Dalam mengajarkan lagu-lagu pada siswa hendaknya diajarkan terlebih dahulu teknik pernafasan artikulasi dan mengenalkan pada siswa tentang tanda-tanda dinamik yang ada pada partitur lagu yang akan dinyanyikan. Adapun tanda-tanda dinamik pada lagu satu nusa satu bangsa adalah Cressendo, Decressendo, Mezzo Forte, Forte dn Mezzo Piano. Dengan mengenalkan anak-anak tanda-tanda dinamik tersebut diharapkan anak mulai bernyanyi dengan teknik dan dinamika lagu yang benar.
Adakah strategi lain yang Saudara tawarkan agar siswa lebih memahami tanda dinamik dalam sebuah lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013 saat ini?


Menurut saya dalam tayangan video tersebut guru sudah menjelaskan dengan baik tentang teknik menyanyi yang benar, tinggi rendah nada, serta memperkenalkan tanda dinamik pada lagu dengan memberikan contoh syair lagu yang sesuai dengan nada dinamik tersebut. Guru pun mengajak siswa bersama menyanyikan syair lagu dengan menggunakan nada dinamik yang benar. Dengan demikian konsentrasi siswa dalam belajar tetap terjaga sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

1. lumayan memuaskan
2. sudah sesuai dengan kemampuan siswa
3.Belum mempermudah siswa
4. Siswa sangat menyukai metode pembelajarannya
5.iya mereka sangat cepat menanggapi nya

Nama : Dina Amalia Firdausi
NIM : 530075277
Pertanyaan :
Adakah strategi lain yang Saudara tawarkan agar siswa lebih memahami tanda dinamik dalam sebuah lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013 saat ini?
Jawaban :
Strategi yang saya tawarkan dalam pengenalan tanda dinamik :
1. Siswa akan mencari apa itu tanda dinamik dengan membentuk kelompok dan mendiskusikannya terlebih dahulu.
2. Siswa akan mepresentasikan bagaimana fungsi dan penggunaan tanda dinamik sesuai pembagian dari kelompok mereka
3. Mempraktikkan bersama-sama fungsi dari beberapa tanda dinamik pada lagu.
Dari strategi ini diharap siswa menjadi lebih faham tentang bentuk dan fungsi dari beberapa tanda dinamik yang ada pada lagu.

Nama : Nur Elly
NIM : 856683448
UPPBJ : Palembang
Menurut saya Guru yang mengajar di video sudah sangat bagus, guru sangat komunikatif dengan peserta didik, guru lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih aktif, dalam pembelajaran guru juga sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik.
Assalamualaikum..wr..wb…
Nama an Komariyah
Nim 857086174
Mohon maaf pa dosen saya berkomentar tentang Vidio ini
Menurut saya guru tersebut sudah sangat bagus ..langka langka pengajarannya dari memberikan salam dan cara menerangkan materinya dari menjelaskan teknik bernyanyi dan menerangkan unsur unsur musik dan menjelaskan suara dari rendah ketinggi dan dari tinggi kerendah.
Assalamu’alaikum
Menurut saya video tersebut sangat bisa dimengerti dan jelas karna cara guru tersebut mengajar membantu siswa/i bernyanyi dengan maksimal. Dengan mempraktekkan tangan menggenggam dan menutup agar suara dan irama lagu bisa dikendalikan antara lembut dan keras maka siswa/i sangat mudah melihat dan memahami lagu tersebut sesuai juga dgn not2 yg telah di ajarkan . Adapun media yang lain bisa membuka langsung mendengarkan di YouTube atawpun recorder tentang judul lagu tersebut agar siswa/i bisa secara langsung dapat memahami lagu tersebut. Terima kasih🙏
Nama: Nurfitriani
Nim: 858034305
Kelas: pgsd B
Semester: 6
Mengenal tanda dinamik(2010)
Menurut saya, dalam tanyangan video tersebut, guru sudah menjelaskan dengan teknik menyanyi yang benar, tinggi rendah nada, serta memperkenalkan tanda dinamik pada lagu dengan memberikan contoh syair lagu yang sesuai dengan nada dinamik tersebut. Namun dalam hal menyanyikan secara berkelompok akan terlihat siswa yang belum menguasai teknik nada yang benar, sehingga guru terus memberikan arahan atau bimbingan kepada siswa agar lagu yang dinyanyikan secara berkelompok bisa didengar dengan baik.
Nama : Siti Nurmaya
Nim : 858034534
Semester : 6
Kelas :B
Menurut saya dalam tayangan video tersebut guru sudah menjelaskan dengan baik tentang teknik menyanyi yang benar, tinggi rendah nada, serta memperkenalkan tanda dinamik pada lagu dengan memberikan contoh syair lagu yang sesuai dengan nada dinamik tersebut. Guru pun mengajak siswa bersama menyanyikan syair lagu dengan menggunakan nada dinamik yang benar. Dengan demikian konsentrasi siswa dalam belajar tetap terjaga sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
NAMA : MARSELLA ARTHA MAHARANI
NIM : 858034527
Menurut saya ,setelah saya menyimak video tersebut, Siswa merespon baik dari penjelasan guru tersebut,siswa memperhatikan dan aktif.
Dalam bernyanyi ,guru sebaiknya menjelaskan tanda nada. Menurut saya, guru sudah menjelaskan teknik bernyanyi yang benar dan tinggi rendah nada tersebut, dan guru tersebut harus mencontohkan kepada murid tersebut bagaimana nyanyi yang benar, dan cara mengatur nafas saat bernyanyi.
Nama : Rosalina
NIM : 835659614
menyanyikan secara berkelompok,mungkin bisa kita ketahui siswa yang dapat menguasai lagu, dan ,tangga dinamik . guru terus membimbing siswa dalam menynyikan lagu sehingga lagu tersebut terdengar sempurna untuk di dengar