- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Kelebihan dan kekurangan dari video tentang perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya bagi masyarakat pedesaan adalah:
Kelebihan:
1. Guru merubah model pembelajaran
2. Guru telah membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
3. Topik pembahasan telah disiapkan.
4. Siswa menjadi aktif dan mampu mengeluarkan pendapat.
5. Guru meyimpulkan pendapat dari masing-masing kelompok.
Kelemahannya:
1. Guru membuat tema yang sama
2. Hanya ketua kelompok yang bertanggung jawab menyampaikan hasil diskusi.
3. Pada saat awal pembelajaran siswa belum memahami tentang materi yang dibahas.
Pernah, karena tidak semua siswa mampu memahami materi yang dibahas walaupun sudah merubah metode pembelajaran.
Langkah-langkah:
1. Memotivasi siswa.
2. Membuat tema yang berbeda.
3. Menyimpulkan atau memberikan tambahan tentang pendapat siswa
1. Kelebihan dari guru yang terdapat dalam video tersebut :
– pengorganisasian siswa berjalan cukup baik
– guru merubah strategi dalam menjelaskan terkait materi IPS ini dengan metode investigasi grup dan berjalan cukup berhasil
– Guru Sudah tepat memilih model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation karena memberikan kemungkinan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang diharapkan sesuai dengan perkembangan yang dilalui siswa.
Kelemahan dari guru yang terdapat dalam video tersebut:
– guru mengawali dengan pertanyaan yang ternyata siswa tidak ada yang bisa menjawab
– Hanya ketua kelompok yang bertanggung jawab menyampaikan hasil diskusi.
– Pada saat awal pembelajaran siswa belum memahami tentang materi yang dibahas.
2. Pernah, karena tidak semua siswa mampu memahami materi yang dibahas walaupun sudah merubah metode pembelajaran.
3. Selain dengan metode investigation group untuk materi IPS dapat dilakukan dengan model pembelajaran jigsaw dengan langkah-langkah sebagai berikut
a. Membuat grup yang terdiri dari bermacam latar belakang terdiri dari 4 hingga 6 siswa.
b. Dalam grup siswa akan diberi sub konsep yang berbeda.
c. Setiap grup berdiskusi dan menjelaskan sub konsep yang telah diberikan dan memutuskan staf ahli yang bergabung ke grup staf ahli.
d. Anggota staf ahli akan mendiskusikan setiap sub konsep yang ada dan mengkoneksikan satu dengan yang lainnya.
e. Grup ahli dibimbing untuk diskusi tentang konsep yang ada dan saling bahu membahu memahami konsep yang diberikan.
f. Setiap grup akan menjelaskan di depan kelas hasil daripada diskusi yang ada.
g. Guru akan mengadakan kuis untuk setiap siswa pada akhir pembelajaran mengenai materi konsep yang sudah diterima siswa.
h. Siswa akan menyelesaikan kuis individual dan grup.
4. Teori belajar dari model pembelajaran jigsaw adalah : teori belajar kooperatif dan kolaboratif serta teroi belajar kognitif sosial
5. sudah ada di kolom komentar
ANDI EKO PRAMONO
530058564
Pada video pembelajaran yang berjudul Mengenal Perekonomian Masyarakat Perkotaan dan Dampaknya bagi masyarakat Pedesaan Guru Sudah tepat memilih model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation karena memberikan kemungkinan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang diharapkan sesuai dengan perkembangan yang dilalui siswa. Pada Video tugas guru sudah sesuai dengan penerapan model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Group akan tetapi lebih efektif lagi pembelajaran apabila Guru bertindak sebagai fasilitator ketika investigasi kelompok diterapkan. Guru berkunjung pada masing-masing kelompok, melihat bahwa siswa mampu mengatur kerja mereka, membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dalam interaksi kelompok dan juga pelaksanaan tugas-tugas khusus yang berkaitan dengan topik permasalahan yang diberikan. Group investigation harus disesuaikan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa sedangkan dalam kegiatan kelompok hendaknya guru memberikan pengarahan yang seminimal mungkin agar siswa lebih aktif dan dapat mengembangkan kreativitasnya dan pembentukan kelompok dengan kondisi siswa yang heterogen dan demokratis. Siswa diberikan kebebasan untuk mengungkapkan pendapatnya dalam diskusi terbuka. Selain itu siswa juga diajarkan untuk berani mengemukakan pendapatnya di hadapan umum.
