- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Rismawati
NIM : 530050799
1. Kelebihan guru pada video adalah guru sudah berusaha merangsang minat belajar siswa dengan menampilkan gambar dan video yang selanjutnya meminta siswa untuk menuliskannya dalam bentuk puisi. Guru pun sudah memberikan umpan balik yang sangat baik sehingga siswa yang tampil ke depan merasa senang dan merasa puisi ciptaannya diapresiasi oleh guru itu sendiri dan semua siswa di kelasnya.
kelemahan guru model adalah apesepsi guru yang masih kurang misalnya dikaitkan dengan tujuan pembelaajaran membuaat puisi, di awal pembelajaran siswa dapat diajak membaca sebuah puisi.
2. Dalam melaksanakan pembelajaran tentang puisi sayapun pernah mengalami kesulitan bagaimana mengajak siswa untuk mau menulis puisi.
3. Langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan adalah :
– untuk materi pembelajaran puisi hal yang pertama dipersiapkan adalah ide puisi. Ide puisi dapat dimulai dari hal yang terdekat dan dapat dirangsang dengan menyediakan media gambar seperti pada video.
– menentukan ide puisi yang kemudian dikembangkan dengan mencari kata kunci ataupun dikisi (pilihan kata) yang sesuai.
– membaca puisi dengan lafat,intonasi dan penghayatan yang baik.
4. teori/pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan saya fokuskan pada media. Menurut Mc.M.Connel (1974) dengan tegas mengatakan “if the medium fits use it”, artinya jika media sesuai maka gunakanlah.

1. Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru berusaha menarik minat siswa dengan menggunakan media. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, media pembelajaran mempunyai peranan penting karena dapat digunakan sebagai perantara untuk menjelaskan bahan ajar atau materi. Materi yang tidak dapat dijelaskan secara rinci, dapat dibantu dengan menggunakan media, sehingga peserta didik dapat mencerna materi pelajaran dengan baik.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah:
a. Di awal pembelajaran guru tidak menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dari materi yang akan dipelajari, sehingga menyebabkan siswa tidak mengetahui tujuan apa yang akan dicapai dari materi tersebut.
b. Guru menayangkan video hanya secara sekilas saja, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mencerna dan memahami secara baik gambar yang ditayangkan.
c. Guru tidak menjelaskan bagaimana syarat-syarat menulis puisi yang baik dan benar.
d. Guru tidak memeriksa hasil pekerjaan siswa secara keseluruhan, sehingga guru tidak mengetahui apakah puisi yang sudah dibuat oleh siswa, sudah baik dan sesuai dengan tema yang ditentukan.
e. Pada akhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang sudah diajarkan.
2. Belum pernah.
3. Apabila akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang ditemukan, maka langkah-langkah yang akan ditempuh adalah:
a. Pada awal pembelajaran harus menyampaikan kepada siswa kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dari materi yang akan dipelajari, sehingga siswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
b. Menayangkan gambar video dengan durasi waktu yang cukup, sehingga siswa dapat mencerna dan memahami dengan baik video yang ditayangkan.
c. Menjelaskan bagaimana syarat-syarat menulis puisi yang baik, sehingga dalam mengerjakan tugas menulis puisi, siswa tidak hanya terfokus pada tema.
d. Mengumpulkan hasil pekerjaan semua siswa untuk diperiksa, agar guru mengetahui apakah puisi yang ditulis oleh siswa, sudah baik dan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, dan juga sebagai dasar bagi guru untuk memberikan apresiasi terhadap siswa.
e. Menyimpulkan materi pelajaran yang sudah diajarkan, pada akhir pembelajaran.
4. Hamijaya (1997:3) mengatakan bahwa media adalah semua bentuk perantara yang dipakai sebagai penyebar ide atau gagasan, sehingga ide atau gagasan tersebut sampai pada penerima.
Soeparno (1988:1) mengatakan bahwa media adalah suatu alat yang dipahami sebagai saluran (chanel) untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi dari suatu sumber (resource) kepada penerimanya (receiver).

1. Kelebihan :
a. Pendekatan, strategi dan media yang digunakan sudah tepat.
b. proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Kelemahan :
a. Guru tidak memberikan informasi kepada siswa tentang apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi kepada peserta didik
b. Metode pembelajaran kurang tepat, sehingga alokasi waktu belum maksimal. Disarankan menggunakan metode kelompok
c. Guru tidak memberikan penilaian
d. Kegiatan penutup atau umpan balik tidak tampak karena keterbatasan waktu
2. Pernah. Hal ini terjadi karena waktu jam mengajar yang mestinya 90 menit berkurang menjadi 60. Kekurangan waktu ini secara tidak langsung membuat saya mengurangi kegiatan pendahuluan, namun tujuan pembelajaran tetap saya sampaikan.
