- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Kelebihan dan kekurangan dari video tentang perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya bagi masyarakat pedesaan adalah:
Kelebihan:
1. Guru merubah model pembelajaran
2. Guru telah membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
3. Topik pembahasan telah disiapkan.
4. Siswa menjadi aktif dan mampu mengeluarkan pendapat.
5. Guru meyimpulkan pendapat dari masing-masing kelompok.
Kelemahannya:
1. Guru membuat tema yang sama
2. Hanya ketua kelompok yang bertanggung jawab menyampaikan hasil diskusi.
3. Pada saat awal pembelajaran siswa belum memahami tentang materi yang dibahas.
Pernah, karena tidak semua siswa mampu memahami materi yang dibahas walaupun sudah merubah metode pembelajaran.
Langkah-langkah:
1. Memotivasi siswa.
2. Membuat tema yang berbeda.
3. Menyimpulkan atau memberikan tambahan tentang pendapat siswa

1. Kelebihan dan kelemahan guru yang ada d video.
a. Kelebihan
* Guru sangat ramah dengan mengucapkan salam serta menanyakan kabar sisa sebelum memulai pelajaran.
* Guru menyampaikan topik pembelajaran dalam bentuk video yang membuat siswa lebih mudah memahami pembelajaran.
*Guru mampu memancing siswa untuk aktif dalam proses belajar.
*Guru meminta siswa untuk melalukan presentasi hasil kelompok nya.
* Guru memberikan sedikit penjelasan sebelum menutup pembelajaran.
b.kelemahan
* Guru kurang mampu dalam menjelaskan materi pembelajaran.
* Guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa padahal guru belum memberikan materi.
* Karena pembelajaran secara kelompok,tidak semua siswa ikut serta dalam pembahasan materi atau tidak semua siswa dapat memberikan pendapatnya.
* Seharusnya,dengan metode belajar berkelompok seperti itu. Seharusnya guru memberikan sesi diskusi ( tanya jawab) agar topik pembahasan lebih berkembang.
2. Saya tidak pernah mengalami peristiwa seperti ini. Karena sebelum memulai kelas saya sudah terlebih dahulu mempersiapkan materi yang akan saya ajarkan dan memberikan penjelasan kepada siswa.
3. Teori perbaikan metode pembelajaran pada video.
* Memberikan penjelasan yang lebih luas atas materi yang akan diajarkan kepada siswa.
* Memberikan waktu kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.
* Mengadakan sesi tanya jawab antar kelompok.
* Memberikan nilai kepada kelompok yang lebih aktif. Agar kedepannya siswa lebih aktif lagi
Sekian tanggapan dari saya..
Terima kasih…
Nama :Iramaya Sopha
Nim :030581127
- Kelebihan:guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sempat menanyakan kabar siswa,Guru menyampaikan materi pembelajaran melalui slide video yang ditayangkan dan siswa di minta untuk menyimak video tersebut,Guru membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 5 orang perkelompok.Kelemahan:Guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang sedang berlangsung,Diakhir pembelajaran guru memberikan tugas baru kepada siswa untuk dibahas pada pertemuan berikutnya,
- Saya belum pernah menerapkan pembelajaran Group investigasi pada pembelajaran.jika saya nanti menerapkan model pembelajaran ini,saya akan memahami dulu konsep pembelajaran nya seperti yang seharusnya agar mudah dipahami oleh siswa nantinya.
- Pada video tersebut guru menggunakan model pembelajaran Group investigasi.Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran group Investasi:1).Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok.2).merencanakan tugas-tugas belajar secara bersama-sama dengan siswa dalam kelompok masing-masing.3).Melaksanakan investigasi,guru mengarahkan siswa mencari informasi,menganalisis data,dan membuat kesimpulan4).Menyiapkan laporan akhir.siswa menyiapkan rencana laporan sebagai bahan untuk dipersentasikan.5).Mempersentasikan laporan akhir.6).Evaluasi.siswa berbagi informasi,ide dan gagasannya,kemudian guru memberi penguatan dengan mengevaluasi hasil kerja kelompok masing-masing dan menyimpulkan pelajaran.
- Menurut mafunne,(Rusman,2012:222)”Model pembelajaran tipe group investigation(GI) dapat dipakai guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa,baik secara perorangan maupun kelompok”.Menurut Slavin,(Rusman,(2012:221)mengemukakan bahwa,belajar kooperatif dengan tekhnik Group Investagion(GI)sangat cocok untuk bidang kajian yang memerlukan kegiatan studi proyek terintegrasi yang mengarah pada kegiatan perolehan,analisis dan sintetis informasi dalam upaya untuk memcahkan suatu masalah.
- Kelebihan : Guru tersebut sudah membuat model pembelajaran yang sangat menarik bagi siswa siswinya, yaitu model pembelajaran group investigation dan Guru tersebut mampu memberikan umpan balik kepada siswa siswinya dan mengajak para siswanya untuk berfikir kreatif terhadap topik yang dibahas.
Kelemahan : Menurut saya kelemahannya ada pada saat pemberian pertanyaan. Karena pada saat pemberian pertanyaan guru menunjuk salah salah satu siswanya saja untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. - Pernah, tetapi kalau murid pedesaan jika mereka di ajak belajar menngunakan model group investigation tersebut itu sangat susah karena mereka akan mengandalkan hanya salah satu siswa yang ada dimasing-masing kelompok.
- Langkah perbaikan : Guru perlu melakukan kegiatan pendahuluan appersepsi dan motivasi, dan menjelaskan pokok-pokok topik yang akan dibahas
- Model pembelajaran koopratif Jigsaw. Dalam model pemebelajaarn ini siswa banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat, dan mengelola informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya sertaketuntasan bagian materi yang dipelajari.
Model pembelajaran koopratif Numbered Head Together ( NHT ) . dalam model pembelajaran ini menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. - Pendapat dari Ibu Siti Fatimah sanagat bagus. Kara Ibu Siti Fatimah sangat teliti sampai bisa mengetahui bahwa guru yang di dalam vidio tersebut tidak membawa RPP. Mohon maaf Ibu Nina kalau jawaban nomer 5 saya cuman 1 karena yang masuk, dan
Pendapat dari Ibu Emilia saya juga sangat menyetujui, pada intinya seorang guru tidak hanya harus menguasai materi saja tetapi harus juga menguasai kegiatan pendahuluan appersepsi, motivasi serta penguatan.

Kelebihan :
1. Pengguaan metode pembelajaran group investigation sangat tepat karna mengajak siswa untuk menganalisis masalah yang akan di bahas
2. Penyajian Video pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan
Kekurangan :
1. Tidak memeriksa kehadiran diawal pertemuan
2. Tidak menyebutkan tujuan dari materi pembelajaran
Pengalaman saya mengajar dalam kelas, pernah juga menggunakan media video pembelajaran. Anak cenderung lebih tertarik terhadap materi yang di bahas dan hasil belajar lebih meningkat.

saya mau tanya materi ini,materi kelas berapa dan semester berapa mbak??

Pada setiap pembelajaran tatap muka,guru sebaiknya melaksanakan proses pembelajaran dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat.Guru juga seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran pada materi hari itu
Assalamualaikum
Nama Ernawati
NiIM 042409182
Saya ingin menanggapi video pembelajaran dengan judul mengenal perekonomian masyarakat perkotaan dan dampak bagi masyarakat perdesaan dari video GPO.
Kelemahan dalam video tersebut adalah 1. Guru tidak menjelaskan isi menteri secara singkat dalam kegiatan inti.
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
3. Guru tidak memberi kaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari.
4. Guru tidak memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan hasil kerja.
5. Guru tidak menyampaikan kesimpulan dari hasil pembelajaran.
6. Guru tidak membuka pelajaran dan menutup pelajaran dengan doa.
Kelebihan dalam video pembelajaran adalah
1. Guru menyebut model dan tujuan pembelajaran
2. Siswa aktif dalam kelompok
3. Guru memanfaatkan media pembelajaran melalui video GPO secara langsung melalui infokus
4. Kecepatan siswa dalam mengemukakan berpendapat tentang materi yang disajikan
5. Guru mendampingi siswa saat dalam kegiatan berkelompok
Hal yang unik dalam pembelajaran ini guru dan siswa aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran ini menarik kalau menurut saya dimana kita tahu bagaimana kehidupan orang yang tinggal di kota dan desa,mengapa orang lebih suka tinggal dikota dibandingkan tinggal didesa dan banyak lagi hal hal yang unik ingin kita ketahui tentang masyarat kota dan dampaknya bagi desa.kedua hal ini mempunyai perbedaan yang berdampak bagi kehidupan.
Dalam video ini banyak pelajaran yang dapat diambil bahwa setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan
kekurangan jadikanlah itu satu pelajaran buat kita.guru bukan lah makhluk sempurna ini hanya sebagai pendapat bukan untuk menjelekkan orang lain dalam mengajar,kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT.
Terimakasih
Wassalam

Saya setuju dengan pendapat ibu,sebaiknya guru diakhir pembelajaran memberikan kesimpulan atas materi “Mengenal perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya bagi masyarakat pedesaan”.Bukan lansung memberi tugas baru lagi kepada siswa.
- Kelebihan guru di viideo : Guru sudah memberi pendahuluan dengan salam, menyadari ada kekurangan dalam proses pembelajaran dengan menambahkan media berupa tampilan video yang sesuai topik, menggunakan metode diskusi, proses belajar siswa aktif, sudah memberikan pujian untuk kinerja yang baik, mnyampaikan materi berikutnya, memberi penugasan untuk mencari informasi yang berhubungan dengan materi selanjutnya, sudah menutup dengan salam. Kelemahannya : Guru tidak membuat RPP dengan matang, pendahuluan dan penutup tidak ada berdoa, tidak memberikan motivasi, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak ada pengingat dengan pengalaman dengan materi sebelumnya atau tidak ada pancingan untuk menggali, cuma 2 kelompok yang aktif dan memberikan jawaban kelompok lainnya tidak, ada kemungkinan sedikit yang memahami.
- Saya juga pernah mengalami hal yang sama tentang media yang membosankan, sehingga siswa bosan dan tidak memahami materi pelajaran.
- Langkah Pembelajaran : Pendahuluan : Salam pembuka, berdoa, memeriksa kehadiran, mengajukan pertanyaan kaitan dengan materi sebelumnya, memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran : disampaikan metode, dan memberikan media yang menarik untuk siswa, menyajikan bahan stimulus, membimbing diskusi dengan dipantau secara aktif, sehingga menghasilkan respon, balikan kesimpulan. Penutup : merefleksi, ditarik kesimpulannya, memberi pujian untuk yang kinerjanya bagus(sudah dilaksanakan), menyampaikan materi berikutnya, ditutup dengan doa dan memberi salam penutup.
- Teori Gagne model berdasar teori pemprosesan dan teori Gerlach & Ely.
- Mohon izin menanggapi dari pendapat Iwan Yudistira, menurut saya, pendapat sudah bagus, hanya kurang lengkap saja langkah-langkah perbaikan. Dan Uswatun Khasanah tidak ada langkah-langkah pembelajaran.
Nama : ANANG SUTRISNO
NIM : 530055007
1. Kelebihan guru dalam video tersebut antara lain: Pemilihan strategi pembelajaran sangat cocok yaitu dengan pembelajaran grup investigation, guru membentuk kelompok belajar, guru memutarkan video kemudian mendiskusikan secara kelompok dengan batasan waktu 5 menit.
Kelemahan Guru: dalam menentukan kelompok diserahkan kepada siswa, hanya 2 kelompok yang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi disepan kelas.
2. Penulis belum pernah mengalami hal ini, namun seandainya ini terjadi penulis akan menggunakan pendekatan pembelajaran dengan kooperatif learning tipe STAD dimana peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota yang heterogen, hal ini akan membuat peserta didik akan lebih aktif dalam berdiskusi dan bekerjasama dalam kelompok atau tim.
3. Untuk perbaikan pembelajaran penulis akan mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning Tipe STAD, dimulai dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen, memberikan penugasan, memanage waktu diskusi, memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi, memberikan hadiah atau reward bagi peserta didik dan kelompok dalam hal memberikan tanggapan dan saran terhadap kelompok lain, dan melakukan refleksi untuk dapat menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang didiskusikan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Dian (2011), “Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dengan bantuan lembaran kerja sebagai pedoman secara berkelompok, berdiskusi guna memahami konsep-konsep, menemukan hasil yang benar”. Semua anggota diberi tanggungjawab, semua siswa secara individu diberi tes yang akan berpengaruh terhadap evaluasi seluruh kelompok, yaitu terdiri atas 4-5 orang.
