1

Dalam mengajarkan lagu-lagu pada siswa hendaknya diajarkan terlebih dahulu teknik pernafasan artikulasi dan mengenalkan pada siswa tentang tanda-tanda dinamik yang ada pada partitur lagu yang akan dinyanyikan. Adapun tanda-tanda dinamik pada lagu satu nusa satu bangsa adalah Cressendo, Decressendo, Mezzo Forte, Forte dn Mezzo Piano. Dengan mengenalkan anak-anak tanda-tanda dinamik tersebut diharapkan anak mulai bernyanyi dengan teknik dan dinamika lagu yang benar.

Adakah strategi lain yang Saudara tawarkan agar siswa lebih memahami tanda dinamik dalam sebuah lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013 saat ini?

Answered question

Nama : Rosalina
NIM : 835659614
menyanyikan secara berkelompok,mungkin bisa kita ketahui siswa yang dapat menguasai lagu, dan ,tangga dinamik . guru terus membimbing siswa dalam menynyikan lagu sehingga lagu tersebut terdengar sempurna untuk di dengar

Menurut saya dalam tayangan video tersebut guru sudah menjelaskan dengan baik tentang teknik menyanyi yang benar, tinggi rendah nada, serta memperkenalkan tanda dinamik pada lagu dengan memberikan contoh syair lagu yang sesuai dengan nada dinamik tersebut. Guru pun mengajak siswa bersama menyanyikan syair lagu dengan menggunakan nada dinamik yang benar. Dengan demikian konsentrasi siswa dalam belajar tetap terjaga sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

1. lumayan memuaskan
2. sudah sesuai dengan kemampuan siswa
3.Belum mempermudah siswa
4. Siswa sangat menyukai metode pembelajarannya
5.iya mereka sangat cepat menanggapi nya

Nama : Dina Amalia Firdausi
NIM : 530075277

Pertanyaan :
Adakah strategi lain yang Saudara tawarkan agar siswa lebih memahami tanda dinamik dalam sebuah lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013 saat ini?

Jawaban :
Strategi yang saya tawarkan dalam pengenalan tanda dinamik :
1. Siswa akan mencari apa itu tanda dinamik dengan membentuk kelompok dan mendiskusikannya terlebih dahulu.
2. Siswa akan mepresentasikan bagaimana fungsi dan penggunaan tanda dinamik sesuai pembagian dari kelompok mereka
3. Mempraktikkan bersama-sama fungsi dari beberapa tanda dinamik pada lagu.

Dari strategi ini diharap siswa menjadi lebih faham tentang bentuk dan fungsi dari beberapa tanda dinamik yang ada pada lagu.

Nama : Nur Elly
NIM : 856683448
UPPBJ : Palembang

Menurut saya Guru yang mengajar di video sudah sangat bagus, guru sangat komunikatif dengan peserta didik, guru lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih aktif, dalam pembelajaran guru juga sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik.