1

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini : http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/mengaktifkan-siswa-dalam-percobaan-fotosintesis-pada-tumbuhan-hijau

Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswanya serta dengan distribusi kelompok yang merata. Kemudian guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan pemerataan tugas yang diberikan untuk tiap individu, sehingga kegiatan percobaan berlangsung dengan tenang karena semua siswa terlibat aktif. Tampak guru juga aktif dalam membimbing siswa.

Ditulis oleh: Tri Wahyuningsih

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kelebihan video tersebut memberikan solusi bagi siswa agar lebih aktif dalam praktikum dengan membagi jumlah siswa dalam kelompok lebih sedikit dan memberikan masing masing LKS sehingga mereka bisa mengetahui tahap tahap praktikum.
Kelemahan pada kegiatan praktikum yaitu dituntut ketelitian, keuletan dan ketabahan dalam melaksanakan praktikum, memerlukan waktu lebih lama serta hasil yang diharapkan kadang tidak sesuai.
2. Saya pernah mengalami pada saat praktikum kimia, anak cenderung mengandalkan teman yang lebih pintar untuk melakukan serta menganalisis hasil praktikum, sedangkan yang lain hanya bermain.
3. Sebelum praktikum dimulai saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja praktikum tersebut.
Kemudian saya akan membagikan lembar kerja siswa yang berisikan tahapan praktikum, serta perintah untuk menuliskan hasil dan kesimpulan dari praktikum secara individu. Kemudian saya akan melakukan penilaian siswa satu persatu untuk melihat keaktifan mereka dalam praktikum, agar kedepannya siswa yang tidak fokus bisa lebih diperhatikan.
4. Menurut Lazarowitz dan tamir (1994) pelaksanaan bahan praktikum sangat bergantung pada bahan bahan praktikum seperti petunjuk praktikum yang terdiri dari beberapa percobaan baik yang terintegrasi maupun yang tak terintegrasi dengan kegiatan non praktikum, lembar kerja per siswa dan buku teks memuat percobaan praktikum.
Menurut Djamarah dan zain metode praktikum menuntut siswa untuk lebih teliti, ulet dan tabah dalam melaksanakan praktikum, dan setiap percobaan tidak selalu sesuai dengan keinginan.

Tanggapan Forum Diskusi :
Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Meningkatkan tingkat efektifitas siswa dalam praktikum guru perlu (1) guru perlu mengatur jumlah kelompok sesuai dengan tugas yang diberikan, (2) guru perlu membagi anggota kelompok secara heterogen (pemerataan tingkat kemampuan, pemerataan laki dan perempuan), (3) guru perlu menyediakan LKS yang jelas (kejelasan prosedur atau langkah-langkah penelitian, kejelasan tugas penelitian), sehingga siswa dapat membagi tugas yang merata kepada semua anggota kelompok yang mengakibatkan siswa terlibat secara keseluruhan dalam proses praktikum, (4) perhatian dan bimbingan guru kepada masing-masing kelompok juga sangat di butuhkan dalam meningkatkan ketertiban dan keaktifan proses praktikum.

Kelemahan Judul Vidio 2 “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau”
Penyebab siswa tidak aktif dalam melakukan percobaan adalah (1) jumlah kelompok yang terlalu banyak, (2) LKS tidak jelas yang mengakibatkan siswa bingung apa dan dari mana merekan akan bekerja, (3) guru kurang perhatian (belum memberikan bimbingan) kepada siswa saat siswa melakukan percobaan.

2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami seperti dalam tayangan vidio 2 tersebut, pada saat itu saya menyampaikan materi pembelajaran IPA tentang percobaan mencangkok. Proses pembelajaran yang saya lakukan tidak sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan baik dan siswa menjadi kurang aktif dalam percobaan.

3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah Pembelajaran yang saya terapakan untuk mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau adalah sebagi berikut :
• Guru membuka pelajaran
• Guru menyampaikan apersepsi pembelajaran untuk merangsang pengatahuan siswa
• Guru menyampaikan tujuan dan manfaat dari pempelajaran ini
• Guru menyampaikan materi ajar secara ringkas dan tepat
• Guru membentuk kelompok secara heterogen dan jangan terlalu banyak
• Guru membagikan LKS sebagai panduan siswa dalam melakukan percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau
• Guru menjelaskan tata cara dan prosedur dalam mengerjakan LKS
• Guru perlu memberikan bimbingan dan memperhatikan keterlibatan siswa secara utuh dalam percobaan tersebut.
• Guru membuka tanya jawab tentang hasil percobaan yang baru dilakukan
• Guru memberikan penguatan dengan menyimpulkan materi yang baru di pelajari.
• Guru menutup pelajaran

4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Menurut Sutikno (2014:51), praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri hipotesis atau konsep yang telah dipelajari dengan mengamati proses dan hasil percobaan
• Menurut Amien (1988:39), praktikum ialah kegiatan di laboratorium yang dilaksanakan oleh praktikan dengan atau tanpa bimbingan dosen/asisten.

5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
• Setuju dengan pendapat Bu Solip Yani bahwa guru mengawalai pembelajaran dengan baik hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah melakukan kegiatan yang tepat dalam mengawali proses pembelajaran guna mengepektifkan siswa dalam percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.
• Setuju dengan pendapat Bu Nenin Maining Tiyas bahwa kelebihan guru memberi LKS sebagai petunjuk tugas pratikum hal ini terlihat jelas dalam tayangan solusi guru telah menjelaskan dan memaparkan bagaimana tata cara pengerjaan LKS yang di sediakan oleh guru, sehingga siswa tidak lagi bingung dalam mengerjakan tugas dalam LKS tersebut.

Saya setuju dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudah dirancang oleh bapak pada upaya pengaktifan peserta didik