Menurut Slavin (Rusman, 2012:213), model STAD (Student Team Achievement Division) merupakan variasi pembelajaran
kooperatif yang paling banyak diteliti. Model ini juga sangat mudah diadaptasi, telah digunakan dalam Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Teknik, dan banyak subjek lainnya, dan pada tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
5. Izin menanggapi atas tanggapan dari ibu Fitria Mulyanti, terkait penggunaan metode Jigsaw pada materi IPS, saya juga setuju dengan pendapat ibu bahwa metode Jigsaw bisa kita gunakan dalam pembelajaran materi IPS terkait materi mengenal perekonomian masyarakat perkotaan dan dampaknya bagi masyarakat pedesaan.
Izin menanggapi tanggapan dari ibu Tri Gunarsih, saya kurang sependapat bahwa guru tidak perlu menjelaskan tentang metode pembelajaran yang dilakukan, dikarenakan belum tentu semua siswa mengetahui bagaimana model atau cara kerja metode pembelajaran tersebut, sehingga penjelasan akan metode yang dipergunakan akan membantu siswa dalam berdiskusi.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan
a. Guru dapat merubah metode awal pembelajaran sehinnga dapat dipahami oleh siswa
b. Guru sudah membentuk kelompok yang bersifat homogen
c. Guru sudah memberikan penjelasan tentang tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
d. Masing – masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru.
e. Masing-masing kelompok yang diwakili ketua menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) atau menyimpulkan.
Kelemahan
a. Guru memberikan materi yang sama di setiap kelompok
b. Setiap kelompok hanya menyampaikan hasil diskusi saja, tidak ada kelompok lain yang menanggapi.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah menerapkan model pembelajaran Group Investigasi, kendala yang saya alami diantaranya adalah sebagai berikut:
a. ketika saya meminta setiap kelompok menyampaikan hasil pembahasanya, anggota kelompok belum tentu bersedia untuk mempresentasikan hasil diskusinya, disebabkan mereka hanya memberikan kepercayaan penuh pada ketua yang ada dalam kelompoknya padahal yang menyampaikan hasil diskusi tidak harus ketua kelompok.
b. Ada beberapa siswa yang memiliki potensi dalam berpikir yang rendah, mereka tidak begitu aktif di dalam diskusi sehingga mereka tidak mau memberikan tanggapan kepada kelompok yang menyampaikan hasil diskusinya.
Jadi metode group investigation yang saya terapkan tidak dapat berjalan dengan baik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah – langkah model pembelajaran Group Investigasi untuk memperbaiki vidio diatas adalah
a. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
b. Guru menjelaskan tentang tujuan dari pembelajaran dan tugas kelompok yang harus diselesaikan.
c. Guru memanggil masing – masing ketua kelompok untuk diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain.
d. Masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan.
e. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
f. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
g. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Sharan (dalam Supandi, 2005: 6) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran GI sebagai berikut.
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok yang harus dikerjakan.
3. Guru memanggil ketua-ketuaa kelompok untuk menggambil materi tugas secara kooperatif dalam kelompoknya.
4. Masing-masing kelompok membahas materi tugaas secara kooperatif dalam kelompoknya.
5. Setelah selesai, masing-masing kelompok yang diwakili ketua kelompok atau salah satu anggotanya menyampaikan hasil pembahasannya.
6. Kelompok lain dapat memberikan tanggapan terhadap hasil pembahasannya.
7. Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila terjadi kesalahan konsep dan memberikan kesimpulan.
8. Evaluasi.
Fatmawati (2015) mengemukakaan langkah-langkah pembelajaran pada model pemelajaran Group Investigasi I sebagai berikut.
1. Guru melakukan pembagian siswa – siswa di dalam kelas. Pembagian siswa tersebut untuk dimaksudkan ke dalam kelompok. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok yang bersifat heterogen.
2. Guru perlu memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran ini dan tugas yang harus diselesaikan oleh kelompok.
3. Guru memanggil masing – masing ketua dalam kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas sebanyak satu materi atau tugas yang berbeda dengan kelompok – kelompok yang lain. Kemudian, masing – masing kelompok membahas materi yang diberikan oleh guru. Pembahasan dilakukan secara kooperatif yang bersifat penemuan. Setelah selesai pelaksanaan diskusi kelompok, selanjutnya juru bicara dalam kelompok diminta untuk menyampikan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh kelompok.
4. Di akhir pembelajaran, guru perlu membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah di bahas dalam kelompoknya