- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Nama : Ni Putu Evi Yupani
NIM : 530058073
Berdasarkan video yang saya cermati tentang “Menggali Penghayatan Siswa Terhadap Peristiwa Sejarah” maka ada beberapa hal yang saya pelajari dan bermanfaat bagi saya terutama bagaimana kita sebagai guru bisa memilih metode pembelajaran yang kreatif, mengingat masih ada siswa terutama di daerah pedesaan belum memiliki buku paket atau buku pegangan, dikarenakan harganya cukup mahal dan keadaan ekonomi keluarga yang kurang mendukung. Banyak siswa yang mengalami kesulitan karena tidak memiliki buku paket yang menyebabkan penurunan dalam kegiatan belajar siswa. Oleh sebab itu sebagai guru kita harus menyiapkan bahan dan alat sehingga siswa sudah terfasilitasi. Kemudian guru dituntun kreatif dalam memilih metode pelajaran yang paling tepat seperti yang telah dilakukan guru dengan mengajak siswa membuat sosiodrama tentang rengasdengklok.
Saran dan masukan, ada baiknya jika pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi untuk mengaitkan apa yang telah diketahui siswa dengan apa yang akan dipelajari siswa. Setelah siswa bersosiodrama ada baiknya bila guru memebrikan tangapan dan umpan balik tentang kegiatan yang telah ditampilkan siswa.
Terima kasih.
Bismillah
setelah saya menyimak video pembelajaran tadi maka saya menyimpulkan bhawa:
Banyak sekali siswa terutama di daerah terutama daerah pedesaan yang mengalami kesulitan dalam belajar terutama berkaitan dengan kepemilikan buku pelajaran atau buku pegangan. Hal ini tentu saja membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan menuntut guru untuk mencari solusi untuk mengatasinya. Pada video ini guru membuat ringkasan peristiwa rengas dengkolok dan membagikannya kepada siswa serta siswa diminta untuk melakukan sosio drama mengenai peristiwa rengas dengklok sehingga siswa bisa lebih menghayati peristiwa rengas dengklok tersebut dengan lebih mudah dan efektif.
Setelah saya menyimak video tadi, saya dapat menyimpulkan bahwa dalam kelas guru tidak melakukan apresepsi, guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pembelajaran tidak menarik,karena siswa hanya disuruh mencatat tanpa guru menjelaskan terlebih dahuru. kendala yang dihadapi salahsatunya ketidaksediaan buku paket atau buku pegangan siswa menjadikan kendala dalam proses pembelajaran,diharapkan baik siswa ataupun guru mempunyai buku yang digunakan sebagai penunjang.
Pengalaman saya tidak pernah mengalami hal seperti pada video tersebut.
Setelah menyimak video pembelajaran menggali penghayatan siswa terhadap peristiwa sejarah, saya mendapat gambaran tentang salah satu pengajaran tentang cara yang bisa dilakukan untuk meneladani sikap pahlawan dari peristiwa sejarah, karena seringnya dalam penyampaian sejarah hanya sebatas informasi pengetahuan sejarah dan cara-cara meneladani sikap pahlawan tanpa mencoba mempraktekkan bagaimana supaya siswa sendiri mengalami sejarah tersebut. Metode ini bagus untuk diterapkan selain dapat membuat anak menyelami sendiri peristiwa sejarah juga dapat menumbuhkan sikap percaya diri, keberanian dan membuat anak menjadi aktif dalam belajar.
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab:Pada tahap kegiatan awal, kegiatan yang harus guru lakukan adalah: salam, pengecekan kehadiran, apersepsi, dan motivasi. Dari semua rangkaian kegiatan awal tersebut , yang saya lihat guru hanya melakukan pengecekan kesiapan belajar siswa. Padahal pada kegiatan awal banyak yang harus dilakukan oleh guru sebagai motivasi anak dalam menerima setiap materi yang diberikan. Kegiatan awal sangat dibutuhkan sebagai kunci keberhasilan anak dalam menerima setiap materi yang diberikan.Saat pembelajaran inti, guru membagi ringkasan materi yang akan digunakan untuk sosiodrama. Namun guru tidak menjelaskan bagaimana siswa harus menampilkan drama untuk menghayati peristiwa sejarah yang dimaksud oleh guru. Penjelasan yang diberikan guru tersebut menurut saya tidak cukup untuk menampilkan sebuah drama.
Perbaikan Pembelajaran
Pada kegiatan Pembelajaran pada Video tersebut kita dapat memperbaiki proses pembukaan pembelajran dengan memperbaiki Apersepsi siswa, Motivasi serta pemberian acuan yang jelas pada sosiodrama.
- Kelebihan Guru
- Kelebihan Guru pada Video tersebut salah satunya adalah pada pembukaan pembelajaran serta pengkondisian kelas yang sudah cukup baik serta adanya perbaikan pada proses pembelajaran.
- Kelemahan pada Video tersebut nampak bahwa siswa kesulitan menghayati peristiwa sejarah untuk sosiodrama karena kurang penjelasan dari guru.
- Pengalaman Pribadi
Saya tidak pernah mengalami hal pada Video tersebut di atas
- Perbaikan Pembelajaran
Pada kegiatan Pembelajaran pada Video tersebut kita dapat memperbaiki proses pembukaan pembelajran dengan memperbaiki Apersepsi siswa, Motivasi serta pemberian acuan yang jelas pada sosiodrama.
- Pendapat Pakar
Dick dan carey (1985) menyebutnya pre instructional activities dan modul universitas terbuka menggunakan istilah pengantar atau kadang-kadang disebut pendahuluan.kegiatan awal tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa agar secara mental mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan dan sikap baru.seorang pengajar yang baik tidak akan mendadak memberikan topik.
Teori Belajar Piaget Jean Piaget, Belajar aktif Proses pembelajaran adalah proses aktif karena pengetahuan terbentuk dari dalam subjek belajar, Belajar lewat interaksi sosial Dalam belajar perlu diciptakan suasana yang memungkinkan terjadinya interaksi diantara subjek belajar bersama baik dengan teman sebaya maupun orang yang lebih dewasa akan membantu perkembangan kognitif mereka.
- Tanggapan Pada Pendapat Orang Lain : 1. Sependapat dengan Fitriyani bahwa pada proses pembukaan Guru sudah cukup baik hanya pada saat Apersepsi harus lebih jelas intruksi pembelajaran kepada siswa. 2. Saya sependapat dengan Ibu Trigunasih bahwa Guru pada awal pembukaan terlalu monoton.
Nama : Sri Intan Gustina
NIM : 530054076
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Dasar
UPBJJ-UT Bandung
Saya dapat memperoleh manfaat bahwa sikap ketegasan guru terhadap siswa SMP harus lebih “berani” lebih tegas dan lebih lugas dalam memperingatkan kesalahan siswa. Terlihat dalam video tersebut terdapat pemberian punishment bagi siswa yang tidak membawa buku pelajaran IPS, selanjutnya deberikan penguatan kembali untuk seluruh siswa agar membawa buku pelajaran IPS. Memasuki kegiatan inti, guru memberikan ringkasan sebelum siswa melakukan sosio drama peristiwa Rengasdengklok. Metode ini sangat menarik perhatian siswa, melatih rasa percaya diri dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Saran saya agar pembelajaran lebih interaktif dan menarik baiknya sosio drama ini menggunakan property, baik itu difasilitasi atau sebelumnya siswa ditugaskan untuk membawa sendiri melalui kelompok kecil. bahkan lebih bagus lagi jika guru terlibat sebagai narator dan diiringi dengan pengantar suasana melalui media audio (music) yang sesuai dengan alur drama. Musik sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar dalam suatu pementasan. Penjiwaan siswa akan lebih optimal karena efek yang diberikan dari musik pengiring.