3. Kegiatan Pendahuluan
• Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
• Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
• Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
• Guru memberikan motivasi kepada siswa
• Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
Kegiatan Inti
• Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
• Siswa mendengarkan dan mengamati dengan seksama materi puisi yang sedang dipelajari dalam bentuk slide presentasi yang disajikan
• Siswa menulis informasi yang sudah disampaikan
• Siswa melihat media gambar atau video sebagai bahan tugas menulis puisi
• Siswa mencari dan menulis informasi dari tayangan gambar/ video sebagai bahan menulis puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
• Siswa secara berkelompok menulis puisi bebas dengan tema yang sudah ditentukan
• Setiap kelompok membacakan puisi hasil ciptaannya.
• Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan unsur-unsur pembangun puisi.
• Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
• Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentangunsur-unsur pembangun puisi yang diciptakannya..
Kegiatan Penutup
• Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
• Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
• Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
4. a. Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. (Hamzah Uno, 7: 2006).
b. Guthrie mengemukakan bahwa belajar merupakan kaitan asosiatif antara stimulus dan respon tertentu. Stimulus dan respon merupakan faktor kritis dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan pemberian stimulus yang sering agar hubungan lebih langgeng. Suatu respon akan lebih kuat (dan bahkan menjadi kebiasaan) apabila respon tersebut berhubungan dengan berbagai stimulus.

1.Media pembelajaran sangat menarik perhatian siswa,sehingga siswa sangat termotivasi dalam pembelajaran.
2.Terkadang dengan waktu yang terlewatkan,membuat tujuan pembelajaran kurang tercapai.
- Kelemahan pada vidio pembelajaran GPO.
- Pada awal pembelajaran, tidak Nampak adanya absensi dan berdoa bersama
- Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan langsung masuk kepada materi pelajaran
- Guru tidak memberikan informasi kepada siswa tentang apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi kepada peserta didik
- Guru tidak melakukan penilaian secara menyeluruh kepada siswa untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami materi atau tidak.
- Pada akhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan materi yang telah disampaikan
- Kelebihan
- Guru melakukan strategi pembelajaran yang tepat dengan menambahkan media yang menarik yang membuat minat siswa untuk belajar dan siswa pun menjadi aktif, merasa senang dan kreatif dalam menulis puisi.
- Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang jelas dan dapat menguasai kelas dengan baik. Hal ini dilihat dari antusias siswa, dan siswa focus kepada materi yang diajarkan.
- Guru memberi reward kepada siswa yang sudah selesai terlebih dahulu dan mau membacakan di depan kelas, sehingga bisa memotivasi siswa untuk bisa menyelesaikan perintah lebih tepat waktu
- Hal unik yang ditemukan adalah ketika salah satu siswa bertanya kepada guru apakah masih ada gambar yang lain, yang artinya siswa menyukai media yang ditampilkan oleh guru.
- Perbaikan pembelajaran atau solusi perbaikan
- Pada saat masuk kelas, guru melakukan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu siswa sesuai dengan keyakinan masing-masing dan guru juga melakukan absensi
- Guru menyebutkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan juga melakukan Tanya jawab yang berkenaan dengan materi.
- Guru menyampaikan materi yang menjadi dasar penting dari materi seperti apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi
- Guru mempersilahkan beberapa siswa untuk melakukan presentasi terhadap puisi yang sudah dibuatnya.
- Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas untuk melihat sejauh mana siswa memahami membuat puisi bebas.
- Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari serta melakukan penutup.
MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR
1. Kelemahannya adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Kelebihannya adalah guru menyediakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik.
2. . Saya pernah mengalami hal tersebut dimana saya lupa menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga pada pembelajaran tersebut saya kesulitan dalam hal mengajak mereka untuk memahami cara berdiskusi dan menulis puisi bebas dengan media bergambar.
3. Untuk mengatasinya saya menjelaskan ulang tujuan pembelajaran, meskipun hal itu sudah lewat waktunya. Tapi hal itu akhirnya samgat berguna bagi siswa karena mereka akhirnya tahu apa yang harus dilakukan.
4. Hamijaya (1997:3) mengatakan bahwa media adalah semua bentuk perantara yang dipakai sebagai penyebar ide atau gagasan, sehingga ide atau gagasan tersebut sampai pada penerima.
Robert F. Mager (1962) misalnya memberikan pengertian tujuan pembelajaran sebagai perilaku yang hendak kompetensi tertentu.
