaran Quantum Learning lebih mengutamakan keaktifan peran serta siswa dalam berinteraksi dengan situasi, belajarnya melalui panca inderanya baik melalui penglihatan, pendengaran,perabaan, penciuman dan pengecapan, sehingga hasil penelitian Quantum Learning terletak pada modus berbuat yaitu katakan dan lakukan, dimana proses pembelajaran Quantum Learning mengutamakan keaktifan siswa, siswa mencoba mempraktekkan media melalui kelima inderanya dan kemudian melaporkannya dalam laporan praktikum dan dapat mencapai daya ingat 90%. Ssemakin banyak indera yang terlibat dalam interaksi belajar, maka materi pembelajaran akan semakin bermakna.

1. Kelebihan:
a. Pendekatan, strategi, dan media yang digunakan sudah tepat.
b. proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
c. Guru melakukan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
d. Guru melakukan motode pembelajaran tanya jawab, latihan, dan penugasan.
e. Media yang digunakan media teks dan slide.
f. Model yang digunakan adalah Model Pembelajaran Berbasis Teks (Genre-based Aproach)
Kelemahan:
a. Tidak menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan secara langsung
b. Tidak memberikan informasi unsur-unsur intrinsic cerita pendek
b. Tidak memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa
2. Tidak pernah. Sekolah dimana saya mengajar memiliki peserta didik yang kognitifnyabisa dibilang biasa-biasa saja. Saat pembelajaran saya selalu memberikan materi. Media yang saya pakai buku teks atau slide. Berbeda dengan tayangan dalam video, walaupun tidak diberikan informasi, peserta didik dapat menjawab setiap pertanyaan dengan benar.
3. Langkah-langkah perbaikan
a. Guru menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
b. Guru memberikan informasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek
c. Peserta didik dan Guru bertanya jawab tentang unsur-unsur intrinsik cerita pendek
d. Guru membagi kelompok belajar
e. Guru memberikan informasi teks bacaan yang akan dianalisis
f. Bersama kelompok, peserta didik berdiskusi tentang unsur intrinsik cerita pendek
g. Bersama kelompok, peserta didik mencoba menentukan unsur intrinsik cerita
h. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
i. Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya.
j. Guru memberikan penilaian
k. Guru memberikan penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
l. Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung
4. Teori atau pendapat pakar
a. Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada model pembelajaran jigsaw ini keaktifan siswa (student centered) sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.
b. Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon

Video: Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam
1. Kelebihan dan kekurangan video guru yang terdapat dalam video tersebut
Kelebihan:
– guru mampu berkomunikasi dengan siswa cukup baik, yaitu adanya respon dari semua siswa ketika guru mengajaknya untuk berinteraksi.
– guru mampu memanfaatkan kondisi di sekitarnya sebagai bahan ajar untuk dikembangkan oleh para siswa.
– guru mampu membangun kreativitas siswa dengan mengajak mereka untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah agar dapat membuat puisi tentang keindahan alam.
Kelemahan:
– pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi berupa menyiapkan mental siswa untuk memasuki pembelajaran dan tidak membangkitkan motivasi serta perhatian siswa, tidak melakukan pemberian acuan yaitu tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan tidak membuat kaitan yaitu berupa pengulangan pembahasan materi sebelumnya yang telah dipelajari.
– guru tidak menjelaskan materi pembelajaran tentang puisi kepada siswa, sehingga siswa tidak mendapatkan pemahaman tentang materi yang sedang dipelajarinya.
– pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran yaitu tidak meninjau kembali materi yang sudah dipelajarinya berupa kesimpulan materi, tidak mengadakan evaluasi berupa pertanyaan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini.
Ketika saya mengajarkan materi tentang menulis karangan deskripsi, saya ajak para siswa ke luar kelas. Para siswa disuruh mengamati lingkungan sekolah, mencatat apa saja yang mereka amati, dan selanjutnya mereka disuruh menceritakan kembali apa yang telah mereka amati ke dalam sebuah karangan deskripsi.
3. Saya akan berusaha memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video tersebut diantaranya:
– pada awal pembelajaran hendaknya guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengulang kembali pembahasan materi pada pembelajaran sebelumnya.
– guru menjelaskan materi kepada siswa secara terencana dan sistematis.
– pada akhir pembelajaran, guru menutup pebelajaran dengan meninjau kembali materi yang sudah dipelajari berupa kesimpulan, mengadakan evaluasi berupa pertanyaan yang diajukan kepada siswa untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya.
4. teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
– Menurut Ma’mur Saadi dkk (2019) menyebutkan bahwa komponen keterampilan membuka pelajaran yang harus dikuasai adalah menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, membuat kaitan. Sedangkan komponen menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara: meninjau kembali (reviewing) dan mengevaluasi.
– Menurut Deny Setiawan dan Aisyah (2015) bahwa keterampilan menjelaskan merupakan kegiatan untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh siswa.
5. Saya akan menanggapi pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

saya sangat setuju, di akhir kegiatan memang seharusnya guru memberikan kesimpulan atas materi yang diajarkan.
Rusdi
NIM. 015680943
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap simulasi pembelajaran?
Siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif. Guru mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar sehingga siswa lebih
termotivasi mengikuti pembelajaran.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan saya dalam simulasi pembelajaran?
Kegiatan awal dan akhir pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Guru terlalu terfokus pada kegiatan inti pembelajaran.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan saya dalam simulasi pembelajaran?
Metode yang digunakan telah bervariasi dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII. Guru juga menjadi lingkungan
sekitar menjadi sumber belajar siswa.
- Hal-hal unik apa saja yang saya temukan dalam simulasi pembelajaran?
Guru menggunakan lingkungan sekitar menjadi sumber belajar
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan saya, upaya apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Ke depannya saya akan terus memperbaiki teknik pembelajaran, menggunakan media pembelajaran yang aktif dan
efisien serta metode yang menyenangkan.
Nama : Jehan Anjalia, S.Ak
NIM : 042341773
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Kelebihan :a. Guru berinteraksi dengan siswa dengan baik, siswa dapat mengerti apa yang diperintahkan oleh gurunya dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru, b. Guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai bahan ajar sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi karena teresan nyata, c. Guru membangkitkan kreativitas siswa dalam berpikir dan mencipta puisi. Kelemahan : a. Guru tidak menyampaikan aperpepsi dan motivasi sebagai pembuka pada awal pembelajaran. b. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, seperti tujuan siswa mempelajari materi tersebut. c. Guru tidak bisa memperhitungkan waktu sehingga pembelajaran berakhir tanpa adanya kesimpulan dari pembelajaran dan kegiatan penutup.
- Saya pernah mengalami peristiwa seperti ini ketika saya sedang menyampaikan materi tentang Teks Deskripsi. Saya mengajak siswa ke luar kelas dan mengamati lingkungan sekolah lalu siswa menuliskan apa yang mereka lihat di sekitar lingkungan sekolah dan mendeskripsikannya dengan membuat Teks Deskripsi.
- Saya akan memperbaiki pada bagian awal pembelajaran yaitu dengan menyampaikan aperpepsi dan motivasi untuk siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengulang kembali pembahasan materi pada pertemuan sebelumnya. Pada akhir pembelajaran, saya akan menutup pembelajaran dengan menyampaikan kesimpulan dari materi yang dipelajari, mengevaluasi pembelajaran dengan pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajarinya.
- Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut. Menurut Martinis Yamin mengungkapkan motivasi belajar merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan dan pengalaman. Menurut Nurhasnawati, apersepsi bertujuan untuk membentuk pemahaman.
- Memberi tanggapan pendapat teman.

Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam (2011)
Jawaban :
1. Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut
A. Kelebihan :
• Guru kreatif karena mengembangkan beberapa metode pembelajaran untuk menambah wawasan siswa
• Guru menggunakan bahan ajar yang mudah ditemui sehingga siswa juga mudah menerima materi pembelajaran
• Guru selalu mengamati dan membantu siswa dalam mengerjakan tugas sehingga siswa memiliki vasilitator yang baik
• Memberikan stimulus sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif
B. Kelemahan :
• Sikap guru terhadap siswa terlalu kaku
• Tidak adanya apersepsi di awal pembelajaran untuk membangkitkan semangat siswa dan memotivasi siswa
• Di awal pembelajaran tidak disebutkan tujuan pembelajaran dan tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari di pertemuan tersebut
• Tidak dijelaskan terlebih dahulu tentang puisi, baik itu pengertiannya, unsur-unsurnya dan cara membuatnya
• Di akhir pembelajaran, guru tidak menyimpulkan materi yang telah di pelajari
2. Untuk pembelajaran di luar ruangan, saya pernah mengalaminya. Tetapi untuk pembelajaran yang sudah disebutkan dalam kelemahan tersebut, saya tidak pernah mengalaminya. Saya sering mengajak siswa untuk keluar ruangan kelas dan belajar di tempat terbuka seperti di taman sekolah. Saat itu saya sedang memberikan materi tentang teks deskripsi. Saya meminta siswa untuk mengenali lingkungan sekitar sekolah dan membuat kalimat sehingga menjadi teks deskripsi.
3. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan :
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
• Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
• Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : puisi
• Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti :
• Kegiatan Literasi :Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Puisi.
• Critical Thinking : Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Puisi
• Collaboration : Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Puisi.
• Communication : Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
• Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur teks narasi (cerpen). Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup :
• Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
• Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
4. Teori yang mendasari perbaikan tersebut :
• Pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.Pada model pembelajaran jigsaw ini keaktifan siswa (student centered) sangan dibutuhkan, dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-5 orang yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli.
• Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tentang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon.

Assalamualaikum wrwb.
Izin bertanya sahabat! Bentuk motivasi seperti apakah yang bisa diberikan untuk pembelajaran menulis puisi dengan mengamati keindahan alam?
Assalamualaikum wrwb.
Menurut pendapat saya,
- Kelemahan: Pembelajaran antara guru dan murid komunikasi kurang menarik atau menyenangkan, Guru tersebut tidak menyampaikan penjelasan terhadap apa yang menjadi bahan ajar terkait puisi. Ketika sesi tanya jawab guru tersebut hanya menjelaskan informasi berdasarkan jawaban dari murid.
- Kelebihan: guru dalam video tersebut sangat mampu memanfaatkan kondisi di sekitarnya sebagai bahan ajar untuk dikembangkan para muridnya.
- Kejadian seperti itu pernah saya alami pada saat diskusi sesi tanya jawab dimana guru hanya terfokus pada jawaban dari siswa saja.
- Hal pertama yang saya lakukan adalah menyampaikan penjelasan terhadap apa yang menjadi bahan ajar terkait puisi dan memberikan penjelasan yang menarik. kan ketika tanya jawab saya tidak terkonsentrasi hanya pada 1 jawaban atau pertanyaan tapi menjelaskan dengan benar yang menjadi bahan ajar

1.) kelemahan dan kelebihan vidio tersebut.
a.) kelemahan vidio tersebut tidak sampai akhir
jadi tidak ada kesimpulan dari materi tsb.
b.) kelebihan vidio tersebut adalah sangat
bagus dan sangat sesuai dengan materi
yang disampaikan.
2.) Tidak pernah karena sekolah sy biasa saja dan
sistem pembelajarannya sy hanya menggu-
makan buku serta praktek saja dan alhamdulil
lah siswa sy paham dan bisa mengerjakan tu-
gasnya dengan baik.
3.) a.) sebaiknya dalam pembelajaran ini seorang
guru menerangkan dulu apa maksud dari mem-
pelajari materi yg akan disampaikan serta beri
pemahaman beserta contoh dari materi ter-
sebut agar siswa memiliki pandangan sebelum
melihat vidio pembelajaran yg akan
ditayangkan.
b.) ketika seorang guru memberikan
kesempatan pembelajaran diluar kelas
kepada siswa untuk melihat suatu
pemandangan yang indah, bahkan siswa
sampai diberi tugas mengarang puisi tentang
pemandangan yng dilihat oleh mereka,
jangan lah menyuruhnya mengerjakan
didalam kelas karena daya fikirnya untuk
mengarang suatu karya sastra seperti puisi
tdk mudah tanpa melihan apa yg mereka
jadikan bahan yaitu pemandangan yg mereka
lihat tdalangkah lebih baiknya siswa
mengerjakan tugas itu didekat pemandangan
yang mereka lihat agar daya fikir menalarnya
siswa lebih baik dan lebih kritis lg dan
hasilnya akan lebih memuaskan.
4.) a.) Menurut iskandar wassid dan sunendar
(2011 hal 56) mengatakan bahwa metode
pembelajaran adalah cara kerja yang
sistematis untuk memudahkan pelaksanaan
berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan yang diinginkan atau
ditentukan.
b.) menurut sutikno (2004, hal 33) berpendapat
bahwa pengertian “metode” secara harfiah
adalah “cara”, metode adalah suatu cara
Atau prosedur yang digunakan untuk
mencapai tujuan tertentu.
5.) semua pendapat dari semua teman-teman
disini tentang vidio ini sangat luar biasa sekali,
karna mreka mengisi diskusi ini dengan
sepenuh hati.

Assalamualaikum wrwb.
Mohon izin menanggapi untuk bertanya!
Jika guru di awal pembelajaran harus menjelaskan semua materi yang disampaikan hari itu, kemudian murid sebagai pendengar/penyimak saja yang berarti teacher center. Apakah pembelajaran yang dilakukan bisa optimal?
Nama : KUNI NAILA ALFI HUSNIATIN
NIM : 042226277
PRODI : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UPBJJ : Jember
Assalamualaikum wrwb. Salam seperjuangan!!!
Izinkan saya menanggapi vidio pada portal GPO dengan judul “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam;
- ■Kelebihan Guru:
- a) Guru pada vidio pembelajaran tersebut tergolong kreatif dalam menggunakan sumber belajar alam takambang . Di mana sumber belajar yang digunakan berasal dari lingkungan sekitar.
- b) Sedangkan strategi pembelajarannya sangat sesuai, yaitu Contekstual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata. Sehingga pembelajaran menjadi interaktif dan bisa menjadikan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) PAIKEM GEMBROT (Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
■Kelemahan Guru:
- a) Di awal pembelajaran guru tidak menjelaskan alasan mengapa siswa harus mempelajari puisi. Dan strategi pembelajaran yang digunakan tidak diinformasikan terlebih dahulu.
- b) Komunikasi guru dan peserta didik, terkesan kaku tidak natural.
- c) Dalam pemanfaatan sumber belajar kurang obyektif. Untuk pembelajaran awal, alangkah baiknya menggunakan sumber belajar dari lingkungan yang wujudnya sama. Agar tujuan pembelajaran mudah tersampaikan. Selanjutnya bolehlah guru memberikan kebebasan dalam memilih sumber belajar, untuk memberikan kemerdekaan berfikir kepada peserta didik dalam mengembangkan kreativitasnya.
- d) Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
- e) Guru tidak memberikan evaluasi di akhir pembelajaran yang sudah dilakukan.
- Pernah.Saya sebagai seorang guru yang notabene manusia biasa, pasti memiliki kesibukan dan kebutuhan pribadi di luar jam sekolah. Menjelang acara pernikahanku, Hari Sabtu, 27 Agustus 2022 merupakan hari yang menguras tenaga dan fikiran, sehingga menyebabkan kealpaan saya dalam mempersiapkan bahan ajar dalam menunaikan kewajiban mengajar di sekolah. Tak ayal hal tersebut membuat saya kurang “PD” dalam berlakon di depan kelas. Komunikasi saya dengan peserta didik menjadi kaku, materi tersampaikan tidak maksimal, saya kurang menguasai kelas.
- Langkah-Langkah perbaikan:
- a) Dalam proses pembelajaran, setelah kegiatan awal dilakukan, Guru harus menyampaikan materi yang akan dipelajari dengan memberikan tujuan dan manfaat belajar materi tersebut. Sehingga dapat menumbuhkan motivasi peserta didik.
- b) Menjalin keakraban dengan warga kelas dengan baik, sehingga muncul “PAIKEM” (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Evektif dan Menyenangkan)
- c) Fokus dalam menggunakan sumber belajar di awal pengenalan suatu materi pelajaran. Selanjutnya memberikan kebebasan pemanfaatan sumber belajar setelah memahami materi yang disampaikan.
- d) Memberikan kesimpulan di akhir proses KBM
- e) Memberikan tindak lanjut, dengan memberikan evaluasi berupa tes atau lainnya setelah usai pembelajaran.
- Dalam hal guru harus menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan penjelasan tujuan dan manfaat pembelajaran,
- Mukmin (2004: 47) berpendapat: “Materi pembelajaran atau sering disebut materi pokok adalah pokok-pokok materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrument penilaian yang disusun berdasarkan indicator ketercapaian kompetensi”
- Nana dan Ibrahim (2003: 100) mengatakan “Materi pembelajaran merupakan suatu yang disajikan guru untuk diolah dan kemudian dipahami oleh siswa, dalam rangka pencapaian tutjuan-tujuan intruksional yang telah ditetapkan”.
Sedangkan terkait dengan pemberian evaluasi di akhir pembelajaran.
- Evaluasi menurut pendapat Suryobroto (1986: 12) mengatakan: “Evaluasi merupakan barometer untuk mengukur tercapainya proses interaksi, dengan evaluasi dapat mengontrol hasil belajar siswa dan mengontrol ketepatan metode yang digunakan oleh guru sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat dioptimalkan”.
- Pendapat senada oleh Sudjana (2003: 148) bahwa evaluasi bertujuan untuk melihat atau mengukur belajar para siswa dalam hal penguasaan materi yang telah dipelajari sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Demikian tanggapan saya, terimakasih dan mohon tanggapan!
Assalamualaikum wrwb.
1. Menurut pendapat saya tentang video ” Menulis Puisi dengan mengamati keindahan alam :
a. Kelemahan : komunikasi antara guru dan murid terkesan kaku dan terlihat kurang aktraktif. Guru tersebut tidak menyampaikan pemahaman pribadi terhadap apa yang menjadi bahan ajar dalam hal ini ini berkenaan dengan puisi. Dalam didkusi dan tanya jawab yang berlangsung, guru tersebut hanya mengembangkan informasi berdasarkan jawaban dari murid seningga dikhawatirkan bahan ajar yang sedang dibahas akan tidak sesuai dengan Rencana mengajar dan materi berkembangka tidak sesuai dengan bahan ajar.
b. Kelebihan : guru tersebut mampu memanfaatkan kondisi di sekitarnya sebagai bahan ajar untuk dikembangkan para siswa.
2. Kejadian seperti dalam video pernah saya alami seperti disaat diskusi dimana guru memberikan pertanyaan kepada para siswa dan pembahasan dari guru tersebut hanya terfokus pada jawaban dari siswa saja.
3. Hal pertama yang akan saya lakukan adalah memberikan bahan ajar berupa informasi dari bahan ajar ataupun pengetahuan umum yang saya miliki sehingga para siswa dapat mengembangkan materi tersebut sesuai dengan alur prosese yang sudah disusun.
4. Menurut depdiknas (2008:9), manfaat penulisan bahan ajar dibendakan menjadi dua macam, yaitu : manfaat bagi guru dan siswa. Manfaat bagi guru dikarenakan menambah khazana pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar. Dan manfaat untuk muridnya antara lain : kegiatan pembelajaran lebih menaraik, siswa lebih banyak mendapat kesempatan untuk belajar secara mendiri dengan bimbingan guru.