Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Ditulis oleh: Badru Zaman
Setelah melihat tayangan di atas, silakan diskusikan berdasarkan pertanyaan berikut.
- Apakah cara yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak tersebut sudah benar? Lengkapi jawaban anda dengan alasannya.
- Selain menggunakan cara-cara di atas, cara apalagi yang dapat dilakukan oleh guru PAUD dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar?
- Menurut Anda, pensil atau alat tulis yang bagaimanakah yang paling sesuai digunakan untuk anak PAUD?
- Jelaskan pengalaman Anda dalam mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar.
- Berikanlah referensi yang Anda ketahui sehubungan dengan pengembangan fisik motorik anak usia dini.


A .Menurut saya tindakan yang dilakukan oleh guru merupakan tempat karena menggunakan media yang melatih motorik anak lebih daripada 1 alat peraga
B. Cara lain yang dilakukan seperti membuat slime dari adonan yaitu terigu garam dan minyak dicampur menjadi satu sehingga membentuk adonan dan dapat dibuat seperti slime dikasih pewarna makanan yang dapat melatih otot-otot tangan dan jari anak tersebut hal ini pernah saya lakukan di sekolah saya
C . alat musik yang digunakan anak usia dini yang efisien dan dapat dipegang oleh anak sesuai ukuran jari anak adalah pensil warna atau krayon atau pensil 2B.

Menurut saya sudah tepat dalam video tersebut guru menggunakan lebih dari 1 alat peraga dalam melatih motorik anak tersebut cara yang dilakukan seperti membuat slime atau adonan yang dibuat di sekolah saya seperti terigu garam dan minyak dicampur menjadi satu adonan seperti lilin malam atau slime yang melatih otot tersebut alat tulis yang dapat digunakan oleh anak usia dini adalah alat tulis yang mampu dipegang oleh anak tidak berat ringan sesuai dengan ukuran tangan anak tersebut pensil yang digunakan oleh anak adalah pensil berwarna krayon atau pensil 2B

Pada forum ini saya akan menanggapi video tentang
mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
Video diawali dengan ibu guru yang menyapa anak-anak didiknya, kemudian dilanjutkan dengan memberikan tugas kepada anak-anak yaitu menebalkan garis lengkung dan lurus.
Anak-anak diminta untuk melihat ke depan (papan tulis) untuk memperhatikan ibu guru yang akan memberikan contoh bagaimana cara mengerjakannya.
Instruksi dimulai dengan meminta anak-anak menulis nama dan tanggal dan dilanjutkan dengan ibu guru menebalkan garis yang ada di lembar kerja menggunakan pensil tulis. Kertas yang digunakan sebagai contoh sama besarnya dengan kertas yang akan diberikan kepada anak-anak, menurut pendapat saya anak-anak akan kesulitan untuk memperhatikan karena terlalu kecil dan jaraknya jauh. Alangkah lebih baik jika ibu guru menggambar dalam ukuran yang lebih besar di papan tulis atau mengcopy bahan pelajaran ke kertas yang ukurannya lebih besar.
Setelah memberikan satu contoh, ibu guru melanjutkan membagikan kertas kepada anak-anak. Ketika sedang mengerjakan ada salah seorang anak yang masih belum tepat cara memegang pensilnya sehingga anak tersebut mengalami kesulitan dan kertas kerja yang diberikan menjadi sobek. Ibu guru dengan sabar menemani dan membimbing anak tersebut. Ketika jam pelajaran bermain (bisa dilihat dari beberapa anak yang berlari-lari di sekitar ibu guru) ibu guru memberikan kegiatan-kegiatan untuk melatih anak tersebut agar bisa memegang pensil dengan baik dan benar.
Menurut pendapat saya, kegitan-kegiatan yang diberikan oleh ibu guru sudah tepat, seperti :
– kegiatan bermain memindahkan air dari tempat yang satu ke
tempat yang lain menggunakan spons, spons diremas atau diperas
oleh anak tiap kali anak memindahkan ke tempat lain.
Kegiatan ini untuk melatih kelenturan jari anak dalam memegang
objek tertentu.
