2
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Strategi pembelajaran sudah bagus, dimana guru membawa langsung contoh bentuk bentuk segitiga..
Siswa akan lebih mudah memahami materi tersebut

Secara umum kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Guru sudah sangat baik. siswa pun sudah dapat memahami materi secara baik.

videonya sudah lumayan bagus meskipun masih ada kelemahan dan perlu diperbaiki lagi.

NAMA : HASPARONI
NIM :530055092
Video Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran ini sudah bagus, terlihat guru menunjukkan lembar kerja siswa (LKS) sebanyak 2 lembar yang mana satunya untuk siswa dan satu lagi untuk Guru. LKS yang digunakan untuk mengenalkan macam-macam segi tiga berdasarkan sisi dan berdasarkan besaran sudut dapat menarik perhatian siswa. Namun kekurangan diharapkan untuk LKS yang di Guru di buat di karton sehingga jelas terlihat di siswa. Namun disini pelajaran agak sedikit monoton karna Siswa tidak dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan analisis berdasarkan Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut. Dan sehingga siswa tidak mempresentasikan hasil kerja Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut. Terakhir guru menyimpulkan langkah pembuktian

Rusvia Dalianti 030869086

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan : (1) pendidik sudah menguasai kelas dengan baik ditandai dengan tidak ada peserta didik yang ribut ataupun keluar masuk dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. (2) Pendidik menggunakan LKPD untuk memebantu pemahaman peserta didik pada proses pembelajaran.
Kelemahan : pendidik tidak melakukan apersepsi diawal pembelajaran, pendidik tidak menyampaikan tujuan kompetensi yang ingin dicapai, LKPD yang diberikan kurang menarik minat belajar peserta didik, pendidik hanya menjelaskan teori dan tidak menunjukkan benda nyata untuk jenis-jenis segitinya yang ingin disampaikan.

Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalaminya. Memang materi ini sulit untuk dipahami oleh peserta didik jika salah dalam memilih metode dan media pembelajarannya. Karena peserta didik seharusnya ikut aktif dan terlibat dalam pemecahan masalah mengenai materi segitiga tersebut

Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada awal pembelajaran pendidik melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan kompetensi yang akan dicapai. Pendidik menjunjukkan benda2 nyata mengenai materi segitiga. Pendidik juga perlu membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok agar melatih tingkat kerjasama peserta didik serta memberikan LKPD yang menarik tingkat pastisipasi peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah.

Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Hasan Alwi (2005: 290) menjelaskan bahwa metode eksperimen yakni percobaan yang bersistem dan terencana untuk membuktikan kebenaran akan suatu teori.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana (1999: 157) menjelaskan bahwa Metode eksperimen atau percobaan adalah suatu cara belajar mengajar dimana siswa aktif mengalami dan membuktikan secara langsung proses serta hasil dari percobaan itu.

Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Menurut saya tanggapan ibu Evie Yuniarti terlalu singkat dan tanggapan ibu fitri ana tidak dijelaskan apa kelebihan dan kekurangannya. Terimakasih