- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Kelebihan dan kekurangan dari video tentang perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya bagi masyarakat pedesaan adalah:
Kelebihan:
1. Guru merubah model pembelajaran
2. Guru telah membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
3. Topik pembahasan telah disiapkan.
4. Siswa menjadi aktif dan mampu mengeluarkan pendapat.
5. Guru meyimpulkan pendapat dari masing-masing kelompok.
Kelemahannya:
1. Guru membuat tema yang sama
2. Hanya ketua kelompok yang bertanggung jawab menyampaikan hasil diskusi.
3. Pada saat awal pembelajaran siswa belum memahami tentang materi yang dibahas.
Pernah, karena tidak semua siswa mampu memahami materi yang dibahas walaupun sudah merubah metode pembelajaran.
Langkah-langkah:
1. Memotivasi siswa.
2. Membuat tema yang berbeda.
3. Menyimpulkan atau memberikan tambahan tentang pendapat siswa
- kelebihan dari video diatas : guru sudah melakukan apersepsi, metode yang digunakan sangat tepat yaitu dengan tayangan video ini kemudian siswa diminta untuk berdiskusi. Siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi Perekonomian Masyarakat Perkotaan dampaknya bagi Masyarakat Pedesaan. Pada video ini, siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa menjadi aktif. kelemahannya :tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
- saya pernah mengalami pembelajaran seperti dalam video, yaitu materi tentang keadaan alam mempengaruhi kegiatan perekonomian masyarakat. saya hanya menggunakan metode ceramah, siswa terlihat pasif dan jenuh.
- langkah – langkah dalam mengatasi kendala tersebut adalah : setelah kegiatan apersepsi, saya mengajak siswa menyimak video pembelajaran melalui LCD Proyektor. setelah menyimak, siswa mendiskusikan kegiatan eknonomi sesuai dengan kondisi geografis bersama kelompoknya kemudian mempresentasikan. Diakhir pembelajaran guru mengajak siswa menyimpulkan materi pelajaran.
- Menurut Fatmawati (2015) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran Group Investigasi I yaitu (1)Guru melakukan pembagian siswa – siswa di dalam kelas. Pembagian siswa tersebut untuk dimaksudkan ke dalam kelompok. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok yang bersifat heterogen.(2)Guru perlu memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran ini dan tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.(3)Guru memanggil masing – masing ketua dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain. Kemudian, masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan. Setelah selesai pelaksanaan diskusi kelompok, selanjutnya juru bicara dalam kelompok diminta untuk menyampikan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh kelompok.(4) Di akhir pembelajaran, guru perlu membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di bahas dalam kelompoknya. Menurut Model pembelajaran koopratif Jigsaw. Dalam model pemebelajaarn ini siswa banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat, dan mengelola informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya sertaketuntasan bagian materi yang dipelajari.
- Pendapat dari ibu Uswatun khasanah kurang lengkap karena tidak disertai dengan langkah – langkah dalam mengatasi kendala dan teori . pendapat dari bapak Irwan Yudhistira sangat bagus .
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan
a. Guru dapat merubah metode awal pembelajaran sehinnga dapat dipahami oleh siswa
b. Guru sudah membentuk kelompok yang bersifat homogen
c. Guru sudah memberikan penjelasan tentang tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
d. Masing – masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru.
e. Masing-masing kelompok yang diwakili ketua menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) atau menyimpulkan.
Kelemahan
a. Guru memberikan materi yang sama di setiap kelompok
b. Setiap kelompok hanya menyampaikan hasil diskusi saja, tidak ada kelompok lain yang menanggapi.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah menerapkan model pembelajaran Group Investigasi, kendala yang saya alami diantaranya adalah sebagai berikut:
a. ketika saya meminta setiap kelompok menyampaikan hasil pembahasanya, anggota kelompok belum tentu bersedia untuk mempresentasikan hasil diskusinya, disebabkan mereka hanya memberikan kepercayaan penuh pada ketua yang ada dalam kelompoknya padahal yang menyampaikan hasil diskusi tidak harus ketua kelompok.
b. Ada beberapa siswa yang memiliki potensi dalam berpikir yang rendah, mereka tidak begitu aktif di dalam diskusi sehingga mereka tidak mau memberikan tanggapan kepada kelompok yang menyampaikan hasil diskusinya.
Jadi metode group investigation yang saya terapkan tidak dapat berjalan dengan baik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah – langkah model pembelajaran Group Investigasi untuk memperbaiki vidio diatas adalah
a. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
b. Guru menjelaskan tentang tujuan dari pembelajaran dan tugas kelompok yang harus diselesaikan.
c. Guru memanggil masing – masing ketua kelompok untuk diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain.
d. Masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
e. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
g. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Sharan (dalam Supandi, 2005: 6) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran GI sebagai berikut.
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok yang harus dikerjakan.
3. Guru memanggil ketua-ketuaa kelompok untuk menggambil materi tugas secara kooperatif dalam kelompoknya.
4. Masing-masing kelompok membahas materi tugaas secara kooperatif dalam kelompoknya.
5. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
6. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
7. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
8. Evaluasi.
Fatmawati (2015) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran Group Investigasi I sebagai berikut.
1. Guru melakukan pembagian siswa – siswa di dalam kelas. Pembagian siswa tersebut untuk dimaksudkan ke dalam kelompok. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok yang bersifat heterogen.
2. Guru perlu memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran ini dan tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
3. Guru memanggil masing – masing ketua dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain. Kemudian, masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan. Setelah selesai pelaksanaan diskusi kelompok, selanjutnya juru bicara dalam kelompok diminta untuk menyampikan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh kelompok.
4. Di akhir pembelajaran, guru perlu membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di bahas dalam kelompoknya