6

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,

2. Analog kesamaan atau perbedaannya,

3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Ditulis oleh: Cecep Kuatandi

Praktikum dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar memang harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang tepat. Berdasarkan video yang ditampilkan, diskusikanlah beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Apakah Saudara pernah mengalami masalah yang sama dengan masalah yang dihadapi dalam video tersebut? Jika iya, jelaskan masalah yang Saudara alami!
  2. Apakah solusi yang diterapkan dalam video pembelajaran tersebut apakah sudah sesuai jika diterapkan dalam pembelajaran saat ini?
  3. Ceritakan solusi yang akan Saudara lakukan jika mengalami hal yang serupa dengan permasalahan yang ditampilkan dalam video tersebut!
  4. Jelaskan persiapan yang seharusnya dilakukan ketika melakukan praktikum atau percobaan dalam pembelajaran IPA!
Posted new comment

Karena video nya belum ada jadi saya nunggu saja.oke

Nama : Lulik Hernuning Tyas
Nim : 858787184

1. Iya, saya pernah mengalami. Kurang persiapan alat peraga ketika akan membahas tentang materi pembelajaran cahaya dan sifatnya.
2. Iya, sudah sesuai.
3. Solusi yang akan saya lakukan adalah dengan cara mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dibahas, serta menyiapkan alat peraga tersebut sebelum proses pembelajaran dimulai (bisa di sekolah atau dirumah).
4. Mengetahui kelengkapan apa saja yang wajib digunakan dalam praktikum, menyiapkan macam-macam alat dan bahan, menguasai konsep atau teori dasar mengenai praktikum, mengetahui prosedur yang akan dilakukan dalam praktikum, mengetahui alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum.

1.saya pernah mengalami masalah yg terjadi divideo tersebut karena kurang memahami alat peragayang saya gunakan.
2.sudah tepat
3.harus sudah menyiapkan materi dan alat peraga yang akan digunakan serta menggunakan media yg mudah dipahami
4.menyiapkan rpp serta alat peraga yang akan digunakan

1. Iya, saya pernah mengalami. Kurang persiapan alat peraga ketika akan membahas tentang materi pembelajaran cahaya dan sifatnya.
2. Iya, sudah sesuai.
3. Solusi yang akan saya lakukan adalah dengan cara mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dibahas, serta menyiapkan alat peraga tersebut sebelum proses pembelajaran dimulai (bisa di sekolah atau dirumah).
4. Mengetahui kelengkapan apa saja yang wajib digunakan dalam praktikum, menyiapkan macam-macam alat dan bahan, menguasai konsep atau teori dasar mengenai praktikum, mengetahui prosedur yang akan dilakukan dalam praktikum, mengetahui alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum.

Menurut saya, kesiapan seorang guru dalam mengajar ditentukan juga dari alat peraga yang disiapkan, dan digunakan, dimaanfaatkan secara efektif. Seorang guru harus memahami terlebih dahulu alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran IPA di SD. Karena tidak hanya sampai pada penggunaannya alat peraga tersebut harus berlajut pada tahap eksperimen atau uji coba. Matangnya pengetahuan yang dimiliki oleh guru dalam mengolah alat peraga sehingga akan menghasilkan uji coba yang berhasil sesuai prosedurnya akan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang sedang dilaksanakan.