– kegiatan membuka dan menutup kunci gembok atau gerakan
membuka dan mengencangkan mur yang terbuat dari kayu,
kegiatan ini bertujuan agar kemampuan memegang objek semakin
kuat dan terkoordinasi dengan baik
– kegiatan membuka dan memasangkan beragam kancing baju.
Kegiatan ini akan melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari
tangan anak.
Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot jari untuk persiapan menulis awal,
antara lain :
– meremas-remas dan merobek kertas
– meremas dan membentuk playdoh
– membuka dan menutup botol atau tempat makan
– memindahkan manik-manik dari satu tempat ke tempat yang lain
menggunakan pinset
– dll

Sebagai guru saya juga pernah dan sering mengalami hal seperti itu, apalagi ketika awal tahun ajaran baru. Dengan adanya video ini sungguh sangat membantu sekali agar bisa. Mengatasi anak yang kesulitan memegang pensil, sebelum latihan motorik halus dimulai sebaiknya anak di beri arahan dan petunjuk, apa itu pensil guna pensil dan mengapa kita harus memegang pensil dengan benar, agar anak semakin semangat berlatih motorik halus sebelum akhirnya memgang pensil, dan berlatih menulis.
Erviediantiari
- Cara yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak tersebut sudah benar, secara bertahap motorik halus anak akan terlatih.
Dari awal kegiatan, memindahkan air dengan spon, membuka kuci gembok, membuka dan menguatkan skrup juga mengancingkan baju
Kegiatan ini sangat melatih otot otot motorik jari jemari tanggannya, kemudian anak dapat dilatih memegang pensil dengan benar
- Latihan motorik halus juga bisa melalui memakai dan membuka sepatu sendiri, mencapit, makan sendiri, merobek kertas, meremas kertas, membentuk dengan playdough atau tanah liat.
- Biasanya untuk usia PG/KB dan tahap awal TK A, memakai krayon untuk di gunakan kegiatan lebih sesuai. karena ukurannya lebih besar dari pensil. sehingga lebih mudah di pegang, selanjutnya baru memakai pensil untuk mulai menulis jika sudah terbiasa.
- Anak yang tidak dapat memegang pensil dengan benar di berikan stimulasi awal yaitu meremas spon, merobek kertas dan meremas kertas. Kegiatan ini sangat melatih otot otot motorik jari jemari tanggannya, kemudian anak dapat dilatih memegang pensil dengan benar.
- Dalam merangsang perkembangan fisik motorik PAUD kita dapat melakukan hal hal sbb :
Motorik Kasar : Berjalan, Melompat, Meloncat, Berlari, Jongkok, Melempar bola dll
Motorik halus : Menulis, Menggambar, Mewarnai, Membuka dan menutup kancing, dll
pengalaman saya mengajar di kelompok bermain, untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil bisa dilakukan dengan yang guru lakukan di video tersebut. bisa dengan kegiatan meremas kertas, merobek kertas dan senam jari untuk melemaskan otot-otot jari, dengan ketelatenan maka anak tersebut akan bisa dengan pelan-pelan.
Nama: Nur Dayanti
NIM: 858167237
- menurut saya cara yang dilakukan guru tersebut sudah benar, dimana dengan kegiatan tersebut dapat melatih motorik halus anak.
- selain cara-cara yang telah dilakukan tersebut, yaitu guru bisa mengajar anak untuk bermain mencap, meronce, bermain plastisin, dan memasukkan biji-bijian kedalam botol.
- menurut pendapat saya, pensil atau alat tulis yang tepat untuk anak PAUD yaitu alat-alat tulis yang material-material atau bahan-bahan yang berbahaya, pastikan semua alat tulis yang digunakan aman, sehingga tidak akan mengganggu kesehatan anak.
- melatih motorik halus anak, mengajar anak untuk mencap, meronce, bermain plastisin, kolase dengan biji-bijian.
- referensi, yaitu bisa dari modul,internet, youtube, dll.
1. Cara yang digunakan guru dalam melatih motorik halus anak tersebut sudah benar.
yakni dengan stimulasi kegiatan memindahkan air menggunakan spon, membuka dan menutup kunci gembok ,membuka dan mengancingkan baju.
2. Selain menggunakan cara-cara di atas, cara yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah dalam melatih motorik halus anak agar dapat memegang pensil dengan benar diantaranya:
Bermain playdoh, meremas atau menggenggam benda-benda kecil, meronce dengan berbagai bentuk, merobek kertas, melipat kertas, menjepit baju, mengupas jeruk,menggambar dan mewarnai dengan krayon atau pensil warna dsb.
3. Pensil atau alat tulis yang sesuai digunakan untuk anak PAUD misalnya seperti pensil warna,crayon yang ukurannya sesuai dengan tangan anak sehingga nyaman digunakan untuk anak paud ketika belajar.
4. pada saat saya masuk dan mengajar pada suatu kelas ada beberapa anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan benar, yaitu dengan cara menggenggamnya.
untuk pembiasaan setiap hari selalu saya berikan kegiatan yang menstimulasi motorik halusnya, biasanya dengan meronce, merobek kertas, menggambar atau mewarnai, bermain playdoh, meremas kertas, dsb.
5. Ada beberapa anak yang sudah dapat memegang pensil dengan benar terlihat tidak kaku memegang pensil, hanya saja masih perlu bimbingan dari guru.
Dan selalu memberi kesempatan kepada anak apakah hari ini ingin belajar menulis atau tidak, karna hal itu akan menjadi anak akan nyaman untuk belajar, yang terpenting bagi guru selalu menstimulasi kegiatan yang dapat merangsang kemampuan anak dalam motorik halusnya.
nama : yuliana setiawati
NIM : 858737061
- menurut pendapat saya, kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam vidio tersebut sudah benar. guru memberikan kegiatan dengan yang berhubungan dengan kegiatan motorik halus. akan tetapi kalau anak baru akan mulai belajar menulis alangkah baiknya di berikan kegiatan yang lebih mudah untuk melenturkan otot-otot tangan agar anak bisa memegang pensil dengan benar.
- cara lain yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus agar anak bisa memegang pensil dengan benar adalah dengan cara; a. meremas kertas menjadi sebuah bola, kegiatan meremas bola ini dapat melenturkan otot-otot tangan . b, menyobek kertas , bisa menggunakan kertas yang masih halus atau kertas yang sudah kusut. kegiatan ini bertumpu pada 3 jari yaitu, telunjukm jempol dan jari tengah, ketiga jari ini biasanya yang digunakan saat menulis.c, menggunting bebas, anak-anak di minta untuk menggunting kertas sesuai dengan keinginannya. d. bermain plastisin, dengan bermain plastisin dapat melenturkan ototy-otot tangan agar saat anak belajar memegang dan menulis/menebali tangan dan jari anak tidak kaku.
- alat tulis yang tepat digunakan oleh anak adalah alat tulis yang nyaman saat digunakan, dan saat digunakan tulisannya itu tebal dan jelas. biasanya pensil 2b ory, spidol.
- pengalaman saya dalam mengatasi anak yang belum bbisa memegang pensil dengan benar adalah dengan memotivasi anak terlebih dahulu, agar anak tersebut yakin kalau dia mampu dan bisa memegang pensil dengan benar. setelah iti saya berikan contoh bagaima memegang pensil dengna benar, selanjuitnya minta kepada anak untuk menirukan cara guru untuk memegang pensil dengan benar, setelah anak mempraktikannya guru membenarkan cara anak memegang pensil tersebut agar benar dan nyaman saat digunakan saat menulis. kemudian setelah itu minta kepada anak untuk menebali garis tegak, garis miring dan garis lurus terlebih dahulu.
- refrensi bisa di ambil dari modul ajar dan juga internet. refrensi 1. TUMBUH KEMBANG , cepat paham,ini cara cepat ajarkan anak pegang pensil.
a.pembelajaran tersebut sudah terdapat prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini.
b.prinsip-prinsip:
1.belajar haruslah didasari dengan bermain sesuai dengan karakter anak dalam usia perkembangan.
2.menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar