1

Pada forum ini saya akan menanggapi video tentang mangatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.

Pertama kita harus mengenalkan kepada anak apa itu menulis dengan pensil bagaimana caranya dan seperti apa kegiatan yang akan kita lakukan nanti

Kedua pada masa rentan usia 3-6 tahun anak mengalami perkembangan kekuatan koordinasi mata-tangan dengan baik, tetapi ada beberapa anak yang cenderung belum mampu mengontrol kekuatan tersebut. Maka kita sebagai guru dapat memberikan beberapa latihan untuk menguatkan otot-otot tangan seperti :

  1. Memberikan latihan menulis awal dengan cara melatih kelenturan jari melalui bermain memindahkan air dengan menggunakan spons
  2. Melatih kemampuan memegang objek dengan cara membuka dan menutup kunci gembok
  3. Melatih kelenturan jari-jari tangan anak dengan membuka dan memasangkan berbagai macam kancing baju

Ketiga dalam kegiatan penutup ajak anak untuk menanggapi bagaimana kegiatan yang dilakukan sehari ini

Answered question

Hendaknya sering sering melatih anak memegang suatu benda.
Dan bermain playdogh merupakan permainan yang bagus untuk melatih kelenturan jari jemari

NAMA : HERMIN SAMBO SARATU
NIM : 858408293
JUDUL VIDIO : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan banar.
Dari vidio yang saya lihat dan pelajari maka saya dapat menyimpulkan bahwa ada bebrapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil di antaranya :
1. Dengan memindahkan air dari tempat yang satu ke tempat lain dengan cara meremas spon/busa
2. Membuka dan mengunci gembok
3. Membuka dan menutup mur dengan cara di putar dari kiri kekanan atau sebaliknya
4. membuat palatisin/playdough.
dari beberapa cara di atas dapat di lakukan anak sambil bermain dan anak senang untuk melakukannya.

Nama : Alifiya Rahmawati p
Nim : 858683783
judul vidio : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Menurut saya Cara yang dilakukanMengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar ialah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. dengan melatih ia memegang pensil dengan benar, kemudian ajak membuat garis sederhana, seperti garis lurus, garis lengkung, membentuk huruf S, dll. Tahap selanjutnya, ajak berlatih menulis huruf dan angka. Lakukan ini secara teratur agar otot tangannya menjadi kuat dan terampil, setidaknya 15 menit/hari.
memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon.

Judul video:
1.Cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dgn benar.
Dari Vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa ada beberapa cara yg dapat kita lakukan
untuk mengatasi anak yg belum bisa memegang pensil dgn benar.diantaranya adalah dgn melakukan cara memindah kan air dalam satu tempat ketempat yang lain dgn menggunakan spion,kemudian dgn menggunakan cara membuka dan mengunci gembok ,membuat slime dari adonan tepung..menurut saya cara ini sudah SGT tepat dalam melakukan perkembangan motorik anak karena dengan cara demikian sudah dapat melatih otot-otot jari tangan anak secara bertahap.
2. Dengan cara membuka dan memasang kancing baju ,merobek dan meremas kertas,bahkan dapat dilakukan dgn bermain playdogh.

3.alat tulis yg cocok di pegang oleh anak adalah pensil dan krayon karena ukuran nya lebih sesuai dgn jari tangan anak.

4. Saat pertama kali masuk sekolah banyak anak yg belum bisa memegang pensil dan saya menjelas kan tentang pensil apa kegunaan dari pensil dan bagaimana cara memegang pensil tersebut.

5.fisik motorik anak dapat dikembangkan dgn melalui kegiatan bermain seperti memanjat,bergantungan melakukan gerakan senam tangan… Dan masih bnyak lagi

TerimakasihūüôŹūüôŹ

asslamualaikum wr.wb
menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai tenaga pendidik untuk menambah wawasan untuk menambah keterampilan motorik anak,memberikan pembelajaran dengan melalui bermain anak dengan media-media yang sederhana dan disenangi anak.
saran saya: sebaiknya anak diberikan contoh terlebih dahulu baru setalh itu biarkan anak untuk menggunakan alat tulis dan meliaht apa yang anak gambar anak bebas beimajinasi