- Kelebihan dan kekurangan guru pada video tersebut adalah
a. Kelebihan
Guru menyediakan media pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik dan mudah memahaminya, selanjutnya guru memberikan pertanyaan yang membangkitkan imajinasi peserta didik dari video yang sudah ditayangkan. Pembelajaran yang dilakukan dengan sangat menyenangkan karena guru mampu memancing peserta didik untuk menjawab pertanyaannya. Di video tersebut guru bisa menguasai kelas dengan baik.
b. Kekurangan
– Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam pembuka
– Guru tidak menyampaikan KD, tujuan pembelajaran yang harus di capai
– Guru tidak menjelaskan mengenai materi puisi, setelah diskusi mengenai video yang di putar guru langsung memberikan tugas menulis puisi dengan tema kemiskinan.
– Guru tidak menilai semua hasil kerja peserta didik
– Di akhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan pembelajaran yang sudah di lalui hari ini.
2. Saya pernah mengalami hal serupa seperti di video tersebut yaitu saya menayangkan video pembelajaran dan menjelaskan sedikit tentang video tersebut. Saat sesi Tanya jawab peserta didik masih antusias. Pada saat membuat
3. Langkah – langkah yang dilakukan untuk memperbaiki kelemahan di Video Guru tersebut :
a. Kegiatan awal
– Masuk ke kelas dengan mengucapkan salam
– Guru membuka kegiatan dengan cara berdoa bersama
– Guru mengabsen ketidak hadiran peserta apabila ada yang sakit di doakan bersama agar lekas sembuh
– Guru menyampaikan topic materi, KD, indikator dan tuuan pembelajaran
– Guru memberikan peserta didik motivasi agar semangat mengikuti pembelajaran hari ini.
b. Kegiatan Inti
– Dengan menggunakan media pembelajaran beberapa macam contoh puisi bebas melalui media bergambar sambil dijelaskan dan meminta peserta didik mengamatinya dengan jelas kemudian mendiskusikannya bersama kelompok mengenenai arti puisi tersebut.
– Guru meminta peserta didik untuk mengemukakakn pendapatnya mengenai puisi tersebut.
– Guru dan peserta didik menyimpulkan puisi tersebut
– Guru menjelaskan langkah – langkah cara membuat puisi bebas dengan media bergambar
-Peserta didik di bagi menjadi 4 – 5 peserta per kelompok
– Peserta didik duduk melingkar berkelompok membuat puisi bebas dengan media gambar
– Peserta didik mempresentasikan hasil membuat puisi dan membacakannya di depan kelas
c. Penutup
– Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil kerja kelompoknya membuat puisi
– Guru dan peserta didik mengucap syukur dan berdoa bersama sebelum pembelajaran habis.
4. Menurut 2 pakar
a. Tarigan (2008:6-8) mengatakan bahwa sebuah puisi adalah sebuah struktur yang terdiri dari unsur-unsur pembangun yang berkaitan dengan unsur-unsur puisi yaitu struktur batin yang terdiri atas tema, amanat, nada, dan rasa. Sedangkan struktur fisik yaitu pencarian pemilihan diksi, pemilihan bunyi (rima), pemanfaatan gaya bahasa, dan sebagainya.
b. Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman
Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman. c. Jerome Bruner (1915-2016) Beliau adalah seorang pengikut setia teori kognitif, khususnya dalam studi perkembangan fungsi kognitif. Ia menandai perkembangan kognitif manusia sebagai berikut:
- Perkembangan intelektual ditandai dengan adanya kemajuan dalam menanggapi rangsangan.
- Peningkatan pengetahuan tergantung pada perkembangan sistem penyimpanan informasi secara realis.
- Perkembangan intelektual meliputi perkembangan kemampuan berbicara pada diri sendiri atau pada orang lain memalui kata-kata atau lambang tentang apa yang akan dilakukan. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan pada diri sendiri.
- Interaksi secara sistematis antara pembimbing, guru atau orang tua dengan anak diperlukan bagi perkembangan kognitifnyae) Bahasa adalah kunci perkembangan kognitif, karena bahasa merupakan alat komunikasi antara manusia.
- Untuk memhami konsep-konsep yang ada diperlukan bahasa. Bahasa diperlukan untuk mengkomunikasikan suatu konsep kepada orang lain.
- Perkembangan kognitif ditandai dnegan kecakapan untuk mengemukakan beberapa alternatif secara simultan, memilih tindakan yang tepat, dapat memberikan prioritas yang berurutan dalam berbagai situasi.