berdasarkan video pembelajaran tentang mengenal perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya terhadap masyarakat pedesaan, guru telah melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. dengan penggunaan video pembelajaran, siswa dapat melihat langsung apa saja perekonomian masyarakat perkotaan tersebut. kemudian dengan penggunaan metode diskusi investigation secara berkelompok, siswa dapat menemukan sendiri dampaknya terhadap masyarakat pedesaan. video pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi guru untuk memperbanyak pengetahuan tentang model pembelajaran yang bisa diterapkan dikelas.
- Kelebihan : Guru tersebut sudah membuat model pembelajaran yang sangat menarik bagi siswa siswinya, yaitu model pembelajaran group investigation dan Guru tersebut mampu memberikan umpan balik kepada siswa siswinya dan mengajak para siswanya untuk berfikir kreatif terhadap topik yang dibahas.
Kelemahan : Menurut saya kelemahannya ada pada saat pemberian pertanyaan. Karena pada saat pemberian pertanyaan guru menunjuk salah salah satu siswanya saja untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. - Pernah, tetapi kalau murid pedesaan jika mereka di ajak belajar menngunakan model group investigation tersebut itu sangat susah karena mereka akan mengandalkan hanya salah satu siswa yang ada dimasing-masing kelompok.
- Langkah perbaikan : Guru perlu melakukan kegiatan pendahuluan appersepsi dan motivasi, dan menjelaskan pokok-pokok topik yang akan dibahas
- Model pembelajaran koopratif Jigsaw. Dalam model pemebelajaarn ini siswa banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat, dan mengelola informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya sertaketuntasan bagian materi yang dipelajari.
Model pembelajaran koopratif Numbered Head Together ( NHT ) . dalam model pembelajaran ini menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. - Pendapat dari Ibu Siti Fatimah sanagat bagus. Kara Ibu Siti Fatimah sangat teliti sampai bisa mengetahui bahwa guru yang di dalam vidio tersebut tidak membawa RPP. Mohon maaf Ibu Nina kalau jawaban nomer 5 saya cuman 1 karena yang masuk, dan
Pendapat dari Ibu Emilia saya juga sangat menyetujui, pada intinya seorang guru tidak hanya harus menguasai materi saja tetapi harus juga menguasai kegiatan pendahuluan appersepsi, motivasi serta penguatan.

Kelebihan :
1. Pengguaan metode pembelajaran group investigation sangat tepat karna mengajak siswa untuk menganalisis masalah yang akan di bahas
2. Penyajian Video pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan
Kekurangan :
1. Tidak memeriksa kehadiran diawal pertemuan
2. Tidak menyebutkan tujuan dari materi pembelajaran
Pengalaman saya mengajar dalam kelas, pernah juga menggunakan media video pembelajaran. Anak cenderung lebih tertarik terhadap materi yang di bahas dan hasil belajar lebih meningkat.
- – kelebihan : guru melakukan pembelajaran model group investigation yang merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang dilalui siswa.
Guru menggunakan alat proyektor LCD untuk menciptakan pemahaman dan membuat siswa aktif,paham dalam pembelajaran.
- kelemahan : pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan RP yang sebagaimana mestinya menjadi pedoman sebelum menyampaikan materi pembelajaran.
Seperti halnya dalam pembukaan seharusnya setelah salam guru mengabsen siswa terlebih dahulu dan menyuruh siswa untuk membaca bab yang akan dipelajari supaya siswa tidak bingung saat ditanya.
Guru masih kurang memperhatikan kemampuan awal siswa seperti conto saat guru tersebut menanyakan tentang pengertian perekonomian masyarakat perkotaan dan siswa begitu terlihat bingung.
