2

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita.

Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.

Ditulis oleh: Idha Novianti  

Answered question

Saya setuju dengan strategi pembelajaran pada video tersebut. Kebanyakan siswa memang sulit untuk mengerjakan soal cerita. Dengan bermain peran sebagai penjual dan pembeli menggunakan uang mainan dan buah-buahan mainan itu akan membantu memudahkan mereka untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita tersebut, karena siswa terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah tersebut.
Semua siswa harus diberikan kesempatan yang sama untuk memainkan peran tersebut, agar semua dapat memahaminya.
Tetapi kelemahannya adalah, untuk memainkan peran tersebut sedikit memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga jika siswa tersebut sudah pandai memahami soal cerita, mereka sebaiknya menyelesaikan soal cerita yang lain secara langsung. Menghitung angka-angka yang terdapat dalam soal cerita tersebut.
Dan ketika mengerjakan soal cerita menggunakan bermain peran seperti yang ada divideo terbut, guru harus menjelaskan konsep perkalian.

Nama : EVI SUKMAWATI
NIM : 857671668

1. Dalam video pembelajaran tersebut model yang digunakan sudah bagus karena dengan model bermain peran sebagai penjual dan pembeli siswa bisa merasakan langsung permasalahan yang ada pada soal sehingga dapat tercipta pembelajaran yang bermakna
2. Dalam video juga sudah tercipta pembelajaran yang aktif, hal ini dapat terlihat dari beberapa siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru
3. Kelemahan dari video tersebut adalah posisi guru yang monoton, atau kurang memperhatikan keadaan siswa, harusnya guru bisa berkeliling untuk membimbing siswa yang belum bisa memecahkan masalah tersebut
4. Dalam posisi tempat duduk siswa, lebih baik dibentuk dalam kelompok-kelompok karena dapat membentuk interaksi yang lebih luas antar siswa. Posisi berkelompok juga dapat membantu siswa yang pemahamannya lemah untuk memecahkan permasalahan dalam soal
5. Model pembelajaran yang digunakan adalah bermain peran, tidak semua materi soal cerita bisa menggunakan model pembelajaran tersebut.
6. Untuk soal cerita yang memerlukan analisis lebih dan tingkat berpikir yang lebih kritis model bermain peran tidak bisa diterapkan

NAMA : ENDIS DIA PUSPITA SARI
NIM : 837436682
UPBJJ : UT SURABAYA
POKJAR : BOJONEGORO

Menurut pendapat saya dari kegiatan belajar tersebut guru sudah bisa menguasai bagaimana cara yang terbaik agar siswa memahami dengan mudah soal certita tersebut. dengan cara jual beli didalam kelas dan menukarkan uang beserta barang jualannya itu siswa dapat memahami dan bisa menalar sendiri hal tersebut, jadi kalo guru hanya menjelaskan dengan cara membaca soalnya saja kemungkinan siswa akan lebih sulit untuk menjawabnya.
saya setuju dengan metode pembelajaran yang diberikan guru terhadap siswa tersebut.

Nama : Herli Sasmita
Nim : 856720009
Menurut saya metode yang diperagakan pada video sangat efektif n dapat lbih mudah dipahami oleh anak-anak dimana dengan bermain peran secara langsung anak akan mudah mengerti dan memahami soal-soal cerita karena memperaktikkannya secara langsung bukan hanya membayangkan n melakukan penalaran untuk soal yang mereka kerjakan.

Nama : Aisyah Nur Aini
NIM : 837424781
menurut saya guru yang ada didalam video sudah menguasai materi yang disampaikan dan alat hitungnya pun mendukung saat ajar mengajarkan berlangsung, suasana kelas kelas pun sangat efektif sekali dan siswa mudah mengerti apa yang disampaikan guru tersebut