0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Posted new comment

Video tersebut bercerita tentang pembelajaran dengan pokok bahasan Menulis Puisi. Guru memancing imajinasi para siswa dengan beberapa video terkait dengan topik yang dibahas, yakni Tukang Jamu Gendhong, Penjual Skoteng, dan Kehidupan Petani.
Ada hal yang dapat saya pelajari dari tayangan video tersebut, misalnya Guru menyediakan media gambar yang berhasil memancing perhatian siswa sehingga ketika guru meminta para siswa menulis puisi bebas dengan topik yang ditentukan, yakni kemiskinan, para siswa dapat mengerjakannya dengan mudah. Guru yang baik selalu menyediakan media yang menarik sesuai tujuan, ia akan memenuhi permintaan siswa menjelaskan materi yang belum dipahami sehingga siswa merasa puas dengan pelayanan guru.

Sehingga dalam proses pembelajaran menulis dengan menggunakan puisi sebagai medianya siswa sangat tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis puisi tersebut.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
jawab:
Kelebihannya adalah guru menyediakan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan mudah memahami apa yang harus dikerjakannya. Sedangka kelemahannya adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
jawab:
pernah, situasi dan materinya hampir sama dengan yang ditayangkan pada video, hanya tema puisinya yang berbeda.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
jawab:
pada awal pembelajaran akan disampaikan tujuan pembelajaran, dan selanjutnya akan disampaikan langkah/cara/syarat membuat puisi yang baik, dan tentu saja saya akan mencontohkan bagaimana cara membaca puisi dengan benar.

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
jawab:
Sebuah puisi adalah sebuah struktur yang terdiri dari unsur-unsur pembangun yang berkaitan dengan unsur-unsur puisi yaitu struktur batin yang terdiri atas tema, amanat, nada, dan rasa. Sedangkan struktur fisik yaitu pencarian pemilihan diksi, pemilihan bunyi (rima), pemanfaatan gaya bahasa, dan sebagainya (Tarigan, 2008:6-8).
Wardoyo (2013:73-76) mengemukakan bahwa langkah-langkah dalam menulis puisi dapat diawali dengan tiga proses, yaitu:
1. Mencari ide adalah sumber tulisan.
2. Mengendapkan atau Perenungan Ide
3. Memainkan Kata

Rismawati
NIM : 530050799

1. Kelebihan guru pada video adalah guru sudah berusaha merangsang minat belajar siswa dengan menampilkan gambar dan video yang selanjutnya meminta siswa untuk menuliskannya dalam bentuk puisi. Guru pun sudah memberikan umpan balik yang sangat baik sehingga siswa yang tampil ke depan merasa senang dan merasa puisi ciptaannya diapresiasi oleh guru itu sendiri dan semua siswa di kelasnya.
kelemahan guru model adalah apesepsi guru yang masih kurang misalnya dikaitkan dengan tujuan pembelaajaran membuaat puisi, di awal pembelajaran siswa dapat diajak membaca sebuah puisi.
2. Dalam melaksanakan pembelajaran tentang puisi sayapun pernah mengalami kesulitan bagaimana mengajak siswa untuk mau menulis puisi.
3. Langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan adalah :
– untuk materi pembelajaran puisi hal yang pertama dipersiapkan adalah ide puisi. Ide puisi dapat dimulai dari hal yang terdekat dan dapat dirangsang dengan menyediakan media gambar seperti pada video.
– menentukan ide puisi yang kemudian dikembangkan dengan mencari kata kunci ataupun dikisi (pilihan kata) yang sesuai.
– membaca puisi dengan lafat,intonasi dan penghayatan yang baik.
4. teori/pendapat pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan saya fokuskan pada media. Menurut Mc.M.Connel (1974) dengan tegas mengatakan “if the medium fits use it”, artinya jika media sesuai maka gunakanlah.

1. Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru berusaha menarik minat siswa dengan menggunakan media. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, media pembelajaran mempunyai peranan penting karena dapat digunakan sebagai perantara untuk menjelaskan bahan ajar atau materi. Materi yang tidak dapat dijelaskan secara rinci, dapat dibantu dengan menggunakan media, sehingga peserta didik dapat mencerna materi pelajaran dengan baik.
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah:
a. Di awal pembelajaran guru tidak menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dari materi yang akan dipelajari, sehingga menyebabkan siswa tidak mengetahui tujuan apa yang akan dicapai dari materi tersebut.
b. Guru menayangkan video hanya secara sekilas saja, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mencerna dan memahami secara baik gambar yang ditayangkan.
c. Guru tidak menjelaskan bagaimana syarat-syarat menulis puisi yang baik dan benar.
d. Guru tidak memeriksa hasil pekerjaan siswa secara keseluruhan, sehingga guru tidak mengetahui apakah puisi yang sudah dibuat oleh siswa, sudah baik dan sesuai dengan tema yang ditentukan.
e. Pada akhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang sudah diajarkan.
2. Belum pernah.
3. Apabila akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang ditemukan, maka langkah-langkah yang akan ditempuh adalah:
a. Pada awal pembelajaran harus menyampaikan kepada siswa kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai dari materi yang akan dipelajari, sehingga siswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
b. Menayangkan gambar video dengan durasi waktu yang cukup, sehingga siswa dapat mencerna dan memahami dengan baik video yang ditayangkan.
c. Menjelaskan bagaimana syarat-syarat menulis puisi yang baik, sehingga dalam mengerjakan tugas menulis puisi, siswa tidak hanya terfokus pada tema.
d. Mengumpulkan hasil pekerjaan semua siswa untuk diperiksa, agar guru mengetahui apakah puisi yang ditulis oleh siswa, sudah baik dan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, dan juga sebagai dasar bagi guru untuk memberikan apresiasi terhadap siswa.
e. Menyimpulkan materi pelajaran yang sudah diajarkan, pada akhir pembelajaran.
4. Hamijaya (1997:3) mengatakan bahwa media adalah semua bentuk perantara yang dipakai sebagai penyebar ide atau gagasan, sehingga ide atau gagasan tersebut sampai pada penerima.
Soeparno (1988:1) mengatakan bahwa media adalah suatu alat yang dipahami sebagai saluran (chanel) untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi dari suatu sumber (resource) kepada penerimanya (receiver).

1. Kelebihan :
a. Pendekatan, strategi dan media yang digunakan sudah tepat.
b. proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Kelemahan :
a. Guru tidak memberikan informasi kepada siswa tentang apa itu puisi, manfaat, dan kandungan (unsur-unsur) puisi kepada peserta didik
b. Metode pembelajaran kurang tepat, sehingga alokasi waktu belum maksimal. Disarankan menggunakan metode kelompok
c. Guru tidak memberikan penilaian
d. Kegiatan penutup atau umpan balik tidak tampak karena keterbatasan waktu

2. Pernah. Hal ini terjadi karena waktu jam mengajar yang mestinya 90 menit berkurang menjadi 60. Kekurangan waktu ini secara tidak langsung membuat saya mengurangi kegiatan pendahuluan, namun tujuan pembelajaran tetap saya sampaikan.
3. Kegiatan Pendahuluan
• Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
• Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
• Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
• Guru memberikan motivasi kepada siswa
• Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
Kegiatan Inti
• Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
• Siswa mendengarkan dan mengamati dengan seksama materi puisi yang sedang dipelajari dalam bentuk slide presentasi yang disajikan
• Siswa menulis informasi yang sudah disampaikan
• Siswa melihat media gambar atau video sebagai bahan tugas menulis puisi
• Siswa mencari dan menulis informasi dari tayangan gambar/ video sebagai bahan menulis puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
• Siswa secara berkelompok menulis puisi bebas dengan tema yang sudah ditentukan
• Setiap kelompok membacakan puisi hasil ciptaannya.
• Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan unsur-unsur pembangun puisi.
• Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
• Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentangunsur-unsur pembangun puisi yang diciptakannya..
Kegiatan Penutup
• Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
• Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
• Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.

4. a. Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. (Hamzah Uno, 7: 2006).
b. Guthrie mengemukakan bahwa belajar merupakan kaitan asosiatif antara stimulus dan respon tertentu. Stimulus dan respon merupakan faktor kritis dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan pemberian stimulus yang sering agar hubungan lebih langgeng. Suatu respon akan lebih kuat (dan bahkan menjadi kebiasaan) apabila respon tersebut berhubungan dengan berbagai stimulus.

1.Media pembelajaran sangat menarik perhatian siswa,sehingga siswa sangat termotivasi dalam pembelajaran.
2.Terkadang dengan waktu yang terlewatkan,membuat tujuan pembelajaran kurang tercapai.