1

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/mengatur-waktu-eksperimen

Sinopsis:

Program video ini berisi dua kegiatan pembelajaran Biologi kelas IX tentang eksperimen mikroorganisme dalam mengelola lingkungan. Pembelajaran pertama, memperlihatkan bagaimana kurangnya waktu yang digunakan guru untuk menugaskan siswa bereksperimen. Hal ini dikarenakan guru mengajak siswa memperagakan proses pembuatan kompos di halaman belakang sekolah secara berkelompok dengan menyiapkan alat dan bahannya. Setiap kelompok diberikan sampah daun ketapang kering, gunting kecil, plastik hitam. Guru meminta siswa melakukan percobaan dimulai dengan menggunting daun, memasukkan ke plastik, mengisinya dengan air, mencampur starter dengan waktu percobaan sekitar 50 menit. Pembelajaran kedua memperlihatkan bagaimana guru dapat lebih memanfatkan waktu melakukan eksperimen dengan menugaskan setiap siswa untuk mengumpulkan potongan sampah daun yang berada dihalaman rumahnya dan menggabungkannya saat eksperimen di sekolah.

Ditulis oleh: Dra. Tri Wahyuningsih, M.Pd.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Nama : Hendri Irawan
NIM : 016326107
Mengatur Waktu Eksperimen (2012)

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan Guru Pada Video tersebut
Pada video pertama :
– Guru Membuka pelajaran dengan baik
– Guru Tepat menyampaikan materi manfaat dari mikro organisme dengan cara praktikum
– Guru menjelaskan dengan jelas dan terinci langkah langkah kerjanya.
– Guru membuat variasi kegiatan dengan membuat kelompok
– Guru berinteraksi dengan siswa dengan memberikan pertanyaan dan memberikan Tugas agar anak bisa lebih paham lagi
Pada Video Kedua :
– Guru menyampaikan materi praktikum yang akan dilaksanakan di pertemuan selanjutnya
– Guru memberikan tugas dengan jelas alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum tersebut
– Membuat Variasi kegiatan pembelajaran dengan membuat suatu kelompok kerja
Kekurangan Guru pada Video tersebut
Pada video pertama :
– Guru tersebut tidak memaksimalkan waktu dengan baik sehingga waktu pelajaran menjadi kurang
– Kelompok harusnya dibentuk terlebih dahulu tidak membuat secara langsung
– Siswa harusnya di berikan Lembar Kerja yang sudah memuat nama kegiatan, alat, bahan dan langkah langkah kerja sehingga guru tidak perlu mencatat dipapan tulis.
Pada video Kedua :
– Tidak menjelaskan materi pelajaran yang akan dipraktikumkan
– Tidak berinteraksi dengan siswa dengan cara menanyakan hal-hal terkait materi yang akan dipraktekan karena guru tidak menjelaskan materi tentang mikro organisme, padahal masih ada waktu untuk bisa saling bertanya.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya sendiri tidak mengalami peristiwa semcam ini, karena pada pertemuan sebelumnya sudah saya jelaskan pertemuan selanjutnya kegiatan praktikum, jadi langsung saya buat kelompok, dan lembar kerja siswa sudah di persiapkan

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki pembelajaran pada video tersebut
Pada video pertama :
sebagai seorang guru saya akan memaksimalkan waktu dengan sebaiknya, yaitu dengan membuat kelompok terlebih dahulu pada pertemuan sebelumnya. Saya juga akan membuat lembar kerja yang akan dibagikan ke kelompok masing masing sehingga waktu tidak terbuang untuk mencatat di papan tulis
Pada video Kedua :
Menjelaskan materi mikro organisme kepada siswa, kemudian berinteraksi dengan siswa agar mengetahui pemahaman siswa.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.

• Paul Suparno (2007: 77) menyatakan bahwa secara umum metode pembelajaran eksperimen adalah suatu metode mengajar dimana siswa diajak untuk melakukan suatu usaha percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang telah dipelajari itu memang benar.

• Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain (2010: 84), menyatakan bila metode eksperimen merupakan cara penyampaian materi di mana siswa dapat melakukan suatu percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri secara langsung apa yang dipelajari.

5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
– Saya sependapat dengan Alfi Lailatin dalam memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu dengan memberikan arahan kepada murid tentang alat dan bahan yang diperlukan sebelum pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran serta langkah-langkah di awal b. Sebelum kegiatan, membagi kelompok sesuai pemerataan kemampuan sehingga siswa dapat membagi tugas dan membawa bahan yang diperlukan untuk eksperimen
– saya setuju dengan pendapat Novi Edmawati dan Rini Mulyani, yaitu tentang perlunya panduan untuk siswa melakukan eksperimen (Judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah kerja, diskusi / pertanyaan yang harus diisi ketika melakukan eksperimen, serta kesimpulan).