Bruner mengembangkan teorinya yang disebut free discovery learning. Teori ini menjelaskan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu aturan (termasuk konsep, toeri, definisi, dan sebagainya) melalui contoh-contoh yang yang menggambarkan (mewakili) aturan yang menjadi sumbernya. Peserta didik dibimbing secara induktif untuk mengetahui kebenaran umum.

NAMA : ROSNIATI HAREFA
NIM : 040982633
JURUSAN : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
MATA KULIAH : PBIN4501/Pemantapan Kemampuan Profesional
Tugas Praktik 1a. Menganalisis Video
1. Kelebihan dan kelemahan guru dalam video adalah:
Kelebihan : media pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan materi pembelajaran dan cukup menarik.
Kelemahan: tujuan pembelajaran dan materi yang disampaikan kurang dipahami siswa akibatnya kurangnya respon pembelajaran baik antara siswa maupun guru.
2. Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu. Pernah saat melangsungkan penyampaian materi namun masih kurang persiapan sebelumnya sehingga materi yang saya sampaikan tidak bisa diproses siswa lebih mendalam dan bahkan siswa merasa kesulitan.
3. Langkah-langkah memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang ditemukan pada video tersebut yaitu:
a. Guru membuka pembelajaran dengan menyapa,mengajak berdoa dan mengabsen siswa
b. Guru memotivasi siswa
c. Menanyakan pendapat siswa tentang materi yang disampaikan mengenai slogan dan memberikan contoh-contohnya.
d. Guru aktif memonitoring dan memperhatikan siswa saat pemberian tugas agar siswa aktif dalam mengerjakan.
e. Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa
4. Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan
menurut Sardiman A. M (2010: 75) dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Menurut Wina Sanjaya, keterampilan membuka pelajaran adalah usaha yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada pengalaman belajar yang disajikan sehingga akan mudah mencapai kompetensi yang diharapkan.
Nama : Beniati Zebua
NIM : 041531606
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah Kelebihannya adalah guru menyediakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan mudah memahami apa yang harus dikerjakannya. Sedangka kelemahannya adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta informasi kepada siswa tentang apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi yang harus juga dimiliki siswa secara bertahap .
- Saya pernah mengalami peristiwa semacam ini seperti situasi dan materinya hampir sama dengan yang ditayangkan pada video, hanya tema puisinya yang berbeda.
- Perbaikan pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video tersebut, langkah-langkahnya adalah pada awal pembelajaran akan disampaikan tujuan pembelajaran, dan selanjutnya akan disampaikan langkah/cara/syarat membuat puisi yang baik, dan tentu saja saya akan mencontohkan bagaimana cara membaca puisi dengan benar, serta menyampaikan manfaatnya dan unsur – unsur puisi yang harus dimiliki siswa secara bertahap
- Teori atau pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut adalah – Mc.M.Connel (1974) dengan tegas mengatakan “if the medium fits use it”, artinya jika media sesuai maka gunakanlah. – Soeparno (1988:1) mengatakan bahwa media adalah suatu alat yang dipahami sebagai saluran (chanel) untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi dari suatu sumber (resource) kepada penerimanya (receiver).
NAMA : AGUNG MULYANI
NIM : 030436545
1. Kelebihannya :
a. Pada awal pelajaran guru telah menguasai pengelolaan kelas dan membuka pelajaran dengan pengamatan melalui sebuah tayangan video yang menarik.
b. Siswa terlihat aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut, karena guru tersebut telah mampu untuk menarik perhatian para siswa dengan tayangan video tersebut.
c. Guru telah berhasil menyusun strategi pembelajaran dengan yang menarik dan baik dengan terlihat dari proses pembelajaran yang menarik perhatian dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran tentang puisi dengan adanya keaktifan antara guru dan siswa pada saat pembelajaran.
d. Guru telah kreatif dalam menguasai teknologi dan guru pun memberikan penguatan atau reward kepada salah satu siswa di akhir pembelajaran.
Kelemahannya :
a. Pada awal pelajaran, guru belum menjelaskan tentang materi puisi dan unsur-unsurnya.
b. Guru hanya berfokus pada tokoh-tokoh yang ditayangkan media dan bukan pada tujuan pembelajarannya.
c. Kurangnya dalam menentukan alokasi waktu di kegiatan pembelajaran.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, pada saat saya menjelaskan pengertian puisi dan cara membacanya, serta membuat puisi yang sederhana, belum ke tahap membuat puisi dengan tema tertentu.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
a. Saya akan menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
b. Kemudian saya akan mempersilahkan siswa untuk membaca informasi terkait langkah-langkah membuat puisi.
c. Kemudian saya akan memberikan beberapa gambar dan contoh cara membaca puisi yang baik dan benar.
d. Kemudian menugaskan siswa untuk memperhatikan gambar lain dan menugaskan para siswa untuk membuat sebuah puisi bebas sesuai gambar tersebut atau sesuai dengan pengalaman yang pernah mereka alami.
e. Setelah para siswa selesai mengerjakan, guru dipersilahkan para siswa untuk membacakan puisinya didepan kelas untuk membacakan hasil puisinya.
f. Setelah selesai maka guru memberikan refleksi dan penguatan kepada para siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Robert F. Mager (1962) misalnya memberikan pengertian tujuan pembelajaran sebagai perilaku yang hendak kompetensi tertentu.
Fred Percival dan Henry Ellington (1984) yakni tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan penampilan atau keterampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar.

Video tersebut bercerita tentang pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani.
Ada hal yang dapat saya pelajari dari tayangan video tersebut, misalnya Guru menyediakan media gambar yang berhasil memancing perhatian siswa sehingga guru meminta para siswa menulis bebas dengan topik yang ditentukan, yakni kemiskinan, para siswa dapat dengan mudah. Guru yang baik selalu menyediakan media yang menarik sesuai tujuan, ia akan memenuhi permintaan siswa menjelaskan materi yang belum terjangkau sehingga siswa merasa puas dengan pelayanan guru.
Sehingga dalam proses pembelajaran menulis dengan menggunakan puisi sebagai medianya, siswa sangat tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis puisi tersebut.
1. kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
jawab:
Kelebihannya adalah guru menyediakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan mudah memahami apa yang harus dikerjkelemahannya adalah guru tidak menambahkan tujuan pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? pengalaman Anda.
jawab:
pernah, situasi dan materinya hampir sama dengan yang ditampilkan pada video, hanya tema puisinya yang berbeda.
3. Jika Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
jawab:
pada awal pembelajaran akan disampaikan tujuan pembelajaran, dan selanjutnya akan disampaikan langkah/cara/syarat membuat puisi yang baik, dan saja saya akan mencontohkan bagaimana cara membaca puisi dengan benar.
4. teori atau pendapat (minimal 2) yang merupakan langkah- pakarlangkah perbaikan tersebut.
jawab:
sebuah puisi adalah sebuah struktur yang terdiri dari unsur-unsur pembangun yang berkaitan dengan unsur-unsur puisi yaitu struktur batin yang terdiri atas tema, amanat, nada, dan rasa. Sedangkan struktur fisik yaitu pencarian pemilihan diksi, pemilihan (rima), pemanfaatan gaya bahasa, dan sebagainya
Video tersebut bercerita tentang pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani.
Ada hal yang dapat saya pelajari dari tayangan video tersebut, misalnya Guru menyediakan media gambar yang berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan topik yang ditentukan, yakni kemiskinan, para siswa dapat mengerjakannya dengan mudah. Guru yang baik selalu menyediakan media yang menarik sesuai tujuan, ia akan memenuhi permintaan siswa menjelaskan materi yang belum dipahami sehingga siswa merasa puas dengan pelayanan guru.
Sehingga dalam proses pembelajaran menulis dengan menggunakan puisi sebagai medianya siswa sangat tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis puisi tersebut.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
jawab:
Kelebihannya adalah guru menyediakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan mudah memahami apa yang harus dikerjakannya. Sedangka kelemahannya adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
jawab:
pernah, situasi dan materinya hampir sama dengan yang ditayangkan pada video, hanya tema puisinya yang berbeda.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
jawab:
pada awal pembelajaran akan disampaikan tujuan pembelajaran, dan selanjutnya akan disampaikan langkah/cara/syarat membuat puisi yang baik, dan tentu saja saya akan mencontohkan bagaimana cara membaca puisi dengan benar.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
jawab:
Sebuah puisi adalah sebuah struktur yang terdiri dari unsur-unsur pembangun yang berkaitan dengan unsur-unsur puisi yaitu struktur batin yang terdiri atas tema, amanat, nada, dan rasa. Sedangkan struktur fisik yaitu pencarian pemilihan diksi, pemilihan bunyi (rima), pemanfaatan gaya bahasa, dan sebagainya (Tarigan, 2008:6-8).
Wardoyo (2013:73-76) mengemukakan bahwa langkah-langkah dalam menulis puisi dapat diawali dengan tiga proses, yaitu:
1. Mencari ide adalah sumber tulisan.
2. Mengendapkan atau Perenungan Ide
3. Memainkan Kata