0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Nama : Sri Intan Gustina
NIM : 530054076
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Dasar
UPBJJ-UT Bandung
Saya dapat memperoleh manfaat bahwa sikap ketegasan guru terhadap siswa SMP harus lebih “berani” lebih tegas dan lebih lugas dalam memperingatkan kesalahan siswa. Terlihat dalam video tersebut terdapat pemberian punishment bagi siswa yang tidak membawa buku pelajaran IPS, selanjutnya deberikan penguatan kembali untuk seluruh siswa agar membawa buku pelajaran IPS. Memasuki kegiatan inti, guru memberikan ringkasan sebelum siswa melakukan sosio drama peristiwa Rengasdengklok. Metode ini sangat menarik perhatian siswa, melatih rasa percaya diri dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Saran saya agar pembelajaran lebih interaktif dan menarik baiknya sosio drama ini menggunakan property, baik itu difasilitasi atau sebelumnya siswa ditugaskan untuk membawa sendiri melalui kelompok kecil. bahkan lebih bagus lagi jika guru terlibat sebagai narator dan diiringi dengan pengantar suasana melalui media audio (music) yang sesuai dengan alur drama. Musik sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar dalam suatu pementasan. Penjiwaan siswa akan lebih optimal karena efek yang diberikan dari musik pengiring.

Nama : Ni Putu Evi Yupani
NIM : 530058073
Berdasarkan video yang saya cermati tentang “Menggali Penghayatan Siswa Terhadap Peristiwa Sejarah” maka ada beberapa hal yang saya pelajari dan bermanfaat bagi saya terutama bagaimana kita sebagai guru bisa memilih metode pembelajaran yang kreatif, mengingat masih ada siswa terutama di daerah pedesaan belum memiliki buku paket atau buku pegangan, dikarenakan harganya cukup mahal dan keadaan ekonomi keluarga yang kurang mendukung. Banyak siswa yang mengalami kesulitan karena tidak memiliki buku paket yang menyebabkan penurunan dalam kegiatan belajar siswa. Oleh sebab itu sebagai guru kita harus menyiapkan bahan dan alat sehingga siswa sudah terfasilitasi. Kemudian guru dituntun kreatif dalam memilih metode pelajaran yang paling tepat seperti yang telah dilakukan guru dengan mengajak siswa membuat sosiodrama tentang rengasdengklok.
Saran dan masukan, ada baiknya jika pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi untuk mengaitkan apa yang telah diketahui siswa dengan apa yang akan dipelajari siswa. Setelah siswa bersosiodrama ada baiknya bila guru memebrikan tangapan dan umpan balik tentang kegiatan yang telah ditampilkan siswa.
Terima kasih.