2
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Nama : WILDAN HERMAWAN
Nim : 020712799
UPBJJ UT JAMBI
TOPIK YANG KE LIMA MEMBAHAS MENGENAI ”MENJADI PEMBACA BERITA BMKG”.
1.Kelebihannya
-Guru tersebut memulai pembelarannya dengan kegiatan pembuka seperti salam,dan menanyakan kabar peserta didiknya.
-Materi yang disampaikan sudah cukup baik.
-Guru tersebut membuat kelompok dengan nantinya setiap perwakilan,setiap kelompok membacakan berita tersebut.
-Mencari bahan media yang lain di perpustakaan.
Kelemahannya
-Masih adanya siswa yang tidur.
2.Pernah,saya selaku guru selain media buku teks,juga menggunakan referensi”lain yang ada di perpustakaan kemudian juga di tambah dengan berupa video,gambar dan fhoto dan lain sebagainya.
3.Menambahkan media pembelajaran yang lebih menarik,sehingga tidak ada siswa yang tidur dikelas pada saat proses belajar mengajar dan apabila di tanya ia bisa menjawab.
4.a.Slameto (2003:2)
belajar merupakan proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi siswa bersama lingkungannya,hal ini di lakukan guna memenuhi kebutuhan mereka yang mungkin berbeda beda.
b.Imron (1996:2) sebagai sebuah perubahan tingkah laku dalam diri seorang yang relatif menetap,karena bentuk hasil dari sebuah pengalaman.

Video tersebut menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami tentang konsep atmosfer dan hidrosfer pada gejala-gejala alam. Video ini menggambarkan strategi pembelajaran dengan model membelajarkan gejala-gejala alam melalui tayangan kegiatan bermain peran sebagai pembaca berita BMKG melalui membaca prakiraan cuaca, berita tsunami dan cara menghadapinya, gempa bumi dan gunung meletus.
1. Kelemahan-kelemahan guru dalam video
a) Guru tidak mengabsen siswa dan langsung melanjutkan materi
b) Guru tidak memulai dan menutup pembelajaran dengan membaca do’a
c) Guru tidak menangapi hasil presentasi setiap kelompok
d) Guru tidak memberikan evaluasi
e) Terdapat siswa yang tidak bisa menjawab,seharusnya guru melempar pertanyaan kepada siswa lain akan tetapi guru langsung menjawab

2. Kelebihan-kelebihan guru dalam mengajar
a) Guru dalam melaksanakan kegiatan pembuka dan penutup sudah cukup baik
b) Penggunaan stragtegi,metode,pendekatan,media sudah dilaksanakan oleh guru
Terima Kasih