- Pernah, karena tidak semua siswa mampu melaksanakan tugas apalagi untuk berdiskusi terkadang siswa lainnya mengabaikan dan tidak ikut serta dalam berpartisipasi mengerjakan tugas.
- Langkah – langkah model pembelajaran group investigation:
- Guru membagi dan membantu pengorganisasian dalam kelompok yang heterogen
- Guru menjelaskan sepintas topik tujuan dan membantu mengumpulkan informasi dan fasilitas
- Guru menunjuk salah satu kelompok untuk presentasi di depan, dan kelompok lainnya memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi
- Guru memberikan penjelasan singkat bila ada kesalahan materi dan menyimpulkan penjelasan materi.
- Elin Solihatin dan Raharjo (2007:1) mengemukakan bahwa ‘’kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran’’.
Arends (1997:113) terdapat enam langkah utama dalam pelaksanaan pelajaran kooperatif yaitu :
- Pendahuluan
- Penyajian materi pelajaran
- Pembentukan kelompok
- Bekerja dan belajar kelompok
- Evaluasi
- Penghargaan kelompok
5. saya juga setuju dengan pendapat bu siti fatima ,dan memang pada intinya semua pembelajaran itu harus menguasai memenuhi rp dan kbm yang telah dibuat
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan
a. Guru dapat merubah metode awal pembelajaran sehinnga dapat dipahami oleh siswa
b. Guru sudah membentuk kelompok yang bersifat homogen
c. Guru sudah memberikan penjelasan tentang tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
d. Masing – masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru.
e. Masing-masing kelompok yang diwakili ketua menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) atau menyimpulkan.
Kelemahan
a. Guru memberikan materi yang sama di setiap kelompok
b. Setiap kelompok hanya menyampaikan hasil diskusi saja, tidak ada kelompok lain yang menanggapi.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah menerapkan model pembelajaran Group Investigasi, kendala yang saya alami diantaranya adalah sebagai berikut:
a. ketika saya meminta setiap kelompok menyampaikan hasil pembahasanya, anggota kelompok belum tentu bersedia untuk mempresentasikan hasil diskusinya, disebabkan mereka hanya memberikan kepercayaan penuh pada ketua yang ada dalam kelompoknya padahal yang menyampaikan hasil diskusi tidak harus ketua kelompok.
b. Ada beberapa siswa yang memiliki potensi dalam berpikir yang rendah, mereka tidak begitu aktif di dalam diskusi sehingga mereka tidak mau memberikan tanggapan kepada kelompok yang menyampaikan hasil diskusinya.
Jadi metode group investigation yang saya terapkan tidak dapat berjalan dengan baik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah – langkah model pembelajaran Group Investigasi untuk memperbaiki vidio diatas adalah
a. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
b. Guru menjelaskan tentang tujuan dari pembelajaran dan tugas kelompok yang harus diselesaikan.
c. Guru memanggil masing – masing ketua kelompok untuk diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain.
d. Masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
e. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
g. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Sharan (dalam Supandi, 2005: 6) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran GI sebagai berikut.
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok yang harus dikerjakan.
3. Guru memanggil ketua-ketuaa kelompok untuk menggambil materi tugas secara kooperatif dalam kelompoknya.
4. Masing-masing kelompok membahas materi tugaas secara kooperatif dalam kelompoknya.
5. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
6. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
7. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
8. Evaluasi.
Fatmawati (2015) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran Group Investigasi I sebagai berikut.
1. Guru melakukan pembagian siswa – siswa di dalam kelas. Pembagian siswa tersebut untuk dimaksudkan ke dalam kelompok. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok yang bersifat heterogen.
2. Guru perlu memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran ini dan tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
3. Guru memanggil masing – masing ketua dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain. Kemudian, masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan. Setelah selesai pelaksanaan diskusi kelompok, selanjutnya juru bicara dalam kelompok diminta untuk menyampikan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh kelompok.
4. Di akhir pembelajaran, guru perlu membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di bahas dalam